Dinas Kebudayaan Sumbar Gelar Acara Bimtek Pengelola Permuseuman

0
367

PADANG, JN- Dinas Kebudayaan Sumatera Barat, hari Selasa sore (24/4), menggelar acara Bimbingan Teknis Pengelola Permuseuman tingkat Sumatera Barat, bertempat di salah satu hotel ternama di kota Padang.

Acara juga dihadiri oleh Dosen UI Dr. Kresno Yulianto, Dosen Unand, Prof. Dr. Herwandi. M. Hum, Kepala BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya), Batusangkar

Drs. Nurmantias, Kepala Seksi Permuseuman Bidang WBBM, Noviyanty Awaluddin, SH, MM dan seluruh peserta Bimtek.

Acara Bimtek dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kebudayaan Sumatera Barat, Taufik Effendi, SP.d, MM. Menurut Ketua pelaksana acara, yakni Kepala Bidang Budaya dan Warisan Minangkabau, Drs. Syaifulah, MM, acara bimtek dilaksanakan selama 3 hari yakni dimulai tanggal (24/4 ) dan akan berakhir Kamis 26 April 2018 dengan diikuti sebanyak 48 orang yang masing-masing 3 oramg peserta utusan Kabupaten/Kota di Sumbar dan utusan dari Kebudayaan Sumbar. “Tujuan acara Bimtek ini adalah untuk mengenal manfaat museum dan memperoleh informasi tentang pengelola permuseuman dan untuk menambah pengetahuan pengelola museum,” jelas Syaifullah.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan Sumatera Barat, Taufik Effendi dalam arahannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada narasumber dan peserta Bimtek. Tauifik Effendi juga menyampaikan bahwa acara Program Pembinaan dan Fasilitas Warisan Budaya ini bertujuan untuk menambah wawasan masyarakat dan pengelola museum di Sumatera Barat.

“Kita bersyukur bahwa dengan adanya acara Bimtek ini akan bisa menelaah permuseuman terutama bisa menerapkan UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan,” jelas Taufik Effendi

Kepada peserta dari daerah yang sudah ada museumnya, Taufik meminta untuk bisa menambah kecintaannya tentang permuseuman dan bagi peserta dari daerah yang belum memiliki museum agar tergerak hatinya untuk mendirikan museum di daerahnya.

Disebutksnnya, dari 24 Museum yang ada di Sumbar yang tersebar di 11 daearah tingkat dua, Taufik berharap agar wawasan pengelola museum bertambah. “Saya berharap agar seluruh peserta mengikuti acara bimtek ini dengan sungguh-sungguh agar bisa diterapkan didaerah masing-masing,” jelas Taufik Effendi (Anton/wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here