M. Alif Al Hafiz dan Fioni Fauzana Terpilih Menjadi Duta Genre Kabupaten Solok

0
157

SOLOK, JN- Malam grand Final duta Gendre Kabupaten Solok tahun 2019, menghasilkan pemenang yakniuntuk duta genre Kabupaten Solokputra terpilih M. Alif Al Hafiz Wakil dari SMA 2 Sumatera Barat dan duta genre perempuan terpilih Fioni Fauzana dari SMA1 Gunung Talang.

Grand final pemilihan duta genre Kabupaten Solok bertempat di Ruang Solok Nan Indah Kantor Bupati Solok, juga sekaligus penobatan Ayah Bunda Genre Motivator kreator, juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, H. Aswirman, SE. MM, Anggota DPD RI, Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Barat, H. Syahruddin, SH. M.Si, Unsur Forkompinda Kabupaten Solok, Kepala Bank Nagari Cabang Solok, Banteng Dono Sariro, SE, Ketua GOW Kabupaten Solok, Ny. Dahliar Yulfadri Nurdin, Ketua IKA DPRD Kabupaten Solok, para Staf Ahli Bupati, Asisten kepala SKPD serta Camat dilingkup pemerintah Kabupaten Solok.

Ketua panitia pelaksana, Zulfahmi, SH. MM, dalam laporannya menyebutkan bahwa tujuan dar kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman sikap dan perilaku positif remaja dalam pengembangan diri, serta karakter dan berintegritas baik dilingkungan sekolah/ kampus serta masyarakat dalam mempromosikan dan mensosialisasikan program gendre di era industri 4.0 atau era digital. “Acara pelaksana pemilihan duta gendre Kabupaten Solok tahun 2019 ini juga sekaligus penobatan ayah-Bunda Gendre motivator dan kreator kabupaten Solok,” terang Zulfahmi.

Disebutkannya,jumlah seluruh peserta audisi adalah berjumlah sebanyak 144 orang dan terseleksi sebagai finalis 40 orang. Para Finalis sudah dikarantina selama 3 hari mulai tanggal 25 sampai 27 Februari 2019. “Dan malam ini adalah malam penentuan duta genre Kabupaten Solok tahun 2019,” tambah Zulfahmi.

Sementara Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Syahruddin, SH, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Solok yang telah melaksanakan pemilihan duta gendre. Dan ini merupakan pemilihan duta genre Kaupaten/Kota yang ke- 7 yang telah melaksanakan pemilihan duta gendre di tahun 2019.
“Diharapkan agar Pemerintah Daerah Kabupaten Solok untuk terus mengawal semangat, aspirasi remaja ke arah yang positif,” jelas Syahruddin. Sisebutkannya, rasa antusias pelajar saat ini sangat tinggi, rasa ingin tahu dan pergaulan mereka perlu kita waspadai. “Tekad baik yang dilakukan remaja ini menjadi modal utama yang akan menjadi penerus generasi yang diharapkan di kabupaten Solok. Mari kita bina terus remaja GenRe agar mereka menjadi generasi penerus bangsa.
Saya berpesan kepada remaja GenRe, agar tetap menggaungkan program GenRe, sesuai dengan mottonya, yakni Setahun menjabat seumur hidup menginspirasi,” terang Syahruddin.

Ketua GOW Kabupaten Solok, Ny. Dahliar Yulfadri Nurdin, dalam sambutannya juga memberi apresiasi kepada pemerintah kabupaten Solok yang telah melaksanakan pemilihan duta genre dan penobatan Ayah Bunda genre. “Saya sangat takjub dengan remaja sekarang yang sangat multitalenta serta mempunyai potensi yang luar biasa untuk memajukan remaja dan sya juga mendukung penuh acara ini yang diselenggarakan GenRe,” sebut Ny. Dahliar.

Sedangkan Bupati Solok yang diwakili Setdakab, Aswirman dalam arahannya meyampaikan harapannya bahwa melalui kegiatan ini muncul anak-anak remaja yang multitalent, tidak hanya dari segi akademik, tetapi juga mempunyai softskill yang bisa bersinar.
“Saat ini sangat diperlukan anak muda generasi emas yang mempunyai daya saing dan siap menghadapi era globalisasi. Remaja merupakan Icon kepemudaan yang harus mengerti bagaimana GenRe bisa ditanamkan dalam kehidupan,” jelas Aswirman.

Disebutkannya, di era milenial ini, marak sekali remaja yang terlibat dengan narkoba, pernikahan dini, seks bebas, dan ini harus kita wanti-wanti untuk melawan tantangan yang dihadapi remaja.
Untuk itu, khusus kepada Finalis duta genre Kabupaten Solok tahun 2019, agar menjadi pelopor untuk hal-hal positif dan hindari pernikahan dibawah umur, penyimpanan seksual ( LGBT ) dan penyalahgunaan narkotika karena menjadi dampak nyata bagi penurunan kualitas sumberdaya manusia.
“Jadilah motivator, teladan bagi teman sebaya dan masyarakat dalam rangka meningkatkan sosialisasi dan promosi program GenDre,” jelas Aswirman.
Berikut adalah para pemenang Duta Genre Kabupaten Solok 2019:
Duta Genre putra terpilih M.Alif Hafiz dari SMA 2 Sumbar, duta genre perempuan terpilih Fioni Fauzana dari SMA 1 Gunung Talang.

Untuk Runner Up putra 1 terpilih M. Zaky Khairan dari SMA 1 Gunung Talang, Runner Up 2 terpilih M. Zaky Mulya dari SMA 1 Lemmbah Gumanti. Untuk Runner Up 1 Putri terpilih Kemala Fonna dari SMAN 1 Lembang Jaya dan Runner Up 2 terpilih Khaira Mayori dari SMAN 1 Gunung Talang.

Sementara Ayah Genre Kabupaten terpilih Banteng Dono Sariro, Kacab Bank Nagari Solok dan Ibu Genre terpilih Sri Lestari Kepala SMKN 1 Gunung Talang (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda