Pemkab Solok Gelar Tabligh Akbar Peringati Nuzul Qur’an

0
106

SOLOK, JN Pemerintah Daerah Kabupaten Solok, hari Jum’at (24/5), menggelar acara Tabligh Akbar dalam rangka memperingati Nuzul Qur’an.

Acara digelar di Masjid Agung Nurul Mukhlisin Koto Baru, dengan dihadiri oleh Wakil bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, para Staf Ahli Bupati, Asisten kepala SKPD di lingkup Pemerintahan Kabupaten Solok, Kakankemenag Kabupaten Solok, H. Alizar Can, unsur Forkopimda Kabupaten Solok serta seluruh pegawai di Pemkab Solok.

Kepala Kakankemenag Kabupaten Solok yang juga Ketua PHBI Kabupaten bumi penghasil buah Markisa ini, Drs. H. Alizar Chan, dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan tablik Akbar ini adalah dalam rangka untuk memperingati turunnya Al-Qur’an yang jatuhnya pada 17 Ramadhan atau sering disebut sebut Nuzul Qur’an.

Pemerintah kabupaten Solok telah mencanangkan ke sekolah, seperti sekolah tahfiz, sekolah berbasis pesantren dan magrib Al Qur’an dan subuh berjamaah.

Dalam kesempatan itu, Alizar Can juga ami juga menyampaikan dan menghimbau umat Islam untuk membayar Zakat fitrah yang akan dibayar sebanyak tiga tingkatan dan kita tinggal memilih salah satunya seperti Tingkatkan 1 dengan nominal uang kalau di rupiahkan akan bernilai sebanyak 38ribu rupiah, Tingkatkan 2. 33 ribu rupiah dan tingkatan 3. 27 ribu rupiah sedangkan untuk fidiah 15ribu rupiah.

Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, dalam sambutannya menyebutkan bahwa salah satu momentum penting yang sering diperingati oleh kaum muslimin pada Bulan Ramadhan adalah peringatan Malam Nuzulul Qur’an.

“Peringatan Nuzul Qur,’an ini dilaksanakan dalam upaya untuk mengingatkan fungsi dan peran penting Al Qur’an bagi kehidupan ummat muslim, sekaligus menambah kecintaan kita terhadap Al-Qur’an” jelas H. Yulfadri Nurdin.

Dijelaskannya, Al-Qur’an juga sebagai sumber ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi umat manusia, dimana inspirasinya yang tidak pernah kering, mengalirkan nilai-nilai ajaran Islam yang luhur, menebarkan keteduhan, memberi ketenteraman dan menciptakan kedamaian.

“Diharapkan melalui peringatan Nuzulul Qur’an ini, mari kita amalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita semua menjadi mukmin yang sejati untuk senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT,” pungkas H. Yulfardri Nurdin (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda