Rizky Handarbeni Iqbal dan AstrY Astuti Pangestu Terpilih Jadi Uda Uni 2019

0
162

SOLOK, JN- Rizky Handarbeni Iqbal dari Kecamatan Gunung Talang dan AstrY Astuti Pangestu dari Kecamatan Kubung, masing-masing terpilih menjadi pasangan Uda Uni 2019.

Keduanya terpilih menjadi Uda Uni tahun 2019, pada malam grand final Uda Uni Duta Wisata Kabupaten Solok, bertempat di Sport Hall GOR Batu Batupang, Sabtu (30/3) lalu.

Acara grand final Uda Uni Duta Wisata Kabupaten Solok tahun 2019, juga dihadiri oleh Bupati Solok, H. Gusmal, SE. MM, Sekda Solok, H. Aswirman, SE. MM, Ketua GOW Kabupaten Solok, Ny. Dahliar Yulfadri Nurdin, para Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Pra Kepala SKPD serta Camat di lingkup Pemerintah Kabupaten Solok.

Ketua panitia pelaksana, Megi Putra, dalam laporannya menyebutkan bahwa
Pemilihan Uda Uni Duta Wisata Kabupaten Solok tahun 2019 ini, dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Solok yang ke-106. Pihaknya berharap semoga Kabupaten Solok terus menjadi Kabupaten terbaik dan sebagai percontohan di tingkat nasional.

Pemilihan Uda Uni ini dimulai dari promosi kegiatan yang dilakukan melalui kantor camat, wali nagari dan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Solok beserta kampus yang ada diluar kabupaten Solok.
Sementara pendaftaran uda uni dibuka melalui online website ikatan uda uni Kabupaten solok dari tanggal 1 s/d 15 maret 2019 di gedung Solok Nan Indah di Arosuka.
Sementara penilaian meliputi minat dan bakat, bahasa inggris dan public speaking, pengetahuan umum, organisasi, etika dan kepribadian, pariwisata, pengetahuan agama serta mengenai adat budaya minang kabau terutama yang ada di kabupaten Solok.

Sementara juri yang hadir adalah orang-orang kompeten dibidangnya seperti dinas pendidikan, pemuda dan olahraga kabupaten Dolok, LKAAM Kabupaten Solok, Kemanag Kabupaten Solok, dosen Ummy Solok, dosen UNP dan dosen UNAND.

Kadis Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Solok, Yandra Prasat dalam sambutannya menyebutkan bahwa pemilihan Uda Uni Duta Wisata Kabupaten Solok, merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati hari jadi kabupaten Solok yang ke 106 tahun 2019.
“Pemilihan Uda Uni duta wisata kabupaten Solok ini merupakan salah satu kegiatan positif bagi remaja dan Pemerintah Kabupaten Solok dalam mencari bakat sebagai pengembangan sektor pariwisata dan sektor prioritas pembangunan kabupaten Solok,” terang Yandra.

Pihaknya berharap agar pada pemilihan tahun ini memperoleh duta wisata yang lebih baik dari tahun sebelumnya, dan bisa melahirkan prestasi yang lebih baik lagi dan benar-benar mencerminkan citra pariwisata Kabupaten Solok.

Dijelaskannya, tujuan dari pemilihan Uda Uni Duta Wisata Kabupaten Solok ini adalah sebagai langkah awal percepatan pembangunan bidang kepariwisataan dan kebudayaan kabupaten Solok. Selanjutnya adalah sebagai ajang promosi dalam bidang pariwisata dan kebudayaan dan melestarikan nilai-nilai budaya lokal serta sebagai ajang untuk mencari bibit-bibit bebakat sebagai duta kabupaten Solok ditingkat provinsi dan nasional.
Rangkaian kegiatan.

Sementara audisi dimulai dari tanggal 26 hingga 29 Maret 2019 dan diikuti sebanyak 62 orang peserta dan menghasilkan 13 pasang finalis uda dan uni duta wisata. Sedangkan masa karantina dilaksanakan selama 4 hari di Alahan Panjang Resort dengan berbagai kegiatan.

Bupati Solok H. Gusmal dalam arahannya menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Solok sangat komit terhadap percepatan pengembangan kepariwisataan daerah yang mensinergikan dengan nilai-nilai budaya lokal dan seluruh stakeholder terkait.

“Pembangunan dan pengembangan destinasi wisata unggulan, pencitraan wisata melalui promosi dan pemasaran, pelestarian kebudayaan lokal dan kesenian anak nagari dan peningkatan kemitraan dengan stakeholder pariwisata terus kita upayakan sampai sekarang, ” jelas H. Gusmal.

Pemilihan uda uni duta wisata kabupaten Solok diharapkan dapat menjadi momen untuk mangangkat citra pariwisata Kabupaten Solok yang selama ini masih “tertidur lelap” dengan potensinya.

Acara pemilihan Uda Uni diharapkan tidak hanya bersifat seremonial hanya sebatas sampai pemilihan duta wisata belaka, tetapi kedepannya diharapkan dapat berperan lebih aktif sebagai agen pembangunan pada sektor pariwisata di Kabupaten Solok.
Kepada setiap finalis, Bupati berpesan agar mempunyai program kerja unggulan yang terkait dengan pembangunan sektor pariwisata di 3 kawasan prioritas yaitu kawasan danau Kembar, Danau Singkarak dan kawasan taman hutan kota wisata Arosuka.

Selain itu, kepada setiap stakeholder pariwisata termasuk uda uni dapat bekerjasama dengan Pemkab Solok dalam pengembangan sektor pariwisata yang bersinergi dengan sektor lainnya seperti kebudayaan, perdagangan, UMKM, industri pertanian dan lainnya.

Berikut adalah urutan juara Uda dan Uni Kabupaten Solok Tahun 2019:

1.Uda terpilih Rizky Handarbeni Iqbal (Gnung Talang)
1.Uni tepilih AstrY Astuti Pangestu (Kubung)
Uda Wakil 1 Noveldo Eko Putra (Payung Sekaki)
Uni Wakil 1 Herlin Cahya Erwinda (Danau Kembar)
Uda Wakil 2 Zaky Andrean (Gn Talang)
Uni Wakil 2 Dita Sari (Bukit sundi)
Uda Harapan 1 Nurhidayah Muhcti (Pantai Cermin
Uni Harapan 1 Sri Mutji Zali (Gn Talang)
Uda Harapan 2 Indro Syafrinov (Gn Talang)
Uni harapan Mutya Octavia (Lembah Gumanti)
(wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda