Wabup Solok Lantik 40 Orang Anggota Penegak Bantara

0
107

SOLOK, JN- Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin, SH, hari Minggu pagi (13/1), melantik 40 orang pramuka Penegak Bantara dari tiga Madrasah Aliyah yang ada di Kabupaten Solok. 
Acara pelantikan berlangsung di lokasi perkemahan Aia Angek Garara, Nagari Cupak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.
Wabup Solok yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Solok, pada pelantikan Pramuka Penegak Bantara, sangat memberi apresiasi kepada anggota pramuka bantara penegak tersebut.

Menurut Ketua Panitia pelaksana, Zahra Rahmi, dalam laporannya menyebutkan bahwa pelantikan Pramuka Bantara Penegak tahunan ini digelar pada Perkemahan Sabtu-Minggu tahunan yang dimulai dengan berkumpul di MAN 1 Solok pada Sabtu sebelumnya.
Pelantikan diikuti peserta Pramuka Penegak Bintara dari Satprakoja  MAN 1 Solok atau MAN Koto Baru,  MAS Nagari Gantung Ciri, Pondok Pesantren Syekh Abdul Aziz, Koto Hilalang dan MAS PAS Sulit Air.”Peserta bisa naik tingkat dengan melalui beberapa tes ketangkasan yang sudah disusun panitia dan pembina,” tutur salah seorang Pembina, Hengki Iriawan, yang diamini Sekretaris Pelaksana, Mery  Elma Kurniati .
Disebutkan Hengki, masing-masingGugus Depan di dampingi oleh pembina pramuka putra dan putri beserta para alumni dari utusan masing-masing.
Prosesi pelantikan dimulai dengan berkumpul dan persiapan di kampus MAN 1 Solok pada pukul 14.00 WIB Sabtu (12/1) kemarin. Kemudian dilepas secara resmi oleh Kepala MAN 1 Solok Yulfentri, S.Pd, MM. Setelahnya peserta dengan berjalan kaki menuju Aia Angek Garara Cupak, dengan istirahat dan shalat Ashar dijalan.

Tepat menjelang Magrib para peserta sampai dilokasi. Selesai Magrib Berjamaah dan makan malam kegiatan dilanjutkan dengan persiapan pelantikan. Diantaranya penyajian materi oleh para Pelatih dan Pembina serta penegasan tugas dantanggung jawab para Bantara ini. Kegiatan ini dilanjutkan dengan Muhasabah yang bertujuan agar para Bantara dalam menjalankan aktivitas sebagai anggota Pramuka selalu mendekatkan diri dengan Sang Pencipta.
Paginya dilanjutkan dengan upacara pelantikan yang dipimpin langsung oleh Pembina Satprakoja MAN 1 Solok, Hengki Iriawan yang didampingi para pelatih dari masing-masing Madrasah.
Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, dalam arahannya menyampaikan  bahwa Pramuka  adalah satu satu kegiatan yang dapat melatih diri untuk mandiri dan mencintai lingkungan. Dalam Pramuka juga diajarkan jiwa sosial dan peduli sesama. Untuk itu ikuti kegiatan ini dengan baik. Semoga kedpannya para peserta menjadi Bantara yang membanggakan madrasah.
“Saya mengucapkan selamat pada para kakak-kakak Bantara yang dilantik hari karena anggota pramuka  bisa menumbuhkan jiw sosial untuk sesama dan peduli lingkungan dan cinta alam,” jelas Yulfadri Nurdin.
Sebagai Bantara madrasah, ada dua tanggung jawab yang diemban yakni menumbuh dan mengembangkan jiwa Pramuka dan mensyiarkan ajaran Islam lewat Magrib Mengaji dan Subuh Berjamaah. “Untuk itu jadilah teladan dalam sosial dan agama, jadilah pemuda motivator Magrib Mengaji dan Subuh Berjamaah,” tutup H. Yulfadri.
Disebutkan Wabup, dengan dilantiknya adik-adik anggota Penegak ini, maka resepai dan amalkan lambang Pramuka. Jdilah seperti Kelapa yangs etiap bagiannya memberi manfaat. Sebagai bantara jadilah pemuda yang berguna baik dalam keluarga, lingkungan dan madrasah serta menjadi kebanggaan keluarga dan negara (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda