Pengurus Koperasi di Kabupaten Solok Diberi Latihan Akuntansi

0
94

SOLOK, JN- Para pengurus Koperasi yang ada di Kabupaten Solok, diberi latihan Akuntansi, bertempat di Hotel Gran Malindo Bukittinggi, selama tiga hari yakni dimulai Minggu (31/3) dan ditutup Selasa (2/4).

Pelatihan dibuka oleh Bupati Solok, H. Gusmal, SE. MM, dengan dihadiri oleh
Kadis Koperindag Kabupaten Solok, Nasripul Romika, S. Sos, Kabag Pembangunan Setda Kabupaten Solok, Syaiful, ST, dan juga Narasumber dari UPTD BPLK Propinsi Sumbar yakni Ir Syafinal.

Ketua pelaksana acara, Nasripul yang juga Kadis Koperindag Kabupaten Solok, menyebutkan bahwa pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas SDM khususnya penbgurus dan pengawas koperasi yang ada di wilayah Kabupaten Solok mengenai sistem Akuntansi koperasi.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, para pengurus mampu menyelesaikan laporan keuangan tepat waktu sehingga dapat melaksanakan RAT tepat waktu juga.
Pelatihan ini diikuti oleh 40 orang yang terbagi dari 23 orang dari pengurus dan 17 orang dari pengawas koperasi, dan dilaksanakan selama 3 hari.

Disebutkannya, dari 129 jumlah koperasi yang ada di Kabupaten Solok, hanya 79 koperasi yang aktif dan selebihnya dalam upaya di aktifkan kembali.

Sementara Bupati Solok, H. Gusmal dalam sambutanya juga berharap agar koperasi selalu dibimbing, dibina dan diperhatikan oleh pemerintah untuk kemajuan daerah.
“Semoga acara pelatihan ini dan seluruh rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan semakin memantapkan komitmen kita bersama untuk menjadikan koperasi sebagai soko guru perekonomian bangsa,” harap H. Gusmal.

Pihaknya juga berharap agar peserta bida memanfaatkan fasilitas yang ada di koperasi, seperti program simpan pinjam dan gunakan untuk kepentingan usaha dalam rangka meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

“Jangan sampai ada kesalahan sistem dalam pengelolaan keuangan koperasi yang akan merugikan koperasi itu sendiri. Kemudian bentuk pengurus koperasi yang aktif dan bertanggungjawab,” sebut Gusmal.

Bupati juga berharap kepada peserta agar bisa mewujudkan sistem administrasi koperasi yang baik dan jelas dan semua anggota koperasi mampu membuka usaha masing-masing (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda