SMPN 2 Gunung Talang Juara Umum Lomba SUBP SMP Kabupaten Solok

0
329

SOLOK, JN-Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Gunung Talang, keluar sebagai Juara Umum Lomba Sekolah Umum Berbasis Pesantren (SUBP SMP), tingkat Kabupaten Solok tahun 2019 Piloting ke 3.

Untuk juara ke dua, diraih oleh SMPN Danau Kembar dan juara 3 SMPN 1 kubung. Sementara juara harapan 1 diraih SMPN 1 Tigo Lurah, harapan 2 oleh SMPN 2 Hiliran Gumanti dan harapan 3 oleh SMPN 5 lembang Jaya.

Acara pengumuman tersebut digelar di SMPN 6 Kubung, dan diikuti oleh seluruh sekolah SMP piloting se Kabupaten Solok dan dihadiri Bupati Gusmal, Rabu (27/11).
Selain Bupati Solok, tampak juga hadir Kadis Pendidikan, Zulkisar, Kabid SMP Dinas Pendidikan, H. Sakar Soieb dan Kepala SOPD dan Kepsek SMP di Kabupaten Solok.

Dalam laporannya, Kabid SMP Kabupaten Solok yang juga pelopor berdirinya SMPN SUBP di bumi markisa, H. Sakar Soieb menyebutkan bahwa lomba Sekolah SUBP tahun 2019, merupakan tahun kedua berjalan program SUBP di Kabupaten Solok.
Sementara yang dilombakan atau yang dinilai adalah Lomba MSQ, CC Tahfiz, Lomba Khatib Jum’at dan lainnya, yang diikuti oleh 17 SMPN Piloting di Kabupaten Solok.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana program Sekolah Umum Berbasis Pesantren (SUBP SMP), tingkat Kabupaten Solok tahun 2019 berjalan di Kabupaten Solok,” terang H. Sakar Soeib.

Selain itu, tujuan dari lomba ini adalah bisa melahirkan khatib Jum’at, para pendakwah dan penghafal serta pengamal Al Qur’an di bumi markisa.
H. Sakat Soieb juga berharap, program ini didukung oleh semua pihak, guru, orang tua, DPRD, Pemkab dan lainnya. Selain itu, pihaknya berharap agar kedepan seluruh SMP di Kabupaten Solok Berbasis Pesantren.

Sementara Bupati Solok, H. Gusmal, pada kesempatan itu juga menyampaikan ucapan terimakasih kepasa Dinas Pendidikan, khususnya Bidang SMP, yang sudah bekerja keras mengangkat kegiatan lomba yang bertujuan untuk memberi motivasi kepada generasi penerus.

“Saya memberi apresiasi kepada Dinas Pendidikan, karena dari hasil monev yang saya terima, bahwa pelaksanaan program SUBP di Kabupaten Solok mengalami kemajuan yang signivikan, ” sebut Bupati Gusmal.

Hal itu terlihat dari sudah banyaknya anak-anak yang sudah bisa berkomunikasi dalam bahasa Arab, membaca Al Qur’an dengan baik sesuai dengan kaidah kira’at dan tajwid serta iramanya. Selain itu, sudah banyak dari siswa yang mampu menghafal Al Qur’an mulai dari 2 hingga 6 juz.

“Selain itu, dengan SUBP ini, akhlak anak juga terbentuk menjadi lebih baik dan hormat kepada orang tua dan guru. Hal ini bertanda suksesnya pelaksanaan SUBP ini, ” sebut Gusmal.

Namun yang tidak kalah penting menurut Bupati Gusmal, bahwa pelaksanaan lomba SUBP ini adalah untuk mengevaluasi terutama jumlah mata pelajaran yang diajarkan dan adanya penambahan jam pelajaran di sekolah. Hal itu perlu menjadi pemikiran bagi kita bersama untuk tahun 2020 (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda