Fitra dan Pricillia Terpilih Menjadi Duta Budaya Kabupaten Solok 2018

0
101

SOLOK, JN- Fitra dari Kecamatan Hiliran Gumanti  dan Pricillia  dari Kecamatan Bukit Sundi, terpilih sebagai  Duta Budaya Rang Mudo jo Puti Bungsu Duta Budaya Kabupaten Solok tahun 2018.

Acara malam puncak pemilihan Duta Budaya Rang Mudo dan  Puti Bungsu Duta Budaya Kabupaten Solok  tahun 2018, dilangsungkan di Ruang Solok Nan Indah Kantor Bupati Solok, pada Kamis  (25/10), dengan dihadiri Bupati Solok, H. Gusmal, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, para Kepala SOPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Solok, para Camat se Kabupaten  Solok dan juga para peserta Duta Wisata Budaya Kabupaten Solok dan juga penyanyi Minang, Yen Rustam.

 

Ketua pelaksana acara, Yandra yang juga Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok – Yandra, dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk tetap menjaga, melestarikan dan mempromosikan kebudayaan yang ada agar tetap dikenal oleh masyarakat luas. Sementara jumlah peserta  diikuti oleh sebanyak 21 orang finalis yang terdiri dari 11 uni dan 10 uda dari berbagai Kecamatan yang ada di Kabupaten Solok. Disebutkan Yandra, kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk untuk menjawab tantangan menteri pendidikan dan kebudayaan yang merupakan implementasi UU No 5 Tahun 2017. “Kita berharap agar peserta yang belum terpilih bisa tetap menjadi duta budaya Kabupaten Solok, minimal di kecamatan masing-masing,” jelas Yandra.

 

Sedangkan Bupati Solok, H. Gusmal dalam arahannya menyebutkan bahwa seluruh masyarakat wajib ikut menjaga dan melestarikan semua jenis budaya yang dimiliki, agar tetap terjaga sampai generasi-generasi yang akan datang. “Kebudayaan adalah menyangkut kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan mari tetap lakukan budaya-budaya yang selama ini sudah ada sebagai tradisi di daerah kita,” jelas Gusmal.

Pihaknya juga berharap agar semua orang dapat merasakan kontribusi positif dari keberadaan penyandang Rang Mudo dan Puti Bungsu Duta Budaya Kabupaten Solok, terutama dalam hal pelestarian budaya dan pembangunan mental genrasi muda di Kabupaten Solok. “Saya berpesan agar Duta Budaya yang terpilih agar nantinya mampu menjadi pelopor dalam membentengi generasi muda dari berbagai bentuk pengaruh negatif seperti narkotika, LGBT, kenakalan remaja, penyimpangan sosial dan lainnya yang merusak,” harap Gusmal.

 

Selain Fitra dari Kecamatan Hiliran Gumanti  dan Pricillia  dari Kecamatan Bukit Sundi, terpilih sebagai  Duta Budaya Rang Mudo jo Puti Bungsu Duta Budaya Kabupaten Solok tahun 2018 yang terpilih sebagai juara pertama, juga untuk pemenang kedua adalah  Roni Andika  dari Kecamatan Kubung dan Dinda Kusuma  juga dari Kecamatan Kubung dan juara ketiga diraih oleh Febi Arianto dari Kecamatan Lembang Jaya dan Sri Devi  dari Kecamatan Danau Kembar (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda