SMP Negeri 3 Gunung Talang Makin Mempersona

0
395

SOLOK, JN-Dibawah pimpinan Kepala Sekolah yang baru, Yeni, Spd, SMP Negeri 3 Gunung Talang, terus bersoleh dan siap untuk menuju Akreditasi A.

Saat ini manajemen sekolah, terus berbenah untuk menciptakan sekolah sehat dan menuju Akreditasi A tersebut. Lingkungan sekolah yang terletak di pinggir Jalan Lintas Sumatera KM 17 Solok Padang, tampak makin indah dipandang mata, bak gadis remaja usia 17.
Lingkungan sekolah tampak asri dengan parkir yang luas.
“Kita manajemen sekolah siap untuk menuju Akreditasi A untuk SMP Negeri 3 Gunung Talang, ” sebut Yeni, Senin (10/2).

Menurutnya akreditasi itu bukan urusan administrasi tetapi setidaknya ada 8 indikator agar sekolah bisa akreditasi. Memang tanda setelah diakreditasi ada tanda A, B dan C. Sertifikat diraih karena profil sekolah telah bermutu, karena berbicara pendidikan bermutu tanpa akreditasi itu omong kosong.

“Pendidikan di Solok perlu dipacu karena yang terakreditasi A masih sedikit, masih B dan C. Membangun profil dulu jangan pikirkan sertifikat. Akreditasi itu dalam rangka membenahi profil sekolah bermutu,” katanya.

Ditambahkan Yeni, berbagai kendala yang dihadapi sekolah adalah manajemen sekolah lemah mulai perencanaan sampai pengawasan.

Standarisasi tidak jalan, kalaupun ada hanya formalitas. Banyak guru yang belum begitu memahami akreditasi, biaya sekolah juga kurang. Sekolah juga banyak yang belum punya program. Standar guru tendik kualitasnya perlu ditingkatkan.

Dukungan pemda dalam kebijakan dan anggaran belum maksimal. Peran serta masyarakat belum maksimal, karena masih senang dengan sekolah gratis dan masalah lainnya.

Delapan standar ini, lanjutnya, harus jalan, Sekolah yang banyak mengangkat kegiatan sekolah.

Menurut Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Gunung Talang, Yeni, SPd, bahwa beberapa tahun lalu sekolah ini selain mewakli Kabupaten Solok untuk lomba sekolah Adiwiyata tingkat nasional, SMP 3 Gunung Talang juga dinilai Tim UKS tingkat Sumbar sebagai sekolah yang sudah menerapkan sistim Trias UKS, yang mana Trias UKS tersebut meliputi Pendidikan Kesehatan, yang merupakan bagian dari keseluruhan upaya kesehatan Promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif, yang lebih menitip beratkan kepada upaya untuk meningkatkan pola hidup sehat.

Saat ini SMP 3 Gunung Talang terus bersolek agar bisa berbicara banyak tingkat Sumbar dan nasional. “Beberaoa tahun terakhir, hanya SMP Negeri 2 Gunung Talang yang sering mewakili Sumbar pada ajang lomba UKS tingkat nasional dan isyaallah tahun ini SMP kita juga akan siap mewakili Kabupaten Solok untuk berbagai lomba tingkat Sumbar.

Berbagai upaya dilakukan pihak sekolah yang bekerjasama dengan majelis guru, siswa, komite dan masyarakat sekitar untuk mewujudkan sekolah sehat.
Seperti untuk membersihkan sampah plastik, sekolah ini melakukan dalur ulang dengan memanfaatkan sampah plastik untuk diolah dan bisa dimanfaatkan. Selain itu, Kepsek Yeni juga sangat berharap dukungan lingkungan sekitar dan masyarakat sekolah, komite, alumni dan majelis guru serta Dinas Pendidikan untuk secara bersama-sama menjaga lingkungan dan kebersihan agar tercipta lingkungan sehat dan bersih (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here