Bupati Solok Resmikan SD IT di Paninggahan

0
947

SOLOK, JN--Bupati Soloki, H. Gusmal, hari Sabtu (23/12), meresmikan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT), bertempat di Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjunh Sirih Kabupaten Solok. Selain Bupati Solok, tampak hadir pada acara peresmian Sekolah SDIT itu adalah Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok, Drs. Syahrul Efendi, Camat Junjung Sirih, Herman, Ketua Yayasan SD IT, Rudi Hartono, Walinagari Paninggahan serta seluruh undangan yang hadir.

Menurut Ketua panitia acara, Rudi Hartono yang juga Kepala Sekolah SD IT Paninggahan, pihaknya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Bupati Solok dan rombongan serta atas kesediaan Bapak Bupati meresmikan gedung SD IT ini. Disebutkannya, SDIT yang baru  tersebut di anggarkan oleh Bapak Bupati di Tahun 2017. “Atas nama masyarakat Paninggahan dan Junjung Sirih kami mengucapkan Terima kasih kepada bapak bupati yang telah menganggarkan pembangunan gedung baru kami ini dan semoga sekolah ini bisa melahirkan generasi Islam yang bertaqwa,” jelas Rudy Hartono. Disebutkannya Rudy Hartono, SD IT akan menerapkan satu ruangan belajar atau rombongan belajar sebanyak  20 orang.

 

Bupati Solok H. Gusmal dalam sambutannya menyampaikan bahwa pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukan pribadi manusia, oleh kerena itu pemerintah sangat serius menangani bidang pendidikan karena masuk salah satu dari empat pilar yang diusung pemerintahan Kabupaten Solok. “Saya sangat bersyukur karena SDIT dambaan umat dan masyarakat Junjung Sirih ini sudah memiliki tambahan dua ruang belajar yang representative. Semoga kenyamanan proses belajar mengajar makin tercipta,” jelas H. Gusmal. Selama ini satu ruangan kelas, diisi hingga 30 orang siswa, namun kali ini karena lokal ditambah, maka bisa setiap kelas dibagi menjadi 20 orang.

“Kita di kabupaten Solok menjadikan pendidikan sebagai salah satu pilar pembangunan, saya ingin kedepannya tidak ada lagi anak kita yang tidak bersekolah dan saya barharap setiap anak yang lulusan sekolah SD IT ini wawasannya lebih luas.

 

Disebutkan Gusmal, Sekolah Islam Terpadu pada hakekatnya adalah sekolah yang mengimplementasikan konsep pendidikan Islam berlandaskan Al-Qur’an dan As Sunnah. Dalam aplikasinya sekolah Islam Terpadu diartikan sebagai sekolah yang menerapkan pendekatan penyelenggaraan dengan memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama menjadi suatu jalinan kurikulum. Sekolah islam terpadu juga menekankan keterpaduan dalam metode pembelajaran sehingga dapat mengoptimalkan ranah kognitif, afektif dan konatif.

“Sekolah Islam Terpadu juga memadukan pendidikan aqliyah, ruhiyah dan jasaddiyah. Dalam penyelenggaraannya memadukan keterlibatan dan partisipasi aktif lingkungan belajar yaitu sekolah, rumah dan masyarakat. Semoga hal itu tercipta kedepannya,” jelas Gusmal.

Bupati Solok itu juga menyebutkan bahwa sekolah Islam Terpadu adalah sekolah Islam yang diselenggarakan dengan memadukan secara integrative nilai dan ajaran Islam dalam bangunan kurikulum dengan pendekatan pembelajaran yang efektif dan pelibatan yang optimal dan koperatif antara guru dan orang tua, serta masyarakat untuk membina karakter dan kompetisi murid.

Acara dilanjutkan dengan pengguntingan vita, bertanda sekolah SD IT Paninggahan secara resmi bisa digunakan (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here