Ratusan Mahasiswa dan Dosen Baiturrahmah Akan Gelar USR di Nagari Jawi-Jawi Guguak

0
1528

SOLOK, JN- Sebanyak 695 orang Mahasiswa dan ditambah 82 orang panitia dan dosen dari berbagai Fakultas Universitas Baiturrahmah Padang, akan mengunjungi Nagari Jawi-Jawi Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, untuk melaksanakan Universitas Social Responsibility (USR).

“USR ini hampir sama dengan KKN Mahasiswa biasa, namun lebih luas dan lebih cakupannya,” terang Walinagari Jawi-Jawi Guguak, Laswir Malin Putieh, saat memimpin goro, penyambutan tamu dari Universitas Baiturrahmah, Minggu (16/6).
Rencananya rombongan yang hampir berjumlah 1000 orang dari Universitas Baiturrahmah itu, akan mendatangi Nagari yang sudah masuk Kampung Wisata Budaya tersebut, pada Jum’at 20 hingga 23 Juni 2019.

“Kita berharap kunjungan rombongan dosen dan mahasiswa Baiturrahmah ini akan bermanfaat bagi masyarakat dan juga untuk Baiturrahmah sendiri, ” jelas Laswir.

Dijelaskan Walinagari, selama berada di Jawi-Jawi Guguak, rombongam mahasiswa dan dosen akan melakukan atau menggelar kegiatan sosial seperti memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat, penyuluhan kesehatan kesekolah-sekolah terdekat, tabliq Akbar, pertandingan persahabatan sepak bola, penanaman 1000 pohon dan kegiatan sosial kemasyarakarat lainnya seperti menggelar goro basama nagari dan tampek wisata.

Ketua pemuda Nagari Jawi-Jawi Guguak, Yovid Prayogi, mengaku senang dengan kedatangan tamu dari Baiturrahmah tersebut. “Semoga hubungan baik antara masyarakat, khususnya pemuda Jawi-Jawi Guguak dengan Baiturrahmah kedepannya semakin baik, ” sebut Yovid Prayogi. Pihaknya juga berpesan kepada seluruh pemuda, untuk bisa menyambut para tamu dengan baik dan jalin komunikasi dengan menyerat ilmu para dosen dan mahasiswa.

Rektor Universitas Baiturrahmah Padang, Prof Musliar Kasim, kepada awak media menyebutkan bahwa rencana kunjungan ke kampung Wisata Budaya Jawi-Jawi Guguak adalah untuk melakukan kegiatan sosial ke masyarakatan seperti untuk meningkatkan membantu masyarakat menggali potensi yang ada serta kegiatan sosial lainnya.

“USR ini menjadi yang ketiga kali dilaksanakan oleh Universitas Baiturahmah di Nagari Jawi-Jawi Guguak, Kabupaten Solok,” jelas Musliar Kasim.
Disebutkannya, sebelum di Kabupaten Solok, USR ini sudah dilaksanakan di Kabupaten Tanah Datar pada tahun 2017 dan di Kabupaten Lima Puluh Kota pada tahun 2018 lalu.

Diharapkan Musliar Kasim, kunjungan keluarga besar Dosen dan Mahasiswa Universitas Baiturahmah yang akan melibatkan ratusan orang mahasiswa dan dosen di Jawi-Jawi Guguak, diharapkan bisa mendorong penemuan dan penguatan potensi daerah hingga meningkatkan daya saing. “Kegiatan USR fokus pada upaya pengenalan mahasiswa di tengah masyarakat sekaligus menggali potensi yang ada di lokasi pelaksanaan dan keduanya bersifat mutualisme, ” terang Muslihar Kasim.

Artinya menurut Musliar Kasim, kegiatan USR yang mencakup pengajaran, pengabdian masyarakat dan penelitian tahun ini juga sekaligus memberikan dukungan bagi pengembangan masyarakat di daerah tersebut.

Kegiatan itu akan melibatkan 777 orang dosen dan mahasiswa dari empat fakultas dan dua prodi serta Akademi Keperawatan.
Selain itu, mahasiswa juga akan menggelar USR berupa bakti sosial, gotong royong, tabligh akbar, Subuh Mubarokah, festival olahraga, dan festival seni serta penanaman pohon.

Selain itu, kegiatan lain yang melibatkan ribuan orang seperti pelayanan kesehatan gratis dengan mendatangkan dokter spesialis, dan sikat gigi massal yang melibatkan siswa.

Bupati Solok, H. Gusmal, menyambut baik rencana USR mahasiswa dan dosen Universitas Baiturrahmah Padang ke Kabupaten Solok, seperti ke Jawi-Jawi dan Alahan Panjang.

“Ini adalah moment baik dan harus dimanfaatkan positif oleh masyarakat dan pemerintah nagari untuk menyedot ilmu dosen dan mahasiswa Baiturrahmah, ” sebut H. Gusmal.

Kegiatan ini juga diharapkan bermanfaat bagi Baiturrahmah, yakni kepada kampus untuk menaikkan eksistensi kampus dalam menciptakan sumber daya bermanfaat untuk masyarakat.

“Diharapkan kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat untuk membantu dalam penyelesaian persoalan atau menggerakkan ekonomi melalui kajian penelitian dan pengabdian ke masyarakat,” harap H. Gusmal.

Selain itu Bupati berharap USR bukan hanya kegiatan kampus yang dipindahkan ke masyarakat saja, namun dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah dan perkembangan masyarakat.
“Kita berpesan kepada SKPD dan Camat wilayah yang dituju untuk bisa terlibat langsung dalam kegiaran USR ini dan membantu masyarakat dan mahasiswa dalam menjalankan aktivitas mereka, ” terang H. Gusmal.

Sementara Ketua DPRD kabupaten Solok, H. Hardinalis Kobal, juga berharap agar USR ini mahasiswa memberikan banyak pengalaman hidup langsung di tengah masyarakat sebelum terjun langsung di masa depan.

“Ini kegiatan positif yang harus dimanfaatkan kedua belah pihak dengan semaksimal mungkin,” tutur H. Hardinalis Kobal (wandy

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda