TK Pembina dan Pertiwi Dharmawanita Koto Baru Ditinjau Komisi 1 DPRD Kabupaten Solok

0
219

SOLOK, JN-Komisi I DPRD Kabupaten Solok, hari Senin dan Selasa (13 dan 14/1), melakukan kunjungan kerja lapangan ke sejumlah
Sekolah Dasar (SD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) yang ada di beberapa Kecamatan di Kabupaten Solok.

Kunjungan kerja lapangan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD kabupaten Solok yang juga koordinator Komisi I DPRD Kabupaten Solok, Jon Firman Pandu, anggota Komisi I, Dendi, S. Ag, Doddi Hendra, Efdizal, SH, H. Herman Pelani dan M. Hidayat. Kunjungan tersebut juga didampingi dari Dinas Pendidikan, seperti Kabid SD dan TK beserta Staf. Selain itu juga ikut Camat Kubung Ricky Carnova dan Pj. Walinagari Koto Baru.

Kunjungan pada hari Senin (13/1) dilakukan ke SD negeri 4 Sungai Jambur, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok, dimana disana anggota Komisi 1 menemui ketidak adilan yakni di SD tersebut hanya ada 1 orang guru PNS yakni Kepseknya sendiri. Sementara sebelumnya sehari-hari dirinya dibantu 4 orang guru honorrer yang saat ini juga sedang mogok kerja.
Ketua DPRD dan anggota Komisi I menampung Aspirasi Kepsek untuk selanjutnya akan dibawa ke rapat dinas dengan mitra kerja dengan Dinas Pendidikan.

“Inilah salah satu potret buruknya pemerataan guru dan hanya menumpuk pada pusat kota saja, ” sebut Jon Pandu, yang diamini anggota Komisi 1 lainnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua Komisi II DPRD Ketua Kabupaten Solok, Jon Pandu mengatakan bahwa kedatangan anggota Komisi I tersebut bukanlah untuk mencari kesalahan dari dari dinas terkait, melainkan untuk menampung aspirasi masyarakat dan silahturahmi antara sesama mitra kerja dan juga melakukan koordinasi serta meminta gambaran terkait dengan tugas pokok dan fungsi dari dinas terkait. Pihaknya bersama anggota dewan lain akan mencari solusi tentang masalah tersebut.

Sementara pada hari Selasa (14/1), Komisi I DPRD kabupaten Solok dengan anggota yang masih sama, juga mengunjungi Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) yakni TK Pembina di Jorong Lubuak Aguang, Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupsten Solok yang berada persis di samping kantor Walinagari Koto Baru.

Kepada rombongan Komisi I, DPRD kabupaten Solok, Kepsek TK Pembina Nagari Koto Baru, Hj. Lasmayeni, S. Pd, menyampaikan ucapan terimakasih kepada rombongan Bapak anggota dewan yang terhormat, apalagi dipimpin langsung oleh Ketua DPRD abupaten Solok yang sudah menggunjungi sekolah yang dipimpinnya.
“Kami berharap Sekolah ini menjadi Sekolah Negeri agar bisa mencetak generasi penerus yang lebih baik lagi. Dan saya sangat senang menjadi guru TK atau PAUD. Saya menikmati sekali mendidik anak-anak, ” sebut Hj. Lasmayeni.

TK pembina Nagari sudah berdiri semenjak tahun 1961. Saat ini sudah memeliki tenaga pendidik sebanyak 14 orang dengan jumlah tenaga PNS debanyak 5 orang dan Tenaga Honorrer sebanyak 9 orang, 2 orang sertifikasi non PNS.

Pihaknya juga menyebutkan bahwa sekolah tersebut masih kurang Alat bermain, pagar, pencoran halaman keramik lantai belum ada.
Sementara jumlah siswa saat ini ada sebanyak 130 orang suswa TK dan
Kelompok Belajar sebanyak 25 orang dengan usia 3-4 tahun serta Rombel yang ada 7 Rombel. Sementara pembayaran gaji honor berasal dari iyuran orang tua siswa.
Untuk menuju sekolah TK negeri, semua syarat sudah dipenuhi karena
sudah mendapatkan persetujuan dari KAN dan bisa untuk di di sertifikatkan.

“Tk pembina juga sudah sering mengharumkan nama Kabupaten Solok
baik di tingkat Sumbar maupun Nasional,” sebut Hj. Lasmayeni.

Diantara prestasi yang pernah diraih antara lain TK ini tahun 2018 menang juara nasional, lembaga pendidikan agama islam berprestasi harapan satu nasional tahun 2018 dan juara 2 lomba Porikan tingkat provinsi Sumbar. Sementara tahun 2012 Kepseknya pernah meraih Kepsek berprestasi nasional.

“Kami berharap sekolah kami juga mendapat perhatian dan bantuan dari Pemerintah,” tambah Hj. Lasmayeni.

Usai mengunjungi TK Pembina Nagari, rombongan Komisi I langsung mengunjungi TK Pertiwi Dharmawanita, yang berada di Jorong Sawah Pasie, belakang kampus UMMY koto Baru.

Di sekolah ini juga digelar tanya jawab dan duskusi antara Kepsek, majelis guru dengan anggota dewan dari Komisi I DPRD Kabupaten Bumi penghasil bareh tanamo tersebut.

Kepsek TK Pertiwi Dharmawanita, Elfianis menyebutkan bahwa saat ini TK yang dibinanya memiliki murid sebanyak 75 dengan 3 Lokal. Di TK ini ada 9 guru dengan 2 orang PNS.
“Semoga sekolah ini bisa menjadi sekolah Negeri, ” sebut Elfianis, kepada tombongan Komisi I.

Pihaknya juga berharap agar sekolah ini juga bisa dinegerikan agar lebih bisa berkembang.

Usai mengunjungi TK Pertiwi Dharmawanita, rombongan Komisi 1 selanjutnya mengunjungi PAUD Terpadu Pelita Hati Singkarak yang berada di Kecamatan X Koto Singkarak (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda