Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Layak Anak Kunjungi Kabupaten Solok

0
119

SOLOK, JN-Tim Verifikasi Kabupaten dan Kota Layak Anak Nasional, hari Rabu (29/5), mengunjungi Kabupaten Solok, untuk menilai Kabupaten Solok sebagai Kabupaten layak dan ramah anak.

Tim verifikasi diterima di Aula Barenlitbang Kabupaten Solok, oleh Sekretaris Daerah, Aswirman, SE.MM, Ketua GOW, Dahliar Yulfadri Nurdin, Kepala Barenlitbang, Dusral, SE.MM, Kepala KB, Zulfahmi, SH.M.Hum, Kepala BNN, Azizurahman, S. Sos. Para Kepala SKPD dan Camat dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Solok.

Kepala Barenlitbang Kabupaten Solok Dusral, dalam laporannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim verikasi layak anak di Kabupaten Solok.

Disebutkannya, dari 4 Pilar Pembangunan Kabuapten Solok dua diantaranya berkaitan langsung dengan anak yaitu pilar pendidikan dan pilar kesehatan. Dimana program yang ada di Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan sangat dominan bersentuhan langsung dengan anak.

“Kami di Kabupaten Solok juga melibatkan forum anak dalam menangi permasalahan anak dan kita juga sudah melakukan program kecamatan dan nagari -nagari layak anak ” sebut Dusral.

Ketua Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Layak Anak, Hadi Utomo, dalam ambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan Pemerintah Kabupaten Solok kepada tim verifikasi layak anak kabupaten/kota ini.

Disebutkan Hadi Purnomo, latar belakang dibentuknya tim ini adalah rendahnya tingkat pola pengasuhan anak yang baik di Indonesia. “Saat ini yang menjadi penilaian Kami adalah sampai sejauh mana tingkat pengasuhan anak yang ada di Kabupaten/Kota di Indonesia. Indikator lainya adalah sampai dijauh mana kabupaten /Kota dalam melindungi hak-hak anak tersebut, ” jelas Hadi Purnomo.

Disebutkannya, pemerintah daerah berkewajiban dan bertanggung jawab menghormati pemenuhan hak anak tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan dan jenis kelamin. Selain itu, pemerintah daerah harus memenuhi ruang lingkup hak anak seperti pendidikan, kesehatan jaminan sosial, budaya berfikir dan berkeyakinan.

“Disamping verifikasi administrasi, kami juga akan melakukan penilaian secara langsung kelapangan,dan pengumuman final pemenangnya akan diumumkan pada 23 juli 2019 di kota Makasar,” terang Hafo Purnomo.

Sedangkan Bupati Solok yang diwakili oleh Setdakab, Aswirman, SE,MM, dalam arahannya juga mrnyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan tim verifikasi layak anak Kabupaten/Kota di Kabupaten Solok.

“Kita di kabupaten Solok sangat peduli sekali terhadap kelayakan anak baik dilingkungan sekolah maupun di nagari-nagari. Hal itu seperti tercemin dalam dua dari empat pilar pembangunan Kabupaten Solok yaitu pilar Pendidikan dan Kesehatan yang langsung bersentuhan dengan anak, ” sebut Aswirman.

Dijelaskan Setda, meski Kabupaten Solok baru ikut verifikasi pada tahun ini, namun pelaksananya sudah mulai sejak tahun 2016 silam.

Setda juga meminta agar semua SKPD, untuk dapat mendukung dan mensukseskan program ini dan kepada tim verifikasi semoga Kabupaten Solok mendapat nilai yang tinggi ditingkat nasional (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda