Pendidikan

Keluarga Besar SMA 2 Sumbar Bertatap Muka Langsung Dengan Ustad Abdul Somad

×

Keluarga Besar SMA 2 Sumbar Bertatap Muka Langsung Dengan Ustad Abdul Somad

Sebarkan artikel ini


SOLOK, JN- Seluruh Warga SMA Negeri 2 Sumatera Barat, tidak mimpi lagi. Mereka merasa sangat bahagia dengan kedatangan guru besar Prof. H. Abdul Somad, Lc., D.E.S.A, Ph.D pada kegiatan peringatan hari Pendidikan Nasional di sekolah. Beliau dikenal dengan nama singkatan UAS (Ustadz Abdul Somad). 

“Tidak lagi bermimpi, seluruh warga sekolah bisa melihat sosok ulama besar ini dari dekat, bisa bertatap muka dan mendengar tausiah UAS secara langsung dan bisa pula berjabat tangan serta berfoto bersama,” terang Kepsek SMA 2 Sumbar, Ratna Yulia, M. Pd, Minggu (28/5).

UAS diundang sebagai pemateri pada kegiatan Seminar Nasional yang diadakan hari Sabtu 27 Mei 2023. Diskusi dengan tema “Pendidikan Islam Untuk Kemajuan Peradaban” tersebut, diharapkan peserta didik termotivasi untuk menjadi pemimpin masa depan.
Seminar ini dilaksanakan di ruang serba guna dengan kapasitas 300 orang. Karena terbatasnya tempat maka seminar ini hanya untuk kalangan internal saja. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah III Solok Raya, Kepala Kemenag Kabupaten Solok yang diwakili oleh ka KUA Kec. Gunung Talang, Ketua MKKS dan kepala SMA se-kabupaten Solok, Ketua Komite, Seluruh guru, tenaga kependidikan dan siswa SMA N 2 Sumatera Barat. 


Bagi orang tua/wali murid SMA N 2 Sumatera barat dapat menyaksikan acara ini secara live melalui link you tobe yang disediakan oleh sekolah.

Banyak yang bertanya, mengapa SMA N 2 Sumatera Barat bisa mendatangkan UAS ke sekolah, padahal sekolah lain sudah lama menunggu antrian.
“Sebenarnya impian untuk mendatangkan UAS ke sekolah ini sudah lama, tapi tidak terlaksana karena pada waktu itu terjadi covid-19. Setelah Kepala sekolah yang lama Bapak Irsyad, M.Pd mutasi menjadi Kabag Kesra di Kota Solok, maka beliau memfasilitasi sekolah untuk bisa berkoordinasi dengan Ustad Putra Tim UAS. Agustus 2022 sekolah mengirimkan surat permohonan, Alhamdulillah surat tersebut ditanggapi oleh tim dan langsung dikoordinasikan kepada Kacabdin Wilayah III Solok Raya,” papar Ratna Yulia.

Baca Juga :
Wakil Rektor Unand, Prof. Wirsma Arif Sayangkan Pemberintaan Media Online Yang Tanpa Komfirmasi

 Pada hari itu Ketua Tim UAS, Ustad Putra langsung datang ke sekolah untuk mengkoordinasikan kegiatan. Bersama kepala sekolah, waka humas dan KTU SMA N 2 Sumatera Barat beliau turun ke lokasi untuk perencanaan rundown acara

Pada hari selasa pagi (23/5), berita kepastian UAS sebagai pemateri diterima oleh pihak sekolah. Kepala sekolah menunjuk waka Humas Alberi Murnawy, S.Pd, M.Pd sebagai ketua panitia kegiatan. Dengan gerak cepat, pagi dibentuk panitia kegiatan dan siangnya langsung rapat persiapan. 
Hari Rabu berikutnya, kepala sekolah bersama ketua dan sekretaris panitia kegiatan menemui Kepala Dinas Pendidikan untuk mengkoordinasikan kegiatan serta memberikan surat undangan. Hanya tiga hari untuk persiapan, tapi tidak masalah bagi warga sekolah, karena kegiatan yang mendadak seperti ini bukanlah permasalahan baru bagi sekolah. Sekolah sudah terlatih untuk masalah itu. Berkat kerjasama yang kompak, seluruh warga sekolah bisa bekerja keras, siap tempur bahkan satu hari dengan tiga kegiatan sudah sering dilakukan.

