Gusmal Buka Praktek Belajar Lapangan Regional 1 Sumatera di Guguak

0
83

SOLOK,  JN- Bupati Solok,  H. Gusmal,  SE, MM,  membuka secara resmi pelaksanaan Praktek Belajar lapangan (PBL) Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional I Sumatera, bertempat di Masjid Raya Koto Gadang Guguak, Kecamatan Gunung Talang,  Sabtu (9/2).
Selain Bupati Gusmal,  tampak hadir dalam acara tersebut, perwakilan Balai Besar pendidikan dan pelatihan kesejahteraan sosial regional I Sumatera beserta rombongan, yang diwakili oleh Dra.  Erlina, Kadis Sosial Kabupaten Solok,  Drs.EditiawarmanWali nagari se kecamatan gunung Talang dan  para peserta PBL Diklat P2K2/ FDS PKH.
Walinagari Koto Gadang Guguak, Adri dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta BBPPKS Regional 1 Sumatera di Nagari Koto Gadang Guguak yang indah itu dan semoga betah berada di nagari yang juga dikenal sebagai penghasil buah alpokat itu. 
“Saya berharap,  bahwa dengan dilaksanakan tugas lapangan ini, dapat memberi pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat kami di nagari Koto Gadang Guguak dan Kabupaten Solok pada umumnya, ” tutur Adri. Pihaknya juga meminta maaf kepada para peserta,  bila ada hal-hal yang kurang berkenaan dan kurang mendapat pelayanan, mohon dimaafkan. 

Sementara Kepala BBPPKS Regional I Sumatera yang diwakili Dra. Erlina, dalam laporannya menyebutkan bahwa tujuan diafakannya diklat P2K2/FDS pKH E-LEARNING yang dilaksanakan oleh BBPPKS regional 1 Sumatera menjadi salah satu solusi atas kebutuhannya pada tahun 2019 BBPPKS melaksanakan diklat e-learning bagi 4.636 orang pendamping PKH yang berasal dari 8 wilayah.
“Tujuan dari diklat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, nilai dan keterampilan para pendamping PKH dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendamping dilapangan nantinya, ” jelas Dra Erlina. 
Disebutkannya,  jumlah peserta keseluruhan diklat putaran 1 adalah berjumlah sebanyak 280 orang, dan dilaksanakan selama Lima hari dari tanggal 9 sampai 14 Februari 2019.
Sementara yang mengikuti PBL di Kecamatan Gunung Talang berjumlah sebanyak 120 orang dari Propinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Selatan.
“Kami juga mengcapan terimakasih banyak kepada pemerintah Kabupaten Solok yang telah bersedia menjadi salah satu lokus,  tuan rumah kepada kegiatan PBL dan memberikan dukungan kegiatan PBL ini dapat berjalan dengan baik,” terang Dra Erlina. 

Sedangkan Bupati Solok, H.  Gusmal dalan sambutannya memberikan apresiasi kepada Balai Diklat yang telah menunjuk kabupaten Solok sebagai lokus praktek kerja lapangan, dengan terjun langsung ke lapangan sehingga dapat melihat langsung potret masyarakat di Kabupaten Solok.”Saya berharap kepada Balai Diklat setelah melaksanakan tugas lapangan ini akan memberi laporan kepada pemerintah Kabupaten Solok agar dapat di revisi. Dan kepada seluruh peserta PBL agar dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat yang akan kita sosialisasikan,” ujar Gusmal. 
Selain itu,  Gusmal juga berpasan kepada peserta Balai Diklat agar dapat mempelajari karakter masyarakat di Tiga nagari di kecamatan Gunung Talang terutama nagari Jawi-jawi, nagari Koto Gadang Guguk dan nagari Koto Gaek Guguk.
Pemerintah Kabupaten Solok nenurut Gusnal,  juga siap menerima kedatangan PBL lainnya untuk masyarakat Kabupaten Solok (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda