Wabup Solok Buka Khatam Qur’an di Masjid Al Ikhwan Bukik Kili, Koto Baru

0
131

SOLOK, JN- Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, hari Minggu (28/4), menghadiri sekaligus membuka acara pembukaan khatam Al Qur’an tahun1440 Hijriah, bertempat di Masjid Al Ikhwan, Aia Angek Bukit Kili, Koto Baru, Kecamatan Kubung.

Khatam Al-Quran yang ke V di MDTA Al-Ikhwan Bukit Kili ini, diikuti sebanyak 18 orang peserta, yang terdiri dari 10 wanita dan 8 pria.

Selain Wakil Bupati Solok, tampak hadir pada acara tersebut Kepala KUA kubung,Almaturidi, S.Ag, Camat kubung, Ahpi Gusta Tusri, Wali nagari Koto Baru, Afrizal K dan Ketua Pemuda Koto Baru yang juga Sekretaris Masjid Al Ikhwan, Rizki Nofrizal.

Menurut Sekretaris Remaja Masjid Al Ikhwan, Rizki Nofrizal,acara khatam Qur’an diawali dengan pawai dari depan Masjid Al Ikhwan, Aie Angek Bukik Kili menuju Huller Mama, Nagari Cupak, dikarenakan peserta khatam Qur’an juga ada yang berasal dari Nagari cupak.

Rizki Nofrizal juga menyebutkan bahwa setiap tahunnya remaja masjid Al Ikhawan Aia Angek Bukit Koto Baru juga Pada Ramadhan sebelumnya setiap tahun juga menyelenggarakan MTQ dengan cabang yang diperombakan pada MTQ tingkat Kabupaten dan Propinsi serta ditambah dengan satu cabang yakni Lomba Shalat Jenazah antar Pemuda Jorong dalam kenagarian Koto Baru.

Rizki Nofrizal yang didampingi ketua Remaja Masjid Al Ikhawan, juga mengatakan bahwa tahun lalu remaja masjid Al Ikhwan juga menyalurkan bantuan santunan untuk 50 orang anak yatim di jorong Bukit Kili, santunan untuk anak panti asuhan Bukit Kili sebanyak 53 orang serta untuk 100 fakir miskin. Total dana seluruhnya 23 juta rupiah yang besal dari sumbangan masyarakat, perantau dan dari sponsor.

Wali Nagari Koto Baru, Afrizal K, dalam sambutannya mengapresiasi gebrakan yang dibuat oleh Remaja MAsjid Al Ikhawan dan diharapkan bisa menjadi motivasi bagi remaja masjid lainnya dalam nagari Koto Baru. Sehingga kedepan penyelenggara jenazah tidak hanya orang-orang tua saja akan tetapi ada kaderisasi. Dan untuk cabang lainnya semoga ini menjadi sarana menjaring bakat-bakat generasi muda Koto Baru untuk merasih prestadi dibidang agama dan seni bernafaskan Islam.

Sementara Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, dalam arahannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pengurus masjid Al Ikhwan, pemuda Bukik Kili dan Pemerintah Nagari Koto Baru, atas berbagai kegiatan yang bernuansa Islam di Koto Baru.

“Semoga acara ini bisa berlanjut dan menjadi motivator bagi remaja lain di Kabupaten Solok,” jelas H. Yulfadri Nurdin.

Disebutkan Yulfadri Nurdin,
dengan banyaknya anak-anak yang khatam Al Qur’an, maka diharapkan subuh berjamaah dan maghrib mengaji makin semarak di Kabupaten Solok. “Menamatkan membaca Al Qur’an, bukan berarti kita berhenti membaca Al Qur’an namun seharusnya makin rajin membacanya setiap hari, karena Al qur’an adalah pedoman hidup kita di dunia dan di akherat,” jelas H. Yulfadri Nurdin.

Dijelaskannta, dengan rajin membaca Al Qur’an kita dapat menangkal hal hal negatif yang banyak terjadi pada zaman sekarang ini.
“Saya berhharap kepada para orang tua untuk selalu memotivasi anak-anak kita untuk selalu dan terus belajar Al Qur’an . Hal ini sejalan juga dengan program magrib Al Qur’an dan subuh berjemaah yang di galakan di kabupaten Solok,” jelas H. Yulfadri Nurdin.

Lebih jauh menurut Wabup, membaca Al qur’an bagi kita umat Islam adalah wajib hukumnya, itu dimulai dari sejak usia dini. Wisuda bukan akhir dari sebuah pembelajaran, tetapi adalah langkah awal untuk mengkaji Al Qur’an lebih dalam lagi, tidak hanyak membaca tetapi juga memahami isi kandungan dari alquran itu .

“Saya berharap surau-surau dan mushala yang ada di nagari agar dapat dihidupkan kembali, dan kita ramaikan secara bersama-sama. Ini seiring dengan program pemerintah yaitu magrib mengaji dan subuh berjamaah,” pungkas H. Yulfadri Nurdin (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda