Sambut Ramadhan,  Yayasan Pendidikan TK dan SD Islam Sarbainah Sukarami Gelar Acara Syukuran


SOLOK, JN- Dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriah tahun 2022,  Yayasan Pendidikan TK dan SD Islam Sarbainah, Sukaramu, menggelar acara syukuran, bertempat di Sekolah baru SD Islam Sarbainah Sukarami, Sabtu  (19/3).

Kegiatan Tarhib Ramadhan  ini  diikuti oleh keluarga besar Yayasan Pendidikan Sarbainah beserta majelis guru, orang tua siswa, darri TK dan SD Islam Sarbainah.Acara syukuran tersebut mengambilt ema “Silaturahmi Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan”.
Dalam sambutannya, Dewan Pembina yayasan yang diwakili oleh Masriwal.M.BG.S.A.P,  menyampaikan ucapan selamat datang kepada undangan dan tidak lama lagi kita akan kedatangan tamu yang mulia, yakni bulan suci Ramadhan. Disebutkannya, pertemyan tersebut selain ajang bersilaturahmi, juga dalam rangka syukuran gedung SD Islam yang baru.
Menurut Masriwal, bulan suci Ramadham yang senantiasa dirindukan kedatangannya dan disayangkan untuk kepergiannya.

“Semoga TK dan SD Islam Sarbainah bisa terus bertumbuh dan berkembang serta menjadi bagian lembaga yang terus berkontribusi bagi dunia pendidikan,” tutur Masriwal.
 Disebutkannya, Alhamdulilah sejak berdirinya TK Sarbainah pada tahun 2009 dan SD 2018, sekolah atau Yayasan Sarbainah terus berbenah.
 “Saat sekarang ini kita terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas lembaga pendidikan dibawah naungan yayasan Pendidikan TK dan SD Islam Sarbainah. Dan saat ini sedang merampungkan pembangunan kelas baru SD dan rencana pendirian mushalla,” sambung Masriwal.
Pihaknya juga berdo’a kepada Allah SWT, dengan membaca hadits yang artinya, “Ya Allah berkatilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan” (HR. Ahmad & At-Tabrani).

Persiapan disini yang dimaksud bukan hanya menunggu datangnya bulan suci Ramadhan saja akan Tetapi juga mempersiapkan bekal untuk di bulan suci Ramadhan. Tujuan mempersiapkan bekal ini bermaksud untuk mengoptimalkan ibadah kita pada bulan yang didalamnya terdapat malam lebih dari 1000 bulan.

Baca Juga :
Satu Ekor Harimau Lagi Kembali Tertangkap di Simpang Tanjung Nan Ampek

Sementara usradz penceramah yakniH.Jasriwaldi ,Lc  yang merupakan Pimpinan Ponpes Rois Muara Panas  Kab Solok menyampaikan bahwa Ibarat olahragawan sebelum pertandingan dimulai maka perlu dilakukan pemanasan. Artinya sebelum bulan suci ramadahan tiba, kita perlu membiasakan fisik kita di ditempa dengan melakukan puasa sunnah seperti puasa senin dan kamis.

Menurut Ustadz Jasri Waldi, Ada beberapa hal yang penting untuk dipersiapkan antara lain Persiapan Ruhiyah, Rasulullah memberikan contoh kepada kita untuk senantiasa mempersiapkan diri untuk menyambut puasa. Aisyah pernah berkata, “Rasulullah SAW tidak pernah berpuasa sunnah di satu bulan lebih banyak dari pada bulan Sya’ban. Sungguh, beliau berpuasa penuh pada bulan Sya’ban”. (HR. Bukhari).
Kemudian Persiapan Jasadiyah, hal ini untuk memasuki Ramadhan kita memerlukan fisik yang lebih prima dari biasanya. Sebab, jika fisik lemah, bisa-bisa kemuliaan yang dilimpahkan Allah pada bulan Ramadhan tidak dapat kita raih secara optimal. “Maka, sejak bulan sya’ban ini mari persiapkan fisik seperti olah raga teratur, membersihkan rumah, makan-makanan yang sehat dan bergizi,” papar ujar Ustadz Jasri Waldi.
Berikutnya adalah Persiapan maliyah, persiapan harta ini bukan untuk membeli keperluan buka puasa atau hidangan lebaran sebagaimana tradisi kita selama ini. Mempersiapkan harta adalah untuk melipat gandakan sedekah, karena Ramadhan pun merupakan bulan memperbanyak sedekah.Pahala bersadaqah pada bulan ini berlipat ganda dibandingkan bulan-bulan biasa.


Dan persiapan terakhir yakni Fikriyah, Agar ibadah Ramadhan bisa optimal, diperlukan bekal wawasan yang benar tentang Ramadhan.
Mu’adz Bin Jabal r.a berkata: “Hendaklah kalian memperhatikan ilmu, karena mencari ilmu karena Allah adalah ibadah”.

Baca Juga :
Upacara HAB Kemenag ke 76 tahun 2022 di  MTSN 3 Solok Berlangsung Khidmat

Akhir tausiahnya ustadz H.Jasriwaldi.Lc juga menyampaikan  bahwa Ibadah lain juga harus dipersiapkan seperti perbanyak tilawah, qiyamulail, shalat fardhu bejamaah di masjid, Al-Ma’tsurat kubra pagi dan petang. Hal ini dimaksudkan agar sejak bulan Sya’ban kadar keimanan kita sudah meningkat.
“Semoga persiapan kita mengantarkan ibadah shaum dan berbagai ibadah lainnya, sebagai yang terbaik dalam sejarah Ramadhan yang pernah kita lalui,” harap ujar Ustadz Jasri Waldi.

Kegiatan Tarhib/Menyambut Ramadhan ini dihadiri oleh Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Sarbainah (Ibu Darianis dan Bapak Khairul Adam), Kepala TK Islam Sarbainah Ummah Nellyzati,ST.S.Pd.AUD beserta majelis guru.Kepala SD Islam ummah Nike Purnama Sari,S.Pd serta majelis guru.Pengurus Komite SD Islam Sarbainah
Sebelum penutupan Andri Novico, Dewan pengurus yayasan yayasan Sarbainah, mengajak seluruh peserta dengan makan bersama,doa bersama oleh ustadz dan seluruh keluarga besar Yayasan Pendidikan Sarbainah. yang mengikuti acara di kompleks SD Islam Sarbainah.


Juga jika ingin ikut berkontribusi bagi dunia pendidikan TK &SD Islam Sarbainah di Jorong Sukarami Nagari Koto Gaek Guguak kecamatan Gunung Talang Kab Solok Sumatera Barat (masriwal/jn01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.