Malam Resepsi Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 di Kabupaten Solok Bertabur Hadiah

0
953

SOLOK, JN- Peringatan Hari Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke -73 tahun 2018 tingkat Kabupaten Solok, diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti dengan melakukan  renungan suci, pengukuhan Paskibraka Kabupaten Solok 2018, mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI, Pawai Alegoris, Job Fair, Berbagai pertandingan atau lomba yang diantaranya pertandingan Futsal, tarik tambang, takrau dan lainnya.

Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI atau malam resepsi peringatan HUT Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Solok tersebut, dilangsungkan pada hari Jum’at malam tanggal 17 Agustus 2018 dan berakhir hampir Sabtu dini hari.

 

Rangkaian acara peringatan dalam rangka memeriahkan Hari HUT Kemerdekaan RI dimulai dengan lomba PBB antar SMA se Kabupaten Solok pada tanggal 13 Agustus 2018 dan dirangkai dengan pertandingan olahraga seperti tarik tambang antar SKPD, pertandingan takraw dan Futsal. Selanjutnya acara Pembukaan Job Fair di Taman Hutan Kota Wisata (THKW) Sukarami, yang menhadirkan berbagai perusahaan penyedia lapangan kerja dan juga uji emisi gratis dari Auto 2000 yang dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2018. Selanjutnya acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 dilaksanakan dengan menggelar pawai Alegoris dan pembangunan yang dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2018 dengan diikuti oleh berbagai sekolah, nagari dan juga SKPD yang ada di Kabupaten Solok dan dimulai dari THKW Sukarami dan berakhir di depan kantor DPRD Kabupaten Solok. Berikutnya acara mendengarkan pidato kenegaraan dari presiden RI di Gedung DPRD Kabupaten Solok melalui Sidang Paripurna Istimewa.

Kemudian dilanjutkan dengan renungan suci di TMP Kayu Aro serta peringatan detik-detik proklamasi tepat pada tanggal 17 Agustus 2016 serta ditutup dengan malam resepsi dengan membagikan hadiah untuk berbagai lomba baik tingkat isntansi atau kantor.

 

Acara malam resepsi yang bertabur hadiah, dihadiri oleh seluruh tokoh masyarakat Kabupaten Solok, Walinagari, para camat, Kepala SKPD dan Kantor, Ketua Pengadilan Agama Koto Baru, Kapolres Arosuka, Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, Ketua DPRD, H. Hardinalis Kobal, SE, MM, Wakil Ketua DPRD, Septrismen dan Yondri Samin, Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Ny. Desnadefi Gusmal, Ketua GOW Kabupaten Solok, Ny. Dahlia Yulfadri Nurdin, Kapolres Arosuka, AKBP Ferry Irawan, S.IK, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan seluruh undangan serta masyarakat Kabupaten Solok yang hadir.

 

 

Ketua panitia pelaksana, Aswirman, yang juga Sekdakab Solok menyampaikan bahwa  maksud dan tujuan dari peringatan HUT RI yang ke-73  ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kita kepada allah SWT dan para pahlawan kita yang telah berjuang merebut kemerdekaan Republik Indonesia Serta untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Solok. “Dan tak kalah pentingnya adalah untuk mempererat tali silaturahmi antara pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Solok,” terang Aswirman.

 

Sementara kegiatan yang dilaksanakan dalam peringatan HUT kali ini adalah Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten  Solok, 16 Agustus 2018, berupa, Apel Kehormatan dan renungan Suci Yang Bertempat Di Makam Pahlawan Arosuka, serta upacara peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke- 73. Kemudian upacara Penurunan Bendera Merah Putih, Malam resepsi HUT  Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang bertempat di Sport Hall, Gor Batu Batupang,

 

 

Sementara pada acara penyerahan tanda kehormatan tanggal 17 Agustus 2018  juga dilakukan penganugrahan Tanda Kehormatan Penghargaan Satya Lancana Karya Satya kepada guru-guru di Kabupaten Solok yang telah mengabdi dalam jangka waktu tertentu seperti guru masa pengabdian 30 tahun sebanyak 90 orang, masa pengabdian 20 tahun sebanyak 86 orang dan masa pengabdian 10 tahun sebanyak 147 orang dengan total 323 orang guru.