Dihari H, warga sekolah bersama undangan sudah bersiap sejak pukul 06.00 Wib. Karena jauhnya penginapan dengan sekolah membuat Ustad UAS dan rombongan agak terlambat tiba di sekolah. Saat UAS dan rombongan datang, beliau disambut dengan suguhan pencak silat dan makan sirih dengan diiringi musik tradisional. Acara dilanjutkan dengan temu ramah diruang kerja kepala sekolah. Tim IT SMA N 2 Sumatera Barat juga meminta kesedian beliau untuk memberikan testimoni. Selanjutnya beliau diantarkan secara bersama-sama menuju ke lokasi kegiatan. Sesampainya di lokasi beliau disambut dengan iringan selawat.
Karena keterbatasan waktu, acara pembukaan singkat saja. Yang bertindak sebagai pembawa acara adalah, Alabery Murnawy, S.Pd, M.Pd. Setelah pembacaan Al-Qur’an, langsung pemberian kata sambutan oleh kepala sekolah. Dalam sambutannya Ratna Yulia, S.Pd, M.Pd menyatakan terimakasih banyak atas kedatangan UAS dan Rombongan, Beliau berharap dengan kedatangan UAS bisa memberi dampak ke sekolah, sehingga sekolah bisa berkontribusi dalam membentuk pemimpin masa depan untuk mencetak cendikiawan serta tokoh Nasional serta mambangkik batang tarandam.

Baca Juga :
Dr. Sarmiati Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua Aspikom Wilayah Sumbar periode 2022-2025

Israr A, S.Pd selaku KCD wilayah III Solok Raya, dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa kedatangan UAS dan Rombongan merupakan anugrah yang luar biasa bagi SMA N 2 Sumatera Barat. Karena sejauh ini, belum ada sekolah yang didatangi UAS, masih banyak yang dalam masa tunggu.

Dalam penyampaian materi yang lebih dari satu jam dimoderatori oleh ustadz mardiyanto, Lc, UAS berpesan kepada Siswa SMA N 2 Sumatera Barat untuk menjadi Pemimpin dan bukan orang yang dipimpin, serta menjadi pemenang dan bukan follower. Beliau juga menyatakan bahwa siswa SMA N 2 Sumatera Barat jangan merasa dibuang oleh orang tuanya. Sepatutnya bersyukur karena bisa bersekolah disekolah Boarding. Dengan sekolah di asrama siswa akan terlatih mandiri, bebas dari HP, game Online, Narkoba, dan LGBT. Orang tua juga perlu menyadari bahwa sekolah berasrama bukanlah tempat laundry, dimana pakaian kotor akan berubah menjadi pakaian licin yang telah disetrika dengan bau yang wangi.

Jadi berterimakasihlah kepada guru yang telah menggantikan tugas orang tua untuk membina siswa di sekolah ini.
Selanjutnya UAS akan mengisi acara di Mesjid Agung Al Muhsinin kota Solok, dan acarapun diakhiri dengan pembacaan doa, peresmian Rumah Tahfiz An-Nahl SMA N 2 Sumatera Barat dengan menanda tangani prasasti oleh UAS dan dilanjutkan dengan sesi Foto Bersama.

Selain itu siswa SMA N 2 Sumatera Barat melakukan Flasmob ucapan selamat Milad UAS yang ke 46. Alhamdulillah acara sukses, satu lagi mimpi besar telah terpenuhi (jn01/humas SMA 2 Sumbar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *