SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Gusmal, hari Jum’at  (24/7), meresmikan Masjid ke-323 di Kabupaten Solok, yakni Masjid Nurul Ihsan di Jorong Tangah Padang, Nagari Jawi-Jawi Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

Tampak hadir pada acara tersebut, Sekda Kabupaten Solok, Aswirman, Kakamenag Kabupaten Solok, Drs. H. Alizar, M.Ag, sekaligus sbg Khatib perdana, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Iskan Novis, Sp, Kabag Kesra Ahpi Gusta Tusri, Camat Gunung Talang,  Misran, Wali Nagari Jawi-Jawi Laswir Malin Putieh, Unsur Forkopimcam GunungTalang, Wali Nagari se kec GuntalSerta undang lainya.
Pada acara peresmian tersebut, juga dilakukan Penyemblihan 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing serta dimeriahkn dengan orkes gambus Islami Multazam milik H. Sakar Soeib. Sementara dana yang terkumpul untuk kegiatan ini dari masyarakat dan perantau adalah Rp 42.350.200. 

Ketua panitia pelaksana, H. Sakar Soib, dalam laporannya menyebutkan bahwa 
Keberadaan masjid ini sangat dibutuhkan masyarakat sebab di Jorong Tagah Padang belum ada masjid, dan sudah ada surat izin melalui SK dari Bupati Solok maka Mushala Nurul Ihsan dialihkan fungsinya menjadi masjid.

“Dengan dinaikan status masjid ini dari Mushalla, maka masjid ini merupakan masjid yang ke-323 di Kabupaten Solok,” sebut Sakar Soib. Selain dialihkan fungi menjadi masjid, mushala nurul Ihsan juga dilakukan renovasi mushala dan tempat berwudhunya, hal ini guna  memudahkan masyarakat melaksanakan ibadah dan memperoleh nilai ibadah lebih baik.
 Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, Drs. Alizar, M.Ag, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Solok yang selalu memberikan perhatian lebih di bidang agama, sehingga saat ini kita meresmikan alih nama mushala menjadi masjid.
Kakankemenag juga menyebutkan bahwa dengan diresmikannya masjid ini, maka menjadi masjid yang ke 35 di kecamatan Gunung Talang.
“Dengan sudah dialihkan mushala menjadi masjid, maka untuk kedepan masyarakat di wilayah Jorong Tangah Padang sudah dapat melaksanakan shalat jumat di Masjid Nurul Ihsan,” sebut H. Alizar.

Pihaknya meminta kepada masyarakat untuk memaksimalkan kegiatan keagamaan di masjid.
Sedangkan Bupati Solok, H. Gusmal, dalam arahannya sangat mengapresiasi keinginan masyarakat Tangah Padang Jawi-Jawi Guguak yang ingin memiliki masjid.”Pemerintah daerah akan selalu mendukung berbagai kegiatan keagamaan demi kemaslahatan umat. Dengan adanya penambahan masjid ini, Insha Allah akan menambah tingkat jemaah yang melaksanakan ibadah di masjid, terurama pada pelaksanaan shalat Jumat,” sebut H. Gusmal.
Bupati meminta agar masyarakat menjadikan masjid sebagai salah satu sumber ajaran agama dengan membentuk berbagai kegiatan agama.


Selain itu juga meminta adar kembangkan fungsi masjid sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan bentuk program untuk pengembangan ilmu di masjid.
Setelah acara peresmian kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan Shalat Jumat perdana di Masjid Nurul Ihsan dengan katib Jumat Kakan Kemenag Drs. Alizar, M. Ag (wandy/ujang jarbat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here