Minat Masuk ke SMA 2 Sumatera Barat Meningkat

0
530

SOLOK, JN- Minat masuk ke SMA 2 Sumatera Barat dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal itu terlihat dari banyaknya jumlah pendaftar ke sekolah yang berlokasi di Nagari Koto Gaek Guguk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok saat pendaftaran saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2018/2019, yang berjumlah hampir 600 orang calon PPDB. Jika dibanding tahun ajaran 2017-2018 lalu, meningkat hingga 75 persen, dimana calon pendaftar ke SMA 2 Sumbar waktu itu sebanyak 360 orang.

Menurut Kepala Sekolah SMA 2 Sumatera Barat, Irsyad, PPDB di SMA 2 Sumbar merupakan tahun kelima, karena sekolah unggulan tersebut baru melakukan PBM tahun 2014 lalu. “Kita sudah mulai melakukan pembukaan pendaftaraan bagi calon peserta didik mulai tanggal 19 nMaret hingga 21 April 2018. Kemudian tanggal 29 April lalu dilakukan tes Akademik dan hasilnya diumumkan tanggal 3 Mei 2018. Selanjutnya tanggal 4 hingga 6 Mei dilakukan tes wawancara bagi yang lulus tes akademik dan pengumuman tes wawancaranya dilakukan tanggal 12 Mei. “Bagi mereka yang lulus, maka pada tanggal 21 hingga 23 Mei 2018 calon peserta didik yang lulus diwajibkan melakukan pendaftaran ulang, kalau tidak berarti gugur,” jelas Irsyad.

Disebutkan Irsyad, tahun ini jumlah siswa yang akan diterima hanya sebanyak 130 orang dan tahun ajaran lalu hanya sebanyak 118 orang. Sementara untuk jatah calon siswa berprestasi dari daerah perbatasan atau ADEM yang dibiayai dengan APBN yang diusulkan Dinas Pendidikan sebanyak 10 orang. Di Sumatera Barat ada 5 SMA yang menerima ADEM yakni, SMA 1 Padang, SMA 1 Bukittinggi, SMA 1 Padang Panjang, SMA 1 Sumbar dan SMA 2 Sumbar. Biaya untuk satu orang anak ini setahun diperkirakan sekitar 22 juta.

SMA 2 Sumbar di bawah naungan dan Binaan Pemerintah Provinsi Sumbar atau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, memberikan pelayanan optimal kepada peserta didik yang memiliki potensi akademik tinggi maupun bakat-bakat lainnya. “Kita berharap akan lahir generasi-generasi andal dan berwatak sehat dari SMA 2 Sumbar,” tutur Irsyad, yang didampingi Kepala Tata Usaha SMA 2 Sumbar, Ispitri Rajo Alam, Rabu (3/5). SMA 2 Negeri  Sumbar yang memiliki Motto Belum Berhasil Tak Lembali ini, memiliki kampus dan fasilitas asrama dengan diisi oleh siswa-siswa berprestasi dari seluruh Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu dan dari daerah lainnya di tanah air.  SMA Negeri  2 Sumatera Barat memiliki fasiltas  seperti kamar dengan tempat tidur dan kasur. Jaringan internet dengan fiber optic, Wifi pengaturan mikrotik, satu siswa satu login dan laboratorium multimedia. SMA 2 Negeri 2 Sumatera Barat bekerjasama dengan Australian Volunteer Internastional (AVI) Tahun 2016-2018.

Dijelaskan Irsyad,  tahun ini SMA 2 Sumbar sudah melepas kelas XII untuk tahun ke dua dan sudah banyak yang menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi ternama di Tanah Air dan Luar Negeri, seperti di Cina dan Australia (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here