SOLOK, JN– Pesantren bertaraf International atau Boarding School segera akan dibangun di Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok.
Hal itu terungkap saat Bupati Solok, H. Gusmal, menerima Pengurus Yayasan UPI YPTK Padang, bertempat di Guest House Arosuka, Senin (13/7).
Tampak hadir pada acara tersebut selain Bupati Solok, H. Gusmal, SE. MM, Kepala  PUPR Kabupaten .Syaiful,Kepala DPMPTSP Naker, Kenedy Hamzah, Kepala Disdikpora Zulkar,Kepala DLH  Bahrizal Bakti, Ketua Yayasan UPI YPTK Padang Herman Nawas beserta istri Zerni Melmusi,Wakil Rektor 4 Muhammad Ridwan, Bendahara Yayasan, Siti Risky Mulyani, Konsultan, Gilang Panca Wicaksono.
Ketua Yayasan UPI YPTK Padang, Herman Nawas, dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan rombongan ke Kabupaten Solok selain untuk bersilaturrahmi,  juga untuk berdiskusi terkait dengan rencana pembangunan pesantren bertaraf internasional di daerah Kabupaten Solok.
“Salah satu tujuan pembangunan pesantren tersebut ialah untuk mengembangkan ajaran islam serta menciptakan SDM yang unggul dan mampu bersaing dengan dunia luar,” sebut Herman Nawas.
Demi membangun pesantren yang berkualitas baik, kita juga akan lakukan kerjasama dengan Universitas Islam Madinah, serta merekrut guru dari negara luar ataupun lulusan luar negeri                                                                              Herman Nawas mengajak pemerintah daerah Kabupaten Solok untuk ikut bekerjasama demi kelancaran pembangunan pesantren ini.
“Nantinya kita juga menargetkan agar lulusan pesantren ini dapat melanjutkan studi ke Universitas Islam Madinah maupun universitas Islam di negara lain,” tutur Herman Nawas.
Wakil Rektor 4 UPI YPTK Padang, Muhammad Ridwan, menyebutkan bahwa Pesantren yang akan dibangun bernama “Pesantren Rahmatan Lil’alamin International Boarding School” yang terletak di Nag. Aripan Kecamatan X Koto Singkarak.
Pembangunan tersebut rencana akan dilakukan diatas lahan seluas lebih kurang 45 Ha secara bertahap.
“Untuk tahap satu akan dilakukan pembangunan lebih kurang 10% dari seluruh perencanaan dan akan dimulai pada bulan Agustus 2020,” sebut Muhammad Ridwan.
Selagi melakukan pembangunan, kita juga akan lakukan promosi ke demi menarik minat masyarakat untuk masuk ke pesantren yang sedang kita bangun.

Pihaknya menargetkan dengan pembangunan yang lebih cepat ini, maka nanti di bulan Juli 2021 kita sudah bisa memulai aktivitas belajar mengajar di pesantren bersama santri angkatan pertama.
“Dengan adanya pesantren ini kita juga mempunyai target agar Kabupaten Solok nantinya mampu menjadi pusat kajian Islam. Muhammad Ridwan berharap kepercayaan dan dukungan dari masyarakat atas pembangunan pesantren bertaraf internasional ini.
Selain pesantren, kita juga akan mendukung kegiatan pembelajaran dengan adanya Sunnah Sport Center (seperti olah raga berkuda, memanah dan lainnya), serta akan membangun dan mengembangkan lokasi wisata religi di kawasan kampus pesantren.
 Bupati Solok, H. Gusmal, dalam arahannya sangat mengapresiasi niat baik pimpinan yayasan UPI YPTK Padang yang akan membangun pusat pendidikan islam (Pesantren Rahmatan Lil’alamin International Boarding School) di Kabupaten Solok.
Rencana pembangunan pesantren tersebut sangat mendukung salah satu pilar pembangunan di Kabupaten Solok (bidang pendidikan).
Pembangunan pesantren ini juga sangat mendukung program Bupati Solok yang selama ini sudah dilaksanakan di beberapa sekolah, yaitu membentuk program sekolah umum berbasis pesantren (SUBP).
“Dengan adanya pesantren ini nanti, diharpakan dapat meningkatkan karakter anak didik menuju karakter akhlakul kharimah serta dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Solok,” harap H. Gusmal.

Bupati juga berharap nantinya anak-anak di wilayah Solok yang berkeinginan untuk masuk pesantren tersebut mendapat kemudahan (bisa lebih di prioritaskan).
“Pemerintah daerah akan selalu memberikan dukungan dan kemudahan demi kelancaran pembangunan pesantren,” ucap H. Gusmal.
Semua izin akan diproses sesuai dengan aturan yang ada.
Bupati nengajak seluruh masyarakat dan unsur terkait agar mendukung pelaksanaan pembangunan, karna hal ini juga akan berdampak pada kemajuan dan perkembangan daerah kita (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here