Bupati Gusmal Canangan Hari Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Tingkat Kabupaten Solok Tahun 2019

0
56

SOLOK, JN- Bupati solok, H. Gusmal dt. Rajo Lelo, hari Senin (2/9), mencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Tingkat Kabupaten Solok Tahun 2019, bertempat di Ruangan Solok Nan Indah, Kantor Bupati Solok.

Selain Bupati Solok, tampak hadir pada acara tersebut, Sekretaris BKKBN Provinsi Sumbar, Budi Mulia, Ketua TP-PKK Kabuaten Solok, Ny.Hjh.Desnadevi Gusmal, SH, Ketua GOW Kabupaten Solok, Ny. Dahliar Yulfadri Nurdin, unsur Forkopimda Kabupaten Solok, Staf Ahli Bupati, Para Asisten dan Kepala SKPD dilingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Solok, Camat Sekabupaten Solok, Kepala Puskesmas Sekabupaten Solok dan Para Kader PKK Se Kabupaten Solok.

Ketua Pelaksana acara yang Sekaligus Ketua TP -PKK Kab.Solok, Ny.Hjh. Desnadevi Gusmal, SH, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui dan menyatukan pemahaman tentang peranan dari sektor/lembaga terkait dalam pengelolaan kegiatan kesatuan gerak PKK – KB Kesehatan di Sumatera Barat. “Tujuan lain acara ini adalah untuk Menyampaikan informasi tentang dimulainya kegiatan HKG PKK KB – Kesehatan Tingkat Kabupaten Solok Tahun 2019 yang pelaksanaanya 6 bulan yaitu bulan Juli sudah bulan Desember 2019,” terang Hjh. Desnadevi Gusmal.

Disamping itu, tujuan acara ini juga untuk meningkatkan peran serta pemerintah dan swasta tentang penerapan fungsi keluarga.

Adapun Tema HKG PKK KB kesehatan tahun 2019 dan hari keluarga nasional (Harganas ) ini adalah kita gerakan keluarga dan masyarakat hidup sehat menuju indonesia sejahtera.

“Kita juga melakukan kunjungan lapangan ke Nagari-nagari terutama ke kampung kampung KB yang ada di Kabupaten Solok. Sementara peserta dari kegiatan ini adalah TP PKK Nagari, TP KK kecamatan dan Kabupaten Solok, Kepala OPD, Camat se Kabupaten Solok, Koordinator PKB/PLKB,DPPKBP3A Kecaamatan, Kepala Puskesmas, dokter dan Bidan Sekabupaten Solok, Tokoh Masyarakat Serta Kader PKK Sekabupaten Solok

Sekretaris BKKBN Provinsi Sumbar, Budi Mulia, dalam sambutannya menyampaikan bahwa atas nama pimpinan BKKBN Sumatera Barat, pihaknya, mengucapkan terimakasih atas terlaksananya kegiatan pencanangan Kesatuan Gerak PKK KB-Kes Tingkat Kabupaten Solok.

“Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB-Kes Setiap tahunnya memberikan kontribusi besar bagi pencapaian keluarga berencana dan kesehatan di Sumbar khususnya di kabupaten Solok. Tentunya kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik merupakan wujud dan komitmen dari tim penggerak PKK Kabupaten Solok serta dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Solok,” sebut Budi Mulia.

Pihaknya berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat di Kabupaten Solok ini dan kegiatan ini juga dapat memberikan hasil yang positif sekaligus dapat meningkatkan gairah kader dan masyarakat untuk berpartisipasi dalam mewujudkan Kesehatan dalam rumah tangga maupun dilingkungan sekitar.

Sedangkan Bupati Solok, H.Gusmal, SE, MM, dalam arahannya menyampaikan bahwa atas nama Pemerintah Daerah dan Ketua Dewan Pembina tim penggerak PKK Kabupaten Solok, pihaknya menyampaikan terimakasih kepada seluruh jajaran TP PKK beserta mitra Kerja Terkait yang sudah membantu pemerintah dalam membangun kesejahteraan masyarakat.

“Sasaran kegiatan ini adalah sasaran langsung yaitu tim pelaksana KG-PKK-KB Kes dan sasaran tidak langsung adalah Keluarga/Rumah tangga, pasangan Usia Subur, petugas keluarga berencana, petugas kesehatan beserta Kader,” jelas H. Gusmal.

Kepada Tim Penggerak PKK KB Kes beserta seluruh Kader diharapkan untuk pro aktