SMP 2 Gunung Talang Menuju Sekolah Rujukan Nasional

0
1972

SOLOK, JN- Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Gunung Talang, Kabupaten Solok, menuju sekolah rujukan Nasional yang posisi prediketnya berada pada level paling atas. Untuk itu, pada Sabtu (22/7) lalu, Bupati Solok, H. Gusmal, menghadiri acara ekspos sekolah rujukan tersebu, bertempat di SMP Negeri 2 Gunung Talang. Selain Bupati Solok, juga tampak hadir Camat Gunung Talang, Misran, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok,  Zulkisar, S.Pd. MM, Kepala Sekolah SMPN 2 Gunung Talang, Erfimarnis, S.Pd. MM, Kepala UPT Pendidikan Diksar Gunung Talang, Zrlisno Anthony, Pimpinan Puskesmas Jua Gaek, Wali nagari Cupak beserta BMN dan ketua KAN nagari, Ketua Komite Sekolah, para Kepsek SMP di Gunung Talang dan Kabag Humas Pemkab Solok, Devi Pribadi dan GM PT. Tirta Investasi (TIV) Aqua Kayu Aro, Solok.

Kepala Sekolah SMPN 2 Gunung Talang Erfimarnis, S.Pd, MM, dalam eksposnya menyebutkan bahwa dalam kesempatan itu pihaknya meminta izin kepada Bupati Solok untuk menyampaikan eksposnya tentang staus SMP 2 Gunung Talang, di mana saat ini kategori sekolah SMP 2 Gunung Talang sudah menurut Standar Nasional Pendidikan (SNP). Katrgori SNP  ini terdiri dari 4 kategori yaitu SMP kategori Standar Pelayanan Minimal (SPM) D, kenudian SMP Potensial – C,  selanjutnya SMP Standar Nasional Pendidikan (SNP) – B dan terakhir adalah  SMP sekolah rujukan sekolah model (telah mencapai pemenuhan 8 standar pendidikan ) – A.

“Alhamdulillah melalui perjuangan yang panjang dan penilaian yang ketat, SMPN 2 Gunung Talang lolos verifikasi sebagai sekolah rujukan Nasional yang posisi prediket berada pada level paling atas. Tahun ini sekolah rujukan baru ada 1 sekolah masing-masing kota / kabupaten,” jelas Efimarnis. Dia juga menyebutkan bahwa program sekolah rujukan yang kita angkat tahun ini ada 7 bidang garapan yaitu Pemenuhan standar Nasional pendidikan,  Budaya mutu pendidikan, Ekosistem yang kondusif,  Sekolah imbas, Penguatan pendidikan karakter (PPK), Pusat keunggulan dan Pengembangan kreatifitas dan inovatif bagi siswa.

Sementara sekolah imbas yang sudah disepakati ada 5 sekolah SMP di Kabupaten Solok dan sudah di SK kan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yakni  SMPN 1 Gunung Talang, SMPN 3 Gunung Talang, SMPN 5 Gunung Talang, SMPN 1 Lembang Jaya dan SMPN 3 Bukit Sundi. Sementara prestasi yang sudah di raih oleh sekolah imbas yakni

  1. Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2014
  2. Sekolah Sehat Nasional tahun 2016
  3. Tata kelola bos tingkat nasional tahun 2016
  4. Sekolah penguatan pendidikan karakter tingkat nasional tahun 2017
  5. Sekolah Adiwiyata mandiri tahun 2017

– prestasi yang sudah di raih tahun 2017

  1. Olimpiade IPS juara 1dan 2
  2. Olimpiade matematika juara 1
  3. Atletik pada putra perunggu tingkat provinsi
  4. Bulu tangkis PA / PI
  5. Musik tradisional juara 1
  6. Tari Minang juara 1
  7. Juara 1 LMPUN atas nama Adzkia Yeza prestasi luar biasa yang di adakan di Dermaga Singkarak oleh FKGI Kabupaten Solok ke-16.

.           Dalam kesempatan itu, Kepsek SMP Negeri 3 Gunung Talang, Suadi yang juga Ketua MKKS SMP Sumbar menyampaikan tahun ini Kabupaten Solok medepat juara III tingkat nasional lomba perilaku hidup sehat. “Mudah-mudahan kami yang mengikuti sekolah rujukan ini menjadi sekolah binaan rujukan, dan mudah-mudahan menjadi sekolah favorit di Kabupaten Solok dan Sumbar,” jelas Suardi.

Sementara Bupati Solok, H. Gusmal, SE. MM dalam arahannya menyampaikan bahwa pihaknya menyampaikan selamat kepada SMPN 2 Gunung Talang yang telah menjadi SMP rujukan nasional. “Dengan menjadi sekolah rujukan ini, SMPN 2 Gunung Talang akan menjadi motor untuk menjadi sekolah imbas,  akan menjadi imbas dari semua SMP di Kabupaten Solok. Untuk itu, saya meminta agar kepala sekolah harus berfikir fisioner supaya bagai mana sekolah kita menjadi lebih maju lagi dari yang sekarang,” harap H. Gusmal.  Dijelaskan Bupati, kita masyarakat Kabupaten Solok mari  ciptakan generasi muda yang berkualitas agar kedepannya generasi muda kita dapat bersaing dengan negara luar. Bahkan untuk perobahan angaran kita jadi kan SMPN 2 Gunung Talang menjadi SMP Berbasis Pesantren. “Saya selalu menyokong pendidikan, karana ini merupakan dari empat pilar utama pembangunan. Harapan saya, bagai mana kelima SMP yang menjadi imbas untuk di tingkatkan pendidikannya, supaya dapat mencapai predikat yang lebih baik lagi,” pungkas H. Gusmal (wandy)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here