Dewan Kesenian Kabupaten Solok Gelar Pentas Seni Anak Nagari di Koto Gadang Koto Anau

0
130

SOLOK, JN-Puluhan grup kesenian se Kabupaten Solok, hari Sabtu malam Minggu (15/6), menggelar acara Apresiasi Peduli Kesenian Anak Nagari se Kabupaten Solok, bertempat di Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok.

Acara dibuka oleh Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, dan dihadiri oleh Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Solok, Edi Satria, S.sn, M.sn, Walinagari Koto Gadang Koto Anau, Mukarifin Rajo Bujang, Perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok, Sekretaris Dewan Kesenian, Mulyadi, para waliagari se Kabuparten Solok dan juga pelatih dan pelaku seni serta grup kesenian se Kabupaten Solok dan undangan lainnya.

Ketua panitia pelaksana acara yang juga Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Solok Edi Satria, dalam laporannya menyebutkan bahwa acara Apresiasi Peduli Kesenian Anak Nagari se Kabupaten Solok ini dilaksanakan dalam rangka untuk menjalin tali silaturrahmi antara sesama pelaku seni juga sekaligus untuk menampilkan kesenian anak nagari se Kabupaten Solok serta juga untuk peduli seni yang ada di Nagari.

“Acara ini ini rutin dilaksanaian sekali sebulan dan untuk tuan rumahnya bergilir. Hingga saat ini kita sudah melaksanakan sebanyak enam kali dan yang menjadi tuan rumah kali ini adalah Nagari Koto Gadang Koto Anau, ” jelas Edi Satria, yang juga dosen ISI Padang Panjang tersebut.

Dijelaskannya, Nagari pertama yang menjadi tuan rumah adalah Nagari Bukik Sileh Salayo Tanang yang berada di Kecamatan Lembang Jaya sekitar bulan November 2018 lalu. Selanjutnya untuk bulan ke dua yang mendapat jatah tuan rumah adalah Nagari Dilam di Kecamatan Bukit Sundi, pada bulan Desember 2018, yang ke Tiga mendapat jatah tuan rumah adalah Nagari Limau Lunggo bulan Januari 2019 dan bulan Februari 2019 ini giliran Nagari Koto Gaek Guguak, Kecamatan Gunung Talang yang mendapat jatah untuk tuan rumah dan digelar di kediaman Wabup Solok karena masuk wilayah Nagari Koto Gaek Guguak. Kemudian Nagari Dilam

“Untuk bulan Juli 2019 mendatang, yang mendapat jatah untuk tuan rumah adalah Nagari Bukik Tandang, ” tambah Edi Satria.Dia juga menyebutkan bahwa seluruh biaya yang ditimbulkan oleh acara tersebut masih ditanggung oleh sanggar atau grup kesenian masing-masing Nagari dan belum ada bantuan dari Nagari masing-masing atau pemerintah daerah.

Nantinya setiap Enam bulan sekali akan dilakukan penilaian terhadap grup atau sanggar mana yang terbaik di Kabupaten Solok.

Walinagari Koto Gadang Koto Anau, Mukarifin Rajo Bujang, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada para anggota dan pelatih grup kesenian nagari se Kabupaten Solok di Nagari Koto Gadang Koto Anau ini.

“Kita juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Wakil Bupati Solok yang sudah bersedia hadir untuk membuka acara ini, ” sebut Mukarifin Rajo Bujang.

Walinagari juga mendukung penuh acara apresiasi peduli kesenian anak nagari kabupaten Solok, yang digelar dalam rangka peduli kesenian Kabupaten Solok.

Sedangkan Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, dalam arahannya juga menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, mohon maaf lahir batin kepada seluruh grup kesenian dan memberi apresiasi yang tinggi kepada Dewan Kesenian Kabupaten Solok yang sudah menghimpun seluruh grup dan sanggar kesenian yang ada di bumi penghasil bareh tanamo itu.

Wabup berharap agar ajang ini bukan hanya sekedar untuk pertemuan-pertemuan biasa saja, namun berharap lebih dari itu agar ajang ini bisa dijadikan untuk ajang berdiskusi sesama pelaku seni serta juga ajang silaturahmi bagi pelaku kesenian di Kabupaten Solok yang kita cintai ini.

“Mari kita terus lestarikan kesenian asli Minangkabau, baik seni tari, musik dan semua kesenian tradisionil kita, agar tidak pudar ditelam perkembangan zaman, ” harap H. Yulfadri Nurdin

Disebutkannya, Pemkab Solok sangat mendukung adanya grup-grup kesenian di setiap Nagari karena hal itu adalah budaya yang harus digali dan dilestarikan. Apalagi saat ini menurut Wabup grup atau sanggar seni ini bisa dianggarkan pada anggaran Nagari masing-masing karena dana desa atau Nagari jumlahnya tidak sedikit. Ditambahkan Yulfadri Nurdin, bahwa malam Apresiasi Dewan Kesenian Anak Nagari se Kabupaten Solok ini, juga sekaligus sarana penampilan bakat-bakat seni anak Nagari dengan ciri khas daerah atau nagari masing-masing.

Wabup Yulfadri Nurdin yang juga selaku pembina dewan Kesenian Kabupaten Solok, juga berharap kepada para Walinagari se Kabupaten Solok untuk menganggarkan pada APB nagari masing-masing untuk grup atau sanggar-sanggar yang ada di Nagari agar seni budaya tetap lestari dan terus dipertahankan sepanjang masa sebagai bentuk kekayaan seni budaya di Kabupaten Solok.

Sebelumnya, Sekretaris Dewan Kesenian Kabupaten Solok, Mulyono menyebutkan bahwa setidaknya acara tersebut dihadiri lebih seribu orang dengan menampilkan 16 Nagari dan 30 seni budaya asli Ranah Minang.

Diantara Grup atau Sanggar seni yang tampil pada acara tersebut antara lain grup atau sanggar Bundo Maimbau dari Nagari Batu Bajanjang, Kubang Reok dari Nagari Dilam, Baringin Jaya dari Parambahan, Tuah Sarumpun dari Limau Lunggo, Riak Danau dari Simpang Tanjuang Nan Ampek, Beta Sakato dari Cupak, Harimau Sakato dari Aia Dingin, IRCM dari Anau Kadok Talang, Ateh Lubuak dari Koto Baru, Timbulun dari Koto Anau dan lainnya (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda