Bupati Gusmal Menjadi Inpektur Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73

0
1124

SOLOK, JN-  Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, menjadi inspektur upacara peringatan HUT RI ke-73 tahun 2018, yang dilangsungkan di GOR Batu Batupang, Koto Baru, Kecamatan Kubung, Jum’at pagi (17/8).

Selain Bupati Solok, acara pelaksanaan Upacara bendera juga diikuti oleh seluruh pegawai , siswa sekolah, Ketua DPRD Kabupaten Solok, H. Hardinalis Kobal, SE, MM, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Yondri Samin dan Septrismen, Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Aswirman,  Para Staf Ahli dan Asisten Bupati, para Kepala SKPD di Lingkup Pemerintah Kab.upaten Solok, Kepala Kejaksaan Negeri Solok, Kapolres Solok, AKBP Ferry Irawan, Wakapolres Solok Kota, Dandim 0309 Solok diwakili Mayor Togar Harahap, Kepala Kementrian Agama Solok, Ketua TP PKK, Ketua GOW, Ketua DW, dan Ketua Persit Kabupaten Solok, Kepala BUMN dan BUMD di Lingkup Kabupaten Solok, Kepala Instansi Vertikal Terkait dan Para Veteran di Kabupaten Solok.

 

Pelaksanaan upacara pengibaran bendera berjalan dengan Hikmat. Sementara Ketua DPRD Kabupaten Solok, pada upacara tersebut mendapat tugas membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan adalah siswa pilihan yang sudah dikukuhkan oleh Bupati sehari sebelumnya. Dan yang bertindak sebagai Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Solok Tahun 2018 yang berjumlah sebanyak 70 orang, menjalankan tugasnya dengan baik yang telah dilatih selama dua Minggu oleh  tim pelatih dari Satpol PP dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Solok.  Tampak Yang bertindak sebagai Komandan Pasukan adalah Fajar Ladivista hersa dari SMA Negeri 1 Gunung Talang, Pembawa baki, Hanano Kaory dari SMA 2 Sumbar, Sementara pengibar bendera adalah Maulana Adib Yunaza dari SMA 2 Sumbar, Sutrijo Pengestu Agustiwan dari SMA 1 Hiliran Gumanti, dan Qori Natul Candra dari SMA 2 Guntal. Sementara yang bertindak sebagai komandan Kelompok adalah David Resti dari SMA 2 Sumbar, Untuk Komandan Regu ada tiga orang diantaranya adalah  adalah M. Syahrul dari 2 Sumbar, Muhammad Raihan dari SMA 2 Sumbar dan Zulfadri dari MAS Gantung Ciri.

Tak hanya kemeriahan dan khidmatnya acara kenaikan bendera sang merah putih disaksikan ribuan masyarakat Kabupaten Solok yang melihat langsung simulasi detik-detik proklamasi tahun ini.

Dalam arahannya, Bupati Solok menyebutkan bahwa hari kemerdekaan ke-73 tahun 2018 adalah angka yang sudah cukup tua untuk merubah Indonesia menjadi lebih baik, di Kabupaten Solok pada umumnya. “Sesuai dengan intruksi Presiden RI Joko Widodo, temanya adalah Indonesia Kerja Nyata. Namun kita mengakui belum tercapai maksimal, terutama kepada infrastruktur dan lainnya. Untuk itu, saya harapkan, ke depannya kita bisa  kerja nyata untuk Kabupaten Solok harus benar-benar bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” terang Gusmal.

Bupati juga berpesan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah harus lebih giat lagi dalam melaksanakan tugasnya sebagai abdi negara, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Jangan malas masuk kantor, apalagi sempat membolos karena itu yang bisa membuat kinerja pembangunan menjadi terhambat, dan saya berharap ke depan semua mampu bekerja lebih profesional lagi dari biasanya,” harap Gusmal.

Sebelumnya, pada malam harinya usai jam 00.00 Wib tanggal 17 Agustus, juga dilangsungkan apel dan renungan suci di TMP Aro Suka, Kabupaten Solok. Apel danrenungan suci ini dimaksudkan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dan berjuang merebut kemerdekaan negara dari bangsa penjajah.

Usai Pelaksanaan Upacara bendera, Bupati Gusmal menyerahkan  Penghargaan Satya Lancana Karya Satya kepada guru-guru di Kabupaten Solok yang telah mengabdi dalam jangka waktu tertentu seperti guru masa pengabdian 30 tahun sebanyak 90 orang, masa pengabdian 20 tahun sebanyak 86 orang dan masa pengabdian 10 tahun sebanyak 147 orang dengan total 323 orang guru.

Selain itu, Bupati Solok juga menyerahkan secara langsung bantuan dari Bank Nagari Solok untuk bencana alam gempa bumi di Kabupaten Solok sejumlah Rp. 200.000.000 dan bantuan CSR Bank Nagari untuk bidang pendidikan di Kabupaten Solok senilai Rp. 100.000.000 (wandy) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here