HUT IDI ke-110 Diperingati Dengan Bhakti Sosial di Nagari Terpencil Garabak Data

0
1024

SOLOK, JN-  Peringatan Hari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke 110 Tingkat Sumatera Barat dan Kabupaten Solok, diperingati dengan menggelar acara Bhakti Sosial dengan cara mebggelar pengobatan gratis kepada masyarakat di daerah terpencil di Kabupaten Solok, yakni Nagari Garabak Data, Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok.

Menurut Ketua pelaksana acara, dr. Marlia Moriska,  S. Pa,  M. Biomed, kegiatan bhakti sosial itu dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai dari hari Jum’at tangal 27 dan berakhir pada Minggu tanggal 29 April 2018 lalu. Sementara tim dokter yang ikut serta ke daerah tersebut adalah dokter Spesialis bedah,  bedah tulang,  spesialis anak, spesialis THT, spesialis akupuntur, umum,  spesialis gigi serta juga untuk melaksanakan konsultasi, sosialisasi dan pengobatan. “Kegiatan bhakti sosial ini diikuti oleh 25 orang dokter serta Pegawai dari Dinas Kesehatan Propinsi Sumbar dan Kabupaten Solok dan diharapkan bermanfaat untuk masyarakat Garabak Data,” jelas dr. Marlia. Dia juga menyebutkan bahwa pelaksanaan pelayanan kesehatan di Solok  ini merupakan yang ke-5 untuk peringatan Hari Bhakti kesehatan tahun ini. Sementara tema HUT IDI ke 110 adalah “Kesehatan Adalah Hak Semua Warga”.

 

Sementara Ketua IDI Kabupaten Solok, dr. Ola Priyanti menyebutkan bahwa Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia mencanangkan Hari Bakti Dokter Indonesia setiap tanggal 20 Mei, sesuai dengan semangat kebangkitan yang dipelopori oleh mahasiswa-mahasiswa kedokteran STOVIA dalam organisasinya Boedi Oetomo.  Para pendiri Boedi Oetomo, seperti Soetomo, Suraji Tirtonegoro, Gunawan Mangunkusumo, Muh Saleh dan kawan-kawan untuk meningkatkan diri menuju tingkat intelektual, sosial, ekonomi, politik, budaya, gender, kesehatan yang layak bagi masyarakat Indonesia tidak akan berhenti di situ saja. “Pelaksanaan Hari Bakti Dokter Indonesia Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Sumatera Barat dan seluruh cabang se-Sumatera Barat adalah bagian dari perjuangan itu. Pada peringatan Hari Bakti Dokter Indonesia ke-110, IDI cabang Kabupaten Solok melaksanakan beberapa acara, salah satunya yaitu Pengabdian Masyarakat, berupa pelayanan daerah terpencil dengan pemberian pengobatan dan penyuluhan kesehatan yang dilaksanakan di Jorong Garabak, Nagari Garabak Data, Kecamatan Tigo lurah, Kabupaten Solok,” terang Ola Priyanti.

 

Perjuangan dokter yang tergabung ke dalam tim IDI Pusat, IDI Wilayah, IDI Cabang Kabupaten Solok bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten, melalui perjalanan 12-16 jam dari Arosuka, memberikan manfaat bagi masyakat  Jorong Garabak dan Jorong Data. Tercatat total  942 orang masyarakat Garabak Data yang menerima pelayanan kesehatan, yang terdiri dari 542 orang yang menerima pelayanan pengobaan dan 400 orang yang diberikan penyuluhan. Tim Dokter terdiri dari 10 dokter Spesialis, 16 dokter umum, total 26 orang dokter, bersama seluruh pemegang program kesehatan dari Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten.

Walinagari Garabak Data, Pardinal dan Camat Tigo Lurah, Sarmaini, mengaku senang karena daerahnya mendapat prioritas pelayanan kesehatan pada hari ulang tahun IDI kali ini. “Kami atas nama pemerintahan nagari Garabak Data, menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh tim dan dokter yang tergabung dalam IDI yang sudah mau mengabdi di kampung kami, meski melalui proses perjalanan yang panjang. Semoga menjadi amal bagi semuanya yang hadir ke sini,” jelas Pardinal, yang diamini Camat Sarmaini.

Kegiatan Bhakti Sosial ini, juga  didukung penuh oleh Bapak Bupati Solok, Wakil Bupati Solok dan jajarannya. “emangat Boedi Utomo ini selaras dengan dengan pilar pilar pembangunan di Kabupaten Solok yaitu Pembangunan Kesehatan. Upaya sinergis seperti ini semoga berlanjut dan membawa manfaat bagi seluruh umat,” jelas H. Gusmal (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here