Mahasiswa IAIN Batusangkar Magang Di Kantor Hukum

0
1372

PADANG, JN –Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, Fakultas Syariah, melaksanakan magang di kantor hukum advokat, yang tersebar di Kota Padang.  Menurut koordinator kelompok, Andri, terdapat 33 orang mahasiswa yang magang di Kota Padang.

“ Mereka yang magang ditempatkan di kantor-kantor hukum seperti Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang, PBHI, PAHAM, dan Mevrizal Law Office,”katanya, saat diwawancari Senin (18/12).

Ia menambahkan, khusus  di Mevrizal Law Office, terdapat empat orang mahasiswa yang melakukan magang. “ Lamanya magang yakninya 45 hari, dan kita dibagi-bagi. Khusus di  Mevrizal Law Office, ada empat orang yang magang disini,” tambahannya.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa, dengan adanya magang tersebut, dirinya bersama rekannya mendapat pengalaman baru, khususnya tentang hukum . “ Ada perbedaan antara magang dengan ilmu yang didapat di kampus, karena waktu magang kita tahu bagaimana mengolah kasus dan cara penangannya. Sedangkan di kampus, hanya belajar hukum-hukum Islam,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan tujuan dilakukan magang antara lain, memberikan pengalaman kepada peserta magang tentang teknik mengelolah kasus. Selain itu dengan adanya magang, tentunya membawa suasana baru, kondisi yang berbeda dan menambah wacana baru.

Sementara itu advokat Mevrizal yang juga membimbing peserta magang menyebutkan, kegiatan tersebut merupakan angkatan ketiga. “ Magang advokat merupakan bagian wajib dari kampus, dalam rangka untuk mengenali bagaimana proses menjadi advokat, kerja advokat, tatacara di pengadilan, dan juga mengenali  kasus-kasus yang ditanganinya seperti pidana, perdata, dan kasus-kasus lainnya. Yang  kemudian mereka menelaah kasus tersebut, membuat laporan, bagaimana kasus tersebut, hingga putusan pengadilan.  Serta dilanjutkan dengan diskusi dan kerja kelompok sehingga mereka minat menjadi advokat,” sebutnya.

Mevrizal berharapkan setelah mereka tamat, ilmu yang didapat diwaktu magang hendaknya dapat mendorong menjadi advokat, dan menciptakan lapangan kerja baru  (mep/eko murdiansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here