Walinagari di Kabupaten Solok Diberi Penyuluhan Pengelolaan Perpustakaan

0
506

SOLOK, JN– Seluruh Walinagari yang ada di Kabupaten Solok, hari Rabu lalu (21/3), mendapat penyuluhan tentang pengelolaan Perpustakaan yang baik di nagari. Penyuluhan yang diberikan langsung oleh Dinas  Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Solok itu, dilaksanakan di Ruang pertemuan Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Solok di Koto Baru.

Acara penyluhan atau sosialisasi pengelolaan perpustakaan, dibuka oleh Bupati Solok, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, H. Aswirman, SE, MM, dengan dihadiri oleh Kadis perpustakaan dan kearsipan Zulkisar, S.Pd. MM, Kadis DPMN diwakili oleh Hazwiyaldi, S.Pd. MM dan seluruh Walinagari se Kabupaten Solok.

Menurut Ketua pelaksana acara, Zulkisar, S.Pd. MM, kegiataan ini bertujuan agar setiap Nagari mempunyai perpustakaan dan bisa membuka dan menyalurkan minat baca masyarakat di nagari. “Kita berharap agar Perpustakaan Nagari, dapat difungsikan dengan baik dan melaksanakan kegiatan sesuai dengan standar yang telah di tentukan,”jelas Zulkisar, yang juga Plt. Kadis Pendidikan Kabupaten Solok. Ditambahkan Zulkisar, Perpustakaan Nagari bisa menjadi tempat yang diminati masyarakat untuk menambah ilmu pengetahuan dan diharapkan Walinagari bisa menjadi motivator dalam penumbuhkembangkan minat baca masyarakat nagari. Sementara peserta sosialisasi pengelolaan perpustakaan ini berjumlah 74 orang dari wali nagari se Kabupaten Solok.

 

Bupati Solok yang diwakili oleh Sekda Solok, Aswirman dalam arahannya menyampaikan harapan kepada seluruh peserta untuk dapat memotivasi perpustakaan nagari, dimasa yang akan datang untuk dapat diminati oleh masyarakat. “Kita berharap agar para wali nagari untuk dapat  menambah ilmu pengetahuan pengelolaan perpustakaan Nagari dalam penataannya serta bisa menjadi taman bacaan penambah ilmu pengetahuan bagi masyarakat nagari,” jelas Aswirman.  Selain itu, Sekda juga berharap agar Walinagari bisa memanfaatkan dana desa, untuk membangun kantor perpustakaan nagari serta fasilitas lainnya. “Kegiatan sosialisasi ini agar dapat dikembangkan kepada masyarakat, agar membangkitkan minat baca masyarakat,” pungkas Aswirman (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here