Rendi Kurnia Ilahi dan Sri Wahyuni Menjadi Rang Mudo dan Puti Bungsu Duta Budaya Kabupaten Solok 2019

0
230

SOLOK, JN- Rendi Kurnia Ilahi dan Sri Wahyuni
terpilih menjadi Rang Mudo dan Puti Bungsu Duta Budaya Kabupaten Solok tahun 2019, yang digelar di Ruang Solok Nan Indah, Kantor Bupati Solok. Kamis (17/10).

Acara pemilihan Rang Mudo dan Puti Bungsu Duta Budaya Kabupaten Solok tahun 2019, juga dihadiri oleh Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Ny. Desnadefi Gusmal, Ketua GOW Kabupaten Solok, Ny. Dahliar Yulfadri Nurdin, para Kepala SKPD Dilingkup Pemerintahan Kabupaten Solok, unsur Forkompimda dan Forkompincam, serta undangan lainnya.

Ketua panitia pelaksana, Nasripul Romika, dalam laporannya menyebutkan bahwa pemilihan duta budaya ini merupakan suatu kegiatan yang terintegrasi dengan pendidikan karakter puti bungsu dan rang mudo minang.

“Kegiatan ini merupakan upaya mempertahankan nilai-nilai tradisi budaya minang dengan falsafat Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah atau ABS-SBK,” sebut Nasripul Romika.
Disebutkannya, Pemelihan duta budaya ialah seleksi pembinaan terhadap figur keteladanan karakter orang minang sesungguhnya. “Pemilihan duta budaya ini dimaksudkan untuk memilih puti bungsu dan rang mudo yang memiliki kepribadian orang minang sesuai dengan ABS-ABK tadi, ” sambung Nasripul.
Namun yang tidak kalah penting pemilihan duta budaya Kabupa Solok juga merupakan implementasi dari undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan yang pada intinya upaya untuk meningkatkan ketahanan budaya dan kontribusi budaya minangkabau sebagai bagian budaya di indonesia di tengah peradapan dunia melalui perlindungan, pengembang, pemanfaatkan dan pembinaan kebudayaan.

Sementara Peserta pemilihan duta budaya ialah putera puteri terbaik dari masing-masing kecamatan dan nagari yang ada di Kabupaten Solok.
Kegiatan ini dilaksnakan dalam tiga tahap yang terdiri dari Tahap I Audisi dilaksanakan pada tanggal 1 s/d 2 Oktober 2019, pada tahap ini dipilih 28 orang terbaik 14 putra dan 14 puteri.
Tahap II Pembekalan peserta dan
tahap III malam puncak pemilihan duta budaya Kab. Solok tahun 2019.

Bupati Solok, H. Gusnal dalam sambutan dan arahannya menyampaikan bahwa kegiatan pemilihan duta budaya merupakan salah satu upaya untuk melestarikan budaya minangkabau, agar indak lakang dek paneh indak lapuk dek hujan.

“Disamping itu melalui kegiatan ini juga akan memberikan nilai positif bagi generasi muda agar lebih mencintai dan melestarikan kebudayaan daerah, khususnya budaya minangkabau,” terang Gusmal.
Selain itu, melalui ajang pemilihan duta budaya ini, kita dapat menggali potensi yang dimiliki para peserta tentang adat istiadat budaya minang kabau.
“Hendaknya semua orang dapat merasakan kontribusi positif dari keberadaan penyandang gelar rang mudo dan puti bungsu duta budaya Kabupaten Solok, terutama dalam hal pelestarian budaya dan pembangunan mental generasi muda di Kabupaten Solok,” terang, H. Gusmal.

Bupati berharap kepada para peserta pemilihan duta budaya untuk menjadi pelopor membetengi generasi muda dari pengaruh negatif. Mengingat saat ini, generasi muda menjadi incaran pengaruh negatif, seperti narkoba, kenakalan remaja di lingkungannya.

Adapun pemenang lengkapp Rang Mudo dan Puti Bungsu Duta Budaya Kab. Solok 2019 adalah sebagai berikut,
Juara 1, Rendi Kurnia Ilahi dan Sri Wahyuni
Juara 2, Muhammad Denis Setiawan dan Halimatul Sadiah dan
Juara 3 Muhammad Ilal Sinaga dan Yelma Sisriyenti (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda