M. Iqbal Amri dan Laras Prawesti Terpilih Jadi Uda Uni Duta Wisata Kabupaten Solok Tahun 2018

0
1514

SOLOK, JN- Malam grand final Uda Uni Duta Wisata Kabupaten Solok tahun 2018, berlangsung meriah dan sukses. Acara grand final digelar di Sport Hall GOR Batu Batupang, Sabtu malam (21/4).

Acara yang dibuka Bupati Solok, H. Gusmal, juga dihadiri oleh Ketua Dekranasda Kab Solok,  Ny. Desnadevi Gusmal. SH, Kepala Dinas Pariwisata Prov. Sumbar, Ir. Oni Yulfian, M.BTM, Kepala Dinas Pariwisata Kab Solok, Yandra, SE, M.Si, para Asisten, Kepala SKPD beserta Camat lingkup pemerintah Kabupaten Solok beserta undangan lainnya.

Ketua panitia pelaksana acara, Yandra, SE, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa Pemilihan Uda Uni Duta Wisata Kabupaten Solok tahun 2018,  merupakan bagian dari festival V danau,  dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Solok ke-105 tahun 2018 dan peringatan hari Kartini yang mana bertepatan pada hari ini 21 April 2018. “Penilaian meliputi bidang agama, adat, etika dan kepribadian, kesenian, bakat, bahasa dan bidang pemerintahan ke daerah khusunya dibidang kepariwisataan,” jelas Yandra.

Disebutkannya, pemilihan uda uni duta wisata kabupaten Solok tahun 2018 telah dilaksanakan berbagai tahap pemilihan dan proses seleksi dari proses audisi di tingkat kecamatan sampai dengan tahap karantina yang telah dilaksanakan selama beberapa hari ini di Alahan Panjang Resort.

Sementar Ketua Dekranasda Kabupaten Solok, Ny. Desnadevi Gusmal. SH dalam sambutannya juga menyebutkan bahwa pemilihan uda uni duta wisata  Kabupaten Solok merupakan sarana bagi generasi muda di kabupaten Solok untuk menunjukan potensi yang dimilikinya sehingga bermanfaat khususnya bagi pembangunan dan pengembangan kepariwisataan.

“Diharapkan nantinya uda uni duta wisata kabupaten Solok ini akan menjadi ujung tombak pemasaran potensi wisata di daerah. Saya berharap kedepannya Kabupaten Solok bahkan kabupaten lain akan mengadakan juga pemilihan duta Narkoba dan duta LGBT untuk kabupaten Solok, dengan ada duta narkoba dan duta LGBT nantinya akan membantu memerangi penyakit masyarakat masyarakat,” jelas Desnadevi Gusmal. Diharapkan kepada uda uni duta wisata yang terpilih nantik tidak hanya berorientasi kepada estetika fisik saja tetapi benar-benar mempunyai nilai prioritas yaitu Brain, Behavior, dan Beauty

Sedangkan Kadis Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Ir. Oni Yulfian, M.BTM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa mengucapkan selamat berjuang kepada duta wisata Uda Uni kabupaten Solok. “Dengan dilaksanakan pemilihan Uda Uni ini akan melahirkan duta wisata yang berprestasi dari kabupaten Solok. Kegiatan ini jangan sampai menjadi seremonial belaka, tetapi mereka ini akan menjadi duta yang akan mempromosikan daerah kita ini ke dunia luar,” Uni Yulfian. Pihaknya juga berharap kepada dewan juri untuk sportif dalam memberikan penilaian. Dan jangan sampai ada dari peserta yang memakai narkoba dan LGBT.

Sedangkan Bupati Solok, H. Gusmal dt Rajo Lelo, SE, MM, dalam arahannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepala SKPD provinsi Sumbar pada hari ini yang dudah bersedia hadir dalam memeriahkan pemilihan Uda uni kabupaten Solok tahun 2018. “Uda dan Uni duta wisata kabupaten Solok diharapkan memberikan kontribusi yang maksimal terhadap perkembangan dan pemasaran pariwisata kabupaten Solok kedepannya,” harap Gusmal. Disebutkan Bupsti, sektor pariwisata juga memerlukan yang namanya cindera mata, oleh karena itu kita di kabupaten Solok menyiapkan berbagai jenis kerajinan daerah. Kegiatan ini diharapkan dapat menggugah hati para pemuda kabupaten Solok untuk bersama-sama secara aktif berjuang dalam memajukan perekonomian masyarakat salah satunya dengan memberikan kontribusi dalam sector kepariwisataan

“Saya berharap kepada peserta Uda Uni ini untuk memiliki wawasan dan pikiran yang luas tentang pariwisata, adat, dan budaya dalam penilaian Uda Uni, sekurangnya memahami budaya Kabupaten Solok. Saya juga berpesan kepada peserta ini, untuk tidak meninggalkan sholat 5 waktu dan jadilah Uda dan Uni pelopor pembangunan yang cerdas,” jelas Gusmal.

Keluar sebagar juara Uda Duta Wisata Kabupaten Solok Tahun 2018 adalah M. Iqbal Amri dari Lembang Jaya dan Laras Prawesti dari Nagari Guguk Kecamatan Gunung Talang

 

Berikut daftar pemenang Pemilihan Uda Uni Kabupaten Solok 2018

Uda kab solok M. Iqbal Amri dari Kec. Lembang Jaya

Uni Kab. Solok Laras Prawesti dari Kec. Gunung Talang

 

Uda Wakil 1 Topan Maulana Putra Kec. Kubung

Uni Wakil 1 Ghina Harmy Artha Maevia Kec. Lembah Gumanti

 

Uda Wakil 2 Afdal Zikri kec.  Lembang Jaya

Uni Wakil 2 Sri Devi kec.  Danau Kembar

 

Harapan 1

Uda Habib Fadli Kec.  Kubung

Uni laila widya sari

Kec.  X koto singkarak

 

Harapan 2 

Uda M. Irfan Kec. X koto singkarak

Uni Pricillia Rianjani Yulma

Kec. Bukik Sundi

 

Uda Intelegensi Habib Fadli

Uni Intelegensi Devi Novita

 

Best Performance (Ambasador Roro Mendut Padang) 

Uda Topan Maulana Putra

Uni Laila Widya Sari

 

Duta Pemilu (KPU Kab. Solok) 

Uda M. Syukri

Uni Ghina Harmy Artha Maevia

 

Duta Keselamatan Lalu Lintas (Polres Arosuka) 

Uda Freyhan M Pattrise

Uni Sri Devi

 

Duta Anti Hoax (Dinas Kominfo Kab. Solok) 

Uda Givo Morisco

Uni Rezuardi Eka Suci

 

Uda Favorit Daffa Rahmanda

Uni Favorit Kiki Adrevrilisia Utami

 

Uda Talenta Daffa Rahmanda

Uni Talenta Nabila Permata Sari

 

Duta Baca Genta Rakyat (Koran Genta Rakyat) 

Uda Habib Fadli

Uni Tri Kasia Alami

 

Best Video Promotion

Uda M. Fauzan

Uni Kiki Adrevrilisa Utami

(wandy/danda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here