Masyarakat Kinari Baharum-Harum Sambut Bulan Suci

0
109

SOLOK, JN- Suatu tradisi yang sudah turun menurun dilakukan di Nagari Kinari, Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok adalah tradisi sadakah limau atau balimau dengan mandi pakai jeruk (limau) agar tubuh harum menyambut bulan suci ramadhan.

Acara rutin tahunan menjelang masuknya bulan suci di Kinari itu, juga dihadiri oleh Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM, bertempat di Halaman Kantor Wali Nagari Kinari, Minggu (5/5). Selain Bupati Solok, tampak hadir pada acara tersebut antara lain Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kemasyarakatn dan SDM, Drs. Suharmen Thaib, Kepala Disdikpora, Zulkisar, Kepala Dinsos, Editiwarman, Kepala Dishub, Eva Nasri, Kepala PPKB & P3A Kabupaten Solok, Zulfahmi, Camat Bukit Sundi, Efiyardi, Wali Nagari Kinari, Yandrifa, Ketua KAN, BMN beserta unsur niniak mamak, bundo kanduang Nagari Kinari.

Dalam laporannya, Walinagari Kinari, Yandrifa menyamampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tradisi rutin tahunan dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan yang dilakukan oleh masyarakat Nagari Kinari.
Acara tersebut bertujuan untuk menjalin silaturrahmi serta agar tidak ada remaja atau anak-anak muda ikut-ikutan pergi balimau beramai-ramai ke tempat lain.

“Acara ini juga untuk menjalin tali silaturrahmi dan saling bermaaf-maafkan menjelang datangnya bulan suci yang penuh ampunan, ” jelas Yandrifa.
Kegiatan diisi dengan berbagai penampilan seni anak-anak di Nagari Kinari dan sekitarnya.

Sementara Bupati Solok, H. Gusmal, dalam sambutannya menyampaikan dan mengajal umat muslim untuk bulan suci ramadhan dengan penuh gembira dan pengharapan ampunan kepada Allah.

“Mari sempurnakan ibadah kita dengan saling memaafkan memasuki bulan suci ramadhan dan mari ramaikan masjid atau mushallah sampai akhir ramadhan, bahkan setelah ramadhan sekalipun nantinya,” ajak H. Gusmal.
Bupati menghimbau kepada masyarakat agar menyemarakkan bulan suci ramadhan dengan berbagai kegiatan positif.
“Tolong peringatkan anak cucu kita agar menjahui pergaulan bebas, LGBT dan narkoba. Sebab semua itu akan merusak masa depan mereka dan bangsa, ” sebut H. Gusmal.

Bupati meminta agar masyarakat tetap menjalin hubungan dan silaturrahmi yang baik dengan para perantau dan pemerintah untuk membangun nagari.

“Semoga lebaran nanti banyak perantau kita yang pulang kampung dan ikut membangun Nagari Kinari, ” pungkas H. Gusmal (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda