Gusmal Hadiri Tradisi Balimau di Kinari

0
408
SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, hari Rabu (16/5), menghadiri acara balimau yang diselenggarakan rutin setiap akan memasuki bulan suci Ramadhan oleh masyarakat di Nagari Kinari, Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok.
Acara balimau digelar bertempat di halaman kantor wali nagari Kinari. Selain Bupati Gusmal, tampak hadir Kadis Kominfo, Mulyadi Marcos, Kepala BKD, M. Joni, S. STP, M. Si, Kabid Tibumtranmas Satpol PP, Vivi Kananda, SH, MM, Camat Bukit Sundi, Ahpi Gusta Tusri, S. STP, M. Si, beserta unsur Forkompimcam Bukit Sundi dan masyarakat sekitar.
Pada kesemoatan itu, tokoh masyarakat kinari Syahrial Chan Dt. Bandaro Hitam kepada Bupati Gusmal menyampaikan bahwa Basidakah balimau, merupakan tradisi lokal yang diwariskan turun yang dilaksanakan sehari menjelang bulan ramadhan di Nagari Kinari.
“Hingga ratusan tahun, tradisi balimau atau bersedekah dan bersuci sebelum memasuki bukan suci Ramadhan adalah tadisi mulia yang hingga hari ini masih kita pertahankan di Nagari Kinari ini,” jelas Syahrial Can. Sedangkan Wali Nagari Kinari Yandrifa, dalam sambutannya menjelaskan bahwa Pemerintah nagari Kinari sangat mendukung kegiatan balimau ini untuk kelestarian budaya atau kearifan Lokal Nagari Kinari. “Untuk itu, kita sangat mengharapkan kepada segenap masyarakat nagari untuk menjalankan ibadah Ramadhan dengan Iman dan penuh perhitungan dan diawali dengan acara bersuci ini,” tutur Yandrifa. Disebutkannya, Pemerintah nagari selama bulan ramadhan juga akan melaksanakan safari ramadhan ke Masjid dan surau yang yang ada di Nagari Kinari. Bupati Solok, H. Gusmal dalam arahannya menyebutkan bahwa Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi tradisi basidakah balimau di Nagari Kinari ini, demi kelestarian budaya lokal.
“Saya menghimbau selama bulan ramadhan, kepadacsegenap lapisan masyarakat untuk menyemarakkan masjid dan surau dan juga menghimbau kepada segenap tokoh masyarakat untuk mengingatkan kepada anak kemenakan untuk senantiasa menjaga ketentraman dan ketertiban kehidupan bermasyarakat,” jelas Gusmal (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here