Selain itu, Bupati Solok juga menyerahkan secara langsung bantuan dari Bank Nagari Solok untuk bencana alam gempa bumi di Kabupaten Solok sejumlah Rp. 200.000.000 dan bantuan CSR Bank Nagari untuk bidang pendidikan di Kabupaten Solok senilai Rp. 100.000.000

 

 

Pada Acara malam resepsi tersebut, Ketua DPRD Kab Solok,  H. Hardinalis Kobal dalam sambutannya menyampaikan bahwa atas nama DPRD Kab Solok mengajak masyarakat, marilah kita bersama-sama membangun Kabupaten Solok ini guna terwujudnya masyarakat yang maju, beriman dan madani. “Kami juga mengajak pemerintah daerah dimana kita telah menetapkan PRJMD dengan 4 pilar Pembangunan. Untuk pelaksanaan pembangunan Kabupaten Solok ini dengan adanya pedoman bagi kita yang tertuang dalam RPJMD, kami harapkan betul-betul menyentuh masyarakat, tidak hanya masyarakat perkotaan tetapi sampai ke pedesaan,” jelas H. Hardinalis.

 

Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam mensukseskan seluruh rangkaian acara kita ini yang telah dimulai pada tanggal 12 Agustus sampai dengan saat ini tanggal 17 Agustus 2018. “Kemerdekaan ini bukanlah suatu hadiah, tetapi melalui suatu perjuangan yang sangat panjang dan tidak mudah, para pendahulu kita berjuang untuk meraih kemerdekaan dengan mempertaruhkan nyawa mereka.  Maka tugas kita saat ini adalah mengisi kemerdekaan itu dengan berbagai upaya dan program guna mewujudkan masyarakat adil dan makmur sesuai dengan cita-cita bangsa,” jelas H. Gusmal. Bupati juga menyebutkan bahwa indicator perkembangan daerah dilihat dari pertumbuhan ekonomi masyarakat serta meningkatkan prestasi pendidikan, kesehatan, tariff ekonomi dan juga pariwisata.

 

Pada kesempatan itu, juga diumumkan sekaligus penyerahan penghargaan kepada penilaian lomba yang sudah dilaksanakan. Berikut adalah mereka yang berhasil meraih penghargaan tersebut:

 

Untuk menerima penghargaan Kalpataru diraih oleh Zofrawandi, untuk penghargaan lomba kantor terbersih dalam rangka HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Solok juara pertama diraih Dinas Kesehatan, juara 2 Dinas Pekerjaan Umum, juara 3 Sekretaris Daerah dan harapan 1 Dinas Dukcapil.

Sementara penerima penghargaan kampong iklim adalah nagari Indudur. Sementara pemenang lomba pawai Alegoris untuk tingkat SD juara pertama SDN 22 Koto Baru, juara 2 SDN 18 Batang Barus dan juara 3 SDN 06 Koto Gadang Guguak.

 

Untuk tingkat SMP juara pertama diraih SMPN 2 Gunung Talang, juara 2 SMPN 1 Gunung Talang dan juara 3 SMPN 1 Kubung. Untuk tingkat SMA sederajat, juara pertama diraih MAN 1 Solok, juara 2 SMA 2 Gunung Talang dan juara 3 SMA 1 Kubung. Selanjutnya untuk lomba pawai tingkat nagari juara pertama diraih Nagari Koto Gadang Guguak, Juara 2 Nagari Koto Jawi-Jawi Guguak dan juara 3 Nagari Koto Gaek Guguak.  Sedangkat untuk tingkat SKPD juara pertama diraih BPTP Sukarami, Jura 2 Dinas Pertanian dan juara 3 Dinas PUPR.

 

Untuk lomba konten Website antar SKPD juara pertama diraih Dinas DPMN, juara 2 diraih Barentlitbang dan juara ke 3 diraih Dinas Perhubungan. Selain yang tersebut diatas, juga diserahkan piagam penghargaan kepada Kader Kesehatan yang sudah mengabdi lebih dari 10 tahun seperti untuk Elmi Yetti Kader Kesehatan yang mengabdi di Puskesmas Salayo, Sri Elni Kader Kesehatan di Jua Gaek dan Warnida kader Kesehatan di Tanjung Bingkuang. Selain itu juga diumumkan Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Solok tahun 2018 seperti untuk SD adalah Sekolah SDN 18 Batang Barus, untuk SMP adalah SMPN 2 Bukit Sundi, SMPN 1 Kubung dan MTsN Tembok. Sedangkan Adiwiyata tingkat SMA adalah SMA 1 Gunung Talang dan MAN Lembah Gumanti.

Untuk juara olahraga seperti juara takraw diraih RSUD Arosuka, juara 2 diraih dPRD dan juara 3 BPBD Kabupaten Solok (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here