Forikam Koto Baru Dinilai Tim Provinsi Sumbar

0
425

SOLOK, JN- Tim penilai Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Sumatera Barat yang diketuai oleh Ny. Hj. Nevi Zuairina Irwan Prayitno, hari Selasa (20/3), melakukan penilaian terhadap Forikan dan lomba implementasi Gemarikan pada Kurikulum PAUD nagari Koto Baru Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, bertempat di Halaman Kantor Walinagari Koto Baru.

Tampak hadir pada acara tersebut, Wakil bupati Solok, Yulfadri Nurdin, Ketua Forikan proinsi Sumbar,  Ny. Hj. Nevi Zuairina Irwan Prayitno, Ketua Forikan Kabupaten Solok, Ny. Hj. Desnadefi Gusmal, Katua GOW  Kabupaten Solok, Ny. Dahliar Yulfadri Nurdin, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Solok, Kenedy Hamzah, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Ir. Bestari, Camat Kubung, Dafrizon, Walinagari Koto Baru, Afrizal K, para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Solok dan seluruh undangan yang hadir.

 

Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH dalam sekapur sirihnya menyampaikan ucapan selamat datang kepada ibuk Ketua Forikan Provinsi Sumatera Barat beserta rombongan, penilai dalam rangka lomba Forikan dan Lomba Implementasi Gemarikan Pada Kurikulum PAUD Kabupaten Solok. “Forikan adalah upaya dalam mendukung akselerasi dan mensukseskan gerakan memasyarakatkan makan ikan yang telah menjadi program nasional

untuk lomba kategori Forikan nagari nominasinya adalah nagari Koto Baru ini, sedangkan kategori lomba Forikan nagari/kelurahan Kabupaten/Kota adalah PAUD TK Pembina nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung,” jelas Yulfadri Nurdin.

Wabub juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim penilai Forikan nagari dan lomba implementasi gemarikan pada kurikulum PAUD tingkat provinsi Sumbar dimana Kabupaten Solok secara administrasi telah masuk nominasi kategori lomba Forikan nagari/ Kelurahan Kabupaten/Kota dan lomba implementasi gemarikan pada kurikulum PAUD bersama 7 Kabupaten/ Kota lainnya. “Kami berharap dengan adanya lomba ini dapat menunjang kegiatan peningkatan konsumsi ikan masyarakat, khususnya di Koto Baru dan umumnya di Kabupaten Solok,” tambah Yulfadri Nurdin.

Ketua Forikan Provinsi Sumbar, Ny. Hj. Nevi Zuairina Irwan Prayitno, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sangat tepat kiranya ikan  sebagai salah satu sumber daya asupan protein yang mempunyai nilai gizi tinggi dan keistimewaan. “Melihat banyak nya manfaat makan ikan, maka dari itu perlu untuk kita tingkatkan konsumsinya disetiap rumah tangga. Dengan makan ikan membuat kita cerdas dan sehat,” terang Ny. Hj. Nevi Zuairina Irwan Prayitno.

Disebutkannya, Sumbar memiliki potensi ikan yang berlimpah khusus nya di kabupaten Solok,  maka manfaatkan 5 danau yang ada karena didalam nya banyak sekali ikan yang bisa kita konsumsi khusus ikan bilih yang ada di Danau Singkarak

“Saya berharap ikan bilih ini jangan sampai punah karena ikan ini adalah ikan khas danau Singkarak yang tidak bisa kita temui dimanapun, ikan ini mempunyai manfaat yang besar sekali bagi kesehatan kita khususnya untuk pertumbuhan anak kita,” pungkas Ny. Hj. Nevi Zuairina Irwan Prayitno (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here