Bupati Gusmal Launching Perdana PBB P2 dan SP2D Online Kab. Solok

0
89

SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Gusmal, melakukan launching Setoran Perdana pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Pedesaan dan Perkotaan (PBB P2) yang bekerjasama antara dengan Pemerintah Kabupaten Solok dengan Bank Nagari Cabang Solok.

Launching dengan tema, “Dengan Pajak, Bersama Kita Membangun Daerah” tersebut, dilakukan di ruang Solok Nan Indah, Kantor Bupati Solok, Senin (8/072019).

Tampak hadir pada acara tersebut antara lain Sekretaris Darah Kabupaten Solok, Aswirman, Kepala Dinas Badan Keuangan Daerah (BKD), Aditiawarman,
Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, para
Kepala SKPD se Kabupaten Solok, para Camat dan Walinagari se Kabupaten Solok, Kepala Bank Nagari Cabang Solok, Banteng Donosariro, Kepala Bank Nagari Capem Arosuka, Meri, Kepala KPP Solok, unsur Forkopimda dan
Pimpinan Instansi Vertikal terkait.

Kepala BKD Kabupaten Solok, Editiawarman, S.Sos, M.Si, dalam laporannya menyampaikan bahwa untuk program PBB P2 ini, Dinas BKD Kabupaten Solok akan berupaya bahwa PBB-P2 mencapai target pembayaran 100% dengan membentuk tim khusus.

“Capaian 100 persen tersebut ditargetkan per 31 September 2019 dan saat ini sudah ada 9 Nagari di Kabupaten Solok yang sudah lunas membayar pajak 100 persen, ” sebut Aditiawarman.

Disebutkannya, kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi tim khusus intensifikasi dan ekstensifikasi bersama nagari untuk lebih giat melakukan PBB-P2 di wilayah kerja masing-masing sehingga diharapkan dapat meningkatkan realisasi penerimaan daerah.

“Selain itu, program SP2D online ini berguna meningkatkan pelayanan di bidang perbendaharaan di lingkup Pemerintah Kabupaten Solok,” tambah Aditiawarman.

Selain itu, pihaknya memberikan percepatan dalam rangka pencairan SP2D, aplikasi ini juga memberikan transparansi tahapan proses pengajuan SP2D oleh masing-masing SKPD.

Bupati Solok, H. Gusmal dalam arahannya waktu melaunching acara tersebut mengajak seluruh ASN di Kabupaten Solok agar patuh dalam membayar PBB.

“Jangan sampai ada ASN dan masyarakat umum yang menghindar dari pembayaran PBB, karena pajak dari kita dan untuk kita, ” sebut H. Gusmal.

Bupati juga berharap agar pencapaian realisasi pembayaran pajak tahun 2019 ini bisa mencapai 100 persen.
Bupati juga mengajak agar kerjasamakanlah dengan pihak-pihak terkait dalam rangka pemungutan PBB di Kabupaten Solok.

” Saya juga menghimbau agar Wali nagari harus aktif juga mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai wajibnya pembayaran PBB ini,” sebut H. Gusmal.

Dijelaskan Gusmal, melalui aplikasi SP2D online ini, BKD dapat membantu program smart city Kabupaten Solok yang secara tidak langsung juga akan meningkatkan good govermence Kabupaten Solok.

“Dengan tim khusus ini, semoga intensifikasi dan ekstensifikasi PBB dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam rangka pemungutan PBB dan mari kita sama-sama tingkatkan kesadaran wajib pajak,” cetus H. Gusmal.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembayaran PBB perdana oleh Bupati Solok beserta istri melalui pelayanan oleh Bank Nagari, serta penyerahan penghargaan kepada nagari yang telah 100 persen lunas melakukan pembayaran PBB tahun 2019, dan juga nagari dengan pembayaran tertinggi.

9 nagari yang telah 100 persen lunas membayar PBB tahun 2019 adalah Paninjauan, Batu Bajanjang, Garabak Data, Katialo, Aia luo, Indudur, Siaro-Aro dan Koto Laweh.

Sementara 5 nagari dengan tingkat pembayaran tertinggi antara lain Sungai Nanam, Koto Baru, Aripan, Muaro Paneh, dan Saok Laweh (wandy).

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda