Kecamatan Lembang Jaya Juara Jambore PKK Tingkat Kabupaten Solok Tahun 2019

0
539

SOLOK, JN- Kecamatan Lembang Jaya, keluar sebagai juara pertama pada ajang Lomba Jambore PKK dan IMP Berprestasi Tingkat Kabupaten Solok tahun 2019, bertempat di Lapangan Kampus UMMY Koto Baru, Kecamatan Kubung, Selasa (23/4).

Sebelumnya pada tahun 2018, juara lomba Jambore PKK dan KB Berprestasi itu, digaet kader PKK Kecamatan Payung Sekaki.

Acara Jambore PKK dan IMP Berprestasi Tingkat Kabupaten Solok, tahun 2019, ditutup secara resmi oleh Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM. Selain itu, tampak hadir pada acara penutupan itu antara lain Sekdakab Solok, Aswirman, SE. MM, Asisten dan Staf AHli Bupati, Kepala SKPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Solok, Ketua GOW Kabupaten Solok, Ny. Dahliar Yulfadri Nurdin, Ketua DWP Kab. Solok, Ny. Herlina Aswirman, Camat dan Wali Nagari se Kabupaten Solok serta Forkopimda Kabupaten Solok lainnya.

Ketua panitia pelaksana acara, Ny. Hj. Desnadefi Gusmal, SH, dalam laporannya menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh peserta jambore yang telah melaksanakan kegiatan jambore dimulai dari tanggal 20 sampai 23 April 2019.
Sementara Tema yang diusung pada jambore PKK kali ini adalah, “Melalui Jambore Kader PKK Berprestasi dan Jambore IMP-KB Kita Tingkatkan TP PKK dan Kader KB dalam Pencegahan Stunting Melalui 10 Program Pokok PKK”.
Pihaknya berharap agar kegiatan ini bisa menambah wawasan serta ajang bertukar pikiran bagi kader PKK yang ada di Kecamatan. “Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturrahmi antara seluruh tim penggerak PKK yang ada di Kabupaten Solok,” ucap H. Gusmal. Desnadevi Gusmal, juga menjelasan bahwa kegiatan ini dapat terwujud tidak terlepas dari adanya kerjasama yang baik antara pengurus TP-PKK kabupaten Solok dengan seluruh panitia pelaksana, SKPD di lingkungan pemerintah kabupaten Solok, Forkompinda dan forkompimcam kabupaten Solok dan seluruh kader terbaik dari masing-masing kecamatan se-Kabupaten yang menjadi peserta jambore.
“Saya berharap agar seluruh anggota kader PKK dan ketua TP PKK untuk bekerja maksimal dalam memajukan PKK daerah sampai tingkat nasional,” sebut Ny. Hajjah Desnadevi Gusmal.

Bupati Solok, H. Gusmal, menyampaikana apresiasi terhadap kinerja TP PKK Kabupaten Solok yang telah berhasil mencatat prestasi yang menggembirakan selama ini. Prestasi itu diantaranya dalam pencapaian target kinerja pemerintah daerah, khususnya dibidang pembangunan kesejahteraan melalui 10 program pokok PKK.

“Kita akui, bahwa peran aktif para kader PKK dapat dilihat dengan kesuksesan pelaksanaan posyandu, keluarga berencana dan kesehatan serta pemberdayaan masyarakat melalui pembudayaan lingkungan bersih dan hidup sehat serta di bidang pendidikan dan kesehatan lainnya,” jelas H. Gusmal. Disebutkan Gusmal, saat ini banyak kasus penurunan moral terjadi di tengah-tengah masyarakat, Seperti pemerkosaan, pelecehan/kekerasan seksual pada anak, pergaulan bebas, LGBT, penyalahgunaan narkotika serta penyakit masyarakat lainnya. Untuk itu, peran PKK PKK sangatlah strategis karena dapat secara langsung dalam membina keluarga sebagai benteng untuk menghadapi berbagai pengaruh yang bersifat negatif tersebut.
Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh ketua TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Nagari serta seluruh kader bersama instansi terkait yang telah bersinergi dalam mewujudkan PKK yang baik di Kabupaten Solok serta dengan menjalankan berbagai programnya. “Pemerintah Kabupaten Solok akan selalu berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kader PKK serta kita juga berharap dengan adanya kader PKK ini dapat memajukan kesejahteraan dan perekoniman masyarakat sekitar,” ucap H. Gusmal.
Pihaknya juga berpesan agar kader PKK tetap menjaga kekompokan, serta tetap kembangkan potensi dan bakat yang dimiliki oleh tim dan kader PKK. “Bagi kader-kader PKK, jadikan keberhasilan kali ini sebagai motivasi untuk terus meningkatkan kemampuan diri dan kelompok untuk kedepannya dan kepada seluruh ketua PKK dan kader untuk slalu bekerjasama dalam menjalankan setiap 10 program pokok PKK,” harap Gusmal. (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here