Dharmawanita Kanwil Kemenag Belajar Public Speaking

0
355

PADANG, JN-Dharma wanita Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), menggelar Workshop Public Speaking dan Keprotokolan, yang dilaksanakan di aula amal  Bhakti I Kanwil Kemenag Sumbar, Kamis (20/9).

Menurut Ketua Dharma Wanita Ny. Bahirni Hendri, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan ibuibu untuk lebih berani berbicara di depan umum.

“Wanita sebagai madrasah dalam keluarga tak bisa di elak kan juga sebagai makhluk sosial sangat membutuhkan keahlian dalam berbicara, dan publik speaking ini sangat penting diterapkan dalam kehidupan sehari hari,” katanya.

Ia berharap peserta mampu menerapkan ilmu yang didapat dari Workshop Public Speaking dan Keprotokolan dalam kehidupan sehari-hari. Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Hendri, memberikan apresiasi yang tinggi atas terlaksananya kegiatan workhsop ini. “  Wanita atau istri berpengaruh besar teradap karis suami. 80 persen kerhasilnya suami karena dorongan istri,” ujar ucapnya.

Selain itu Kanwil Kemenag Sumbar, Hendri, menambahkan ada beberapa manfaat dari Public Speaking ini diantarnya, public speaking merupakan tuntutan berbagai profesi. “ Orang yang memiliki kemampuan publik speaking akan mampu mengantarkan ke suksesan dalam pekerjaannya. Selanjutnya bisa menyampaikan ide, dan gagasan respektif dan perspektif,” tandasnya.

Sementara itu, Dr. Nofrion yang didaulat sebagai public speaker (pembicara) dalam materinya menyampaikan, ada tga kunci dasar utama dalam berkomunikasi yaitu, intrapersonal (berbicara dengan diri sendiri), interpersonal (berbicara dengan orang lain) dan public speaking (menyampaikan informasi kepada khalayak ramai).

“ Tiga kunci komuniasi atau three o The key HLP in communication. Pertama good in voice, verbal dan visual, yaitu memiliki kualitas suara (smiling voice), pilihan kata yang fit to dan visual yang Tune In. Yang kedua, Smart in presentation, daya tarik personal, fisik, ganjaran, kesamaan dan kemampuan public speaking. Yang ketiga, Nice in presentation (humble. Honest, patient dan maturity), papar Dion,” imbunhnya.

Tak hanya itu, Dion Sikumbang juga mengajak ibu ibu dharwanita Kemenag ini untuk tes vokal. (eko).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here