MDTA se Kecamatan Lembah Gumanti Gelar Wisuda Akbar

SOLOK,  JN-
Para siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA) se Kecamatan Lembah Gumanti,  Kabupaten Solok, hari Minggu (29/5), menggelar acara Wisuda Akbar,  bertempat di 
Aula Gedung Villa Danau Kembar, Alahan Panjang. 


Adapun jumlah siswa yang di wisuda sebanyak 388 santri dari 27 MDTA yang tergabung dengan FKDT Kecamatan Lembah Gumanti.

Acara diawali dengan pawai bajamba ibu-ibu Bundo Kanduang dan wali santri MDTA sekecamatan Lembah Gumanti dan arak-arakan para peserta wisuda Akbar MDTA se Kekecamatan Lembah Gumanti.
Acara terasa sangat khidmat dan penuh semangat serta kebahagiaan dari semua yang hadir.

Tampak hadir dalam acara wisuda Akbar MDTA sekecamatan Lembah Gumanti tersebut yakni Pengurus MUI Kec.  Lembah Guanti, Walinagari Alahan Panjang, Zulkarnaini,  Walinagari Sungai Nanam, Delfi,  Walinagari Salimpat, dan Pj.  Walinagari Aie Dingin, H.  Wandi, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Ketua dan anggota BPN,  para Ketua KAN, Bundo Kanduang, Pemuda dan se Kecamatan Lembah Gumanti, para Tokoh tokoh masyarakat dan ibu-ibu wali santri MDTA se Lembah Gumanti. 

Ketua panitia pelaksana, Yunsel Friade, MH, dalam sambutannya menyampaikan ucapan rasa syukur kehadirat Allah SWT, dan terimakasih yang tidak terhingga kepada para tokoh-tokoh masyarakat Lembah Gumanti dan segala lapisan masyarakat yang telah memberikan dukungan atas terlaksananya acara wisuda Akbar MDTA sekecamatan Lembah Gumanti tahun 2022 ini.

Wisuda bersama MDTA se Kecamatan Lembah Gumanti Tahun Pelajaran 2021/2022, berjalan lancar dan sukses. “Acara ini sempat terhenti selama 2 tahun karena covid-19. Dan  Alhamdulillah tahun ini kembali bisa digelar dengan lancar, ” papar Buya Yunsel Friade, tokoh muda yang juga candidate Doktor ini. 

Baca Juga :
Puluhan Aliansi Mahasiswa Solok Gelar Audiensi Dengan Bupati dan DPRD

Selaku ketua Panitia, pihaknya  mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam menyukseskan acara ini. “Mohon maaf jika ada kekurangan dan kelalaian dalam mengelola acara ini,” tambah Buya Yunsel Friade.


Sementara itu anggota DPRD kabupaten, Hafni Hafiz ,A.Md yang turut hadir  pada kesempatan itu juga memberikan apresiasi dan semangat kepada para peserta wisuda dan para pendidik, agar terus berjuang meningkatkan semangat untuk memperdalam ilmu pengetahuan agama dan umum.
Walau secara finansial gaji guru MDTA sangat jauh dari standar. Namun semangat untuk terus membina generasi muda, harus terus ditingkatkan.

Camat Lembah Gumanti, Zulbakti,S.Pd , juga sangat mengapresiasi kegiatan ini, sehingga syiar pendidikan sangat terasa.Dan MDTA merupakan lembaga non formal keagamaan yang ikut andil dalam membina dan membimbing generasi muda.

Kepala KUA Kecamatan Lembah Gumanti, Zulnamus Alizah,S.Ag, dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberadaan MDTA sangatlah berperan penting dalam membentingi generasi muda, dari hal hal negatif, Sehingga dengan adanya MDTA ini, yang diikuti oleh siswa/i tingkat SD/MI dapat membantu upaya mewujudkan generasi yang lebih baik.
Sedangkan Kepala kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Solok, H.Zulkifli,S.Ag .MM dalam sambutan dan arahannya menyebutkan bahwa wisuda Akbar MDTA Sekecamatan Lembah Gumanti ini, menyampaikan bahwa begitu sangat pentingnya pendidikan agama sejak usia dini.

Baca Juga :
Uang Operasinal Guru PAUD di Kab. Solok Yang Rp200 Ribu Per Bulan Akan Dipotong Pula 35 Persen Oleh Tim TAPD

Penanaman nilai-nilai agama dimulai dari rumah dan contoh dari orang tua. Maka benteng pertahanan keluarga akan terbentuk dengan sendirinya. Karena itu siswa MDTA ini, masih dalam keadaan bersih dan suci. 
“Dengan adanya wisuda Akbar MDTA sekecamatan Lembah Gumanti ini, kita harapkan bisa memberikan motivasi dan inspirasi, agar kelak mereka sungguh sungguh dalam menuntut ilmu, Karena perjalanan dan perjuangan mereka masih sangat panjang,” papar  H.Zulkifli,S.Ag

Menurutnya,  kewajiban kita sebagai orang tua adalah memberikan pendidikan agama sejak dini. 
Kepala kantor Kemenag kab Solok, yang juga pendiri pondok Tahfiz Al-Qur’an di kota Solok dan di Kab Solok Selatan ini,  berpesan kepada para peserta wisuda, agar jangan berhenti untuk terus belajar menimba ilmu agama dan umum.Sebagai bekal untuk masa depan dan akhirat kelak.


“Jadilah generasi mandiri yang bermanfaat bagi masyarakat banyak, ” harap H.Zulkifli,S.Ag (jn01/masriwal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.