Pemkab Solok Launching Quick Win City Kabupaten Solok Tahun 2019

0
86

SOLOK, JN- Pemerintah Kabupaten Solok, hari Senin (8/4), melaunching Smart city, bertempat di RSUD Arosuka, Solok.

Smart City merupakan sebuah konsep pengelolaan daerah/wilayah berkelanjutan dan berdaya saing yang dibangun untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih aman, lebih muda, lebih sehat dan lebih makmur dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta inovasi yang diarahkan untuk perbaikan kinerja, meningkatkan efektivitas dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

Acara dihadiri oleh Bupati Solok, H. Gusmal, SE. MM, Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, Ketua DPRD Kabupatwn Solok, H. Hardinalis, SE. MM, Sekda Kabupaten Solok, Aswirman, SE. MM, Kadis Kesehatan Propinsi Sumbar, dr. Meri Yuliesday, Kadis Kominfo Provinsi Sumbar yang diwakili oleh Sekretaris, Dra. Nofrida Yetti, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Solok, unsur Forkopimda Kabupaten Solok dan Pimpinan Instansi Vertikal terkait painnya.

Ketua panitia pelaksana acaea, Dusral, dalam laporannya menyebutkan bahwa Smart city merupakan salah satu bentuk implementasi dan percepatan dari Master plan Smart City yang telah disusun, untuk tahap awal Pemerintah

Kabupaten Solok telah menetapkan Quick Win dari unggulan program smart city, yaitu Aplikasi SAIYO RSUD Arosuka, SIKDA generik untuk pelayanan di Puskesmas, SIPAR Arosuka untuk pelayanan perizinan, dan PAK ALIPULAR untuk pelayanan Dukcapil.

“Kegiatan bertujuan untuk mensosialisasikan program unggulan Kabupaten Solok serta terjalinnya sinergitas yang kuat antara seluruh unsur atau stakeholder dalam penyelenggaraan smart city,” jelas Dusral.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumbar, yang diwakili Sekretaris Kominfo, Dra. Nofrida Yetti, dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi Pemda kabupaten Solok yang telah melaunching 4 aplikasi unggulan dari program smart city di Kabupaten Solok dalam rangka membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya.

“Konsep smart city ini akan membuat layanan e-goverment dapat lebih cepat implikasinya kepada masyarakat, dan hal ini bisa meningkatkan produktivitas daerah atau daya saing ekonomi,” jelas Nofrida Yetti.

Sementara Bupati Solok, H. Gusmal, dalam sambutannya menyebutkan bahwa launching Quick Win Smart City ini merupakan bagian penting dalam perkembangan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Solok untuk masa mendatang.

“Berbagai bentuk aplikasi yang kita luncurkan ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan dari pemerintahan,” jelas H. Gusmal.

Disebutkan Bupati, bahwa pemanfaatan teknologi saat ini merupakan salah satu bentuk usaha pemerintah dalam memajukan daerah dalam mewujudkan visi misi daerah dengan 4 pilarnya.

“Saya berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat agar menggunakan aplikasi yang diluncurkan dengan baik, sehingga kedepannya aplikasi yang ada ini dapat terus dikembangkan,” tutur H. Gusmal.

Pihaknya juga berharap agar smart city di Kabupaten Solok dapat berjalan sesuai dengan tahapan dan tujuan yang diharapkan dalam mewujudkan vis misi Pemkab Solok

Launching aplikasi smart city sendiri ditandai dengan pelepasan burung merpati oleh Bupati beserta jajarannya, dan dilanjutkan dengan peninjauan stand dari berbagai dinas yang aplikasinya baru saja di lanching.

Sementara pada waktu yang bersamaan, Bupati juga meresmikan pemakaian gedung baru untuk unit tranfusi darah di RSUD Arosuka, pemakaian ruang rawat inap VIP dan juga mushala RSUD yang dibangun dengan dana Milyaran Rupiah (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda