SMPN 6 Gunung Talang Ditunjuk Menjadi Sekolah Percontohan SUBP

0
1217

SOLOK, JN- Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Gunung Talang, ditunjuk menjadi sekolah percontohan atau piloting proyek Sekolah Umum Berbasis Pesantren (SUBP) di Kabupaten Solok oleh Bupati Gusmal.

Icon sekolah umum bernuansa agama Islam minimal satu sekolah SMP untuk satu kecamatan, juga mendapat dukungan dari anggota DPRD Kabupaten bumi penghasil bareh tanamo itu. “Kalau tujuannya baik dan mulia, jelas kita akan mendukung keberadaan Sekolah Umum Berbasis Pesantren minimial untuk tahap awal satu untuk kecamatan,” jelas anggota DPRD Kabupaten Solok, Patris Chan, SH, Rabu (23/8). Dijelaskannya, tahun ini saja Pemkab Solok dan DPRD, sudah sepakat 1,3 Milyar. “Ini bertanda kita serius mendukung keberadaan sekolah umum berbasis pesantren ini. Rencananya untuk berikutnya kita akan menjadikan setiap SMP sebagai sekolah umum berbasis pesantren di Kabupaten Solok. Dan hal itu butuh dana dan waktu,” terang politisi dari Partai Persatuan Pembangunan ini.

 

Sementara Kepsek SMP 6 Gunung Talang, H. Sakar Soeib, mengaku senang dengan dijadikannya SMP Negeri 6 Gunung Talang sebagai SUBP. “Kalau bisa, untuk berikutnya jangan hanya satu sekolah SMP saja yang dijadikan sekolah umum berbasis pesantren, namun semua sekolah dan kita mulai dari TK  hingga SMP, sebab kalau SMA secara Administrasi sudah bukan wewenang Kabupaten lagi karena sudah pindah ke Provinsi,” terang Sakar Soeib, saat menerima anggota DPRD Kabupaten Solok, Patris Chan di ruang kerjanya, belum lama ini. Namun menurut H. Sakar,  program tersebut akan terwujud apabila pengelolaan dana sepenuhnya diserahkn kepada sekolah masing-masing. Selanjutnya Pemerintah Daerah harus menyediakan sarana ibadah yang lengkap seprti mushalla, tempat beruduk, sarana air bersih, tikar sholat, sound sistem serta lainnya. Sementara dana yang disediakn bisa mmenuhi kebutuhan honor guru, insentif pengelola, reword,  pengadaan buku agama, untuk alat tulis, transport MGMP. “Selain itu, tersedianya tenaga pendidik yang kompeten dan ahli dalam bidang studynya masing-masing. Jika syarat-syarat diatas tidak terpenuhi, rasanya sulit yang diharapkan Bapak Bupati dan DPRD bisa terwujud,” jelas H. Sakar (wandy)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here