Bupati Gusmal Kukuhkan Paskibraka Kabupaten Solok Tahun 2018 di Gedung Solok Nan Indah

0
1326

SOLOK, KP- Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, hari Kamis sore (16/8), mengkukuhkan Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Solok Tahun 2018, bertempat di Ruang Solok Nan Indah, Kantor Bupati Solok. Tampak hadir selain Bupati Solok antara lain Sekda Kabupaten Solok,  H. Aswirman, SE, MM, Kasat Pol PP dan Damkar, Drs. Efriadi , Sekretaris Dinas Pendidikan, Zulmarnus, Kabag Bagian Kerja Sama Antar Daerah, Elafki dan lainnya.

Sementara jumlah Pasukan Paskibraka yang dikukuhkan sebanyak berjumlah 70 orang dan akan  melaksanakan tugas negara untuk mengibarkan/menaikan dan menurunkan bendera merah putih pada Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 73 di GOR Batu Batupang, Koto Baru pada tanggal 17 Agustus 2018.

Yang bertindak sebagai Komandan Pasukan adalah Fajar Ladivista hersa dari SMA Negeri 1 Gunung Talang, Pembawa baki, Hanano Kaory dari SMA 2 Sumbar, anak dari Jufrizsal salah seorang Kabid di BKPSDM, Sementara pengibar bendera adalah Maulana Adib Yunaza dari SMA 2 Sumbar, Sutrijo Pengestu Agustiwan dari SMA 1 Hiliran Gumanti, dan Qori Natul Candra dari SMA 2 Guntal. Sementara yang bertindak sebagai komandan Kelompok adalah David Resti dari SMA 2 Sumbar, Untuk Komandan Regu ada tiga orang diantaranya adalah  adalah M. Syahrul dari 2 Sumbar, Muhammad Raihan dari SMA 2 Sumbar dan Zulfadri dari MAS Gantung Ciri. Sedangkan penanggungjawab peringatan HUT Kemerdekaan RI adalah Kadis Satpol PP dan Damkar Kabupaten Solok, Drs. Efriadi Sikumbang, MM.

Bupati Solok, H. Gusmal, saat mengukuhkan anggota Paskibraka Kabupaten Solok Tahun 2018

Bupati Solok, H. Gusmal dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak dan kepada anak-anak yang tergabung dalam anggota Paskibraka yang telah berlatih selama lebih kurang lebih 2 Minggu ini untuk menjadi anggota Paskibraka. “Semoga apa yang telah dilakukan dinilai ibadah oleh Allah SWT dan laksanakanlah tugas dengan baik,” jelas Gusmal. Sementara kepada para pelatih  terutama dari Satpol PP dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Solok  yang telah bekerja melatih dengan maksimal, pihaknya juga menyampaikan  ucapkan terimakasih. “Kalian adalah tenaga muda terampil yang terpilih sebanyak 70 orang dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Solok ini kalian perlu bersyukur karena banyak yang ingin menjadi pasukan pengibar bendera ini dan kalian merupakan putra-putri pilihan di negeri ini,” jelas Gusmal.

 

Bupati juga berpesan kepada pemegang estafet penerus bangsa, kalian adalah harapan bangsa untuk masa yang mendatan. “Saya minta anak-anak sekalian mempunyai integritas yang kuat dalam menghadapi perkembangan dunia saat ini,” tambah Gusmal.

 

Bupati Solok mengatakan anggota Paskibraka  merupakan siswa siswi SLTA se Kota Solok pilihan, sebab menjadi anggota Paskibraka melalui seleksi yang ketat, terutama kesiapan fisik dan mental dalam menghadapi latihan.

Orang Nomor satu di Kabupaten penghasil beras itu juga menyampaikan  sebelum menjadi  anggota  Paskibraka telah dibekali pelatihan baik dalam baris berbaris, mental dan kepemimpinan. Karena pada dasarnya pelatihan paskibraka tidak hanya sebagai rutinitas tahunan dalam peringatan HUT RI.  Akan tetapi menjadi salah satu wadah bagi generasi muda dalam menanamkan dan meningkatkan nilai-nilai kebangsaan, pendidikan karakter sekaligus upaya pemerintah dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan generasi muda yang disiplin dan mau bekerja keras membangun bangsa dan melanjutkan perjuangan para pendiri bangsa ini (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here