Guru dan Wartawan Harus Lulus Ujian Kompetensi

0
333

SOLOK, JN– Untuk mendapatkan tenaga pendidik yang handal dan berkepribadian yang luwes, seorang guru harus lulus Ujian Kompetensi Guru (UKG), sebagaimana halnya seorang wartawan juga harus bisa dinyatakan berkompeten, kalau mereka sudah lulus Ujian Kompetensi Wartawan (UKW).

Hal tersebut disampaikan tokoh masyarakat Kabupaten Solok dan juga Sekretaris Umum Ketua LKAAM Sumbar, H. Syafri Dt Siri Marajo, SH, ketika berbincancang dengan KORAN PADANG, Senin (29/1) . “Menjdi guru harus profesional, karena tugas seorang guru bukan hanya mengajar tapi juga mendidik dan membentuk akhlak manusia menjadi mengerti etika,” jelas Syafri Dt Siri Marajo. Ditambahkan Syafri Dt Siri Marajo, guru merupakan salah satu komponen pendidikan yang sangat berpengaruh pada proses pembelajaran siswa karena pada dasarnya guru adalah motivator, komunikator dan fasilitator siswa untuk dapat belajar dan juga tempat bertanya terhadap materi pelajaran yang belum dipahami serta untuk mengarahkan para siswa dalam semua aktifitas akademiknya dan berpengaruh besar dalam pembangunan karakter siswa. Untuk mendapatkan guru seperti itu, selain pengalaman yang ditanya, juga UKG juga sangat penting,” sambung Syafri Dt Siri Marajo.

Meski kata Syafri Dt Siri Marajo guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, tetapi pekerjaan jadi guru sangat terhormat dan mulia, karena mengajarkan orang dari yang tidak tau menjadi tau, seperti kita seperti ini adalah jasa guru yang dulunya tidak bisa menulis dan membaca, hingga bisa menulis itu semua dilakukan oleh seorang guru. “Kopetensi yang harus dimili guru adalah kompetnsi kepribadian dan sosial harus melekat pada guru karena guru adalah orang yang harus bijak dalam melangkah, ulet dan bisa mengambil keputusan yang tepat.

Sementara seorang wartawan juga harus pintar dan berwawasan serta bukan hanya asal jadi saja. “Seorang wartawan bisa dikatan profesional, kalau dia berkarya dan melakukan sosial kontrol yang baik melalui tulisannya sendiri dan pandai membaca situasi. Hal ini bisa dicapai dengan banyak membaca dan mereka juga dinyatakan wartawan bila sudah dinyatakan lulus Ujian Kompetensi Wartawan atau UKW,” sambung Syafri Dt Siri Marajo.

 

Dijelaskan Syafri Dt Siri Marajo, seorang guru atau juga wartawan yang memiliki kompetensi kepribadian dan sosial, niscaya dirinya akan memiliki kecendrungan dan bakat untuk menggeluti profesinya, sehingga ia pun akan selalu memiliki sikap optimisme dalam pekerjaanya sebagai guru atau wartawan dan dia akan cepat dan tepat dalam mengambil keputusan-keputusan sesuai bidangnya.

Hal yang sama juga disampaikan Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH bahwa untuk mendapatkan guru dan wartawan profesional, harus melalui Uji Kompetensi. “Pada dasarnya, tidak hanya guru atau wartawan saja yang harus lulus kompetensi, profesi lain seperti hakim, dokter atau tenaga lainnya harus benar-benar dinyatakan layak oleh lembaga penghuji yang terpercaya,” pungkas Yulfadri Nurdin (wandy)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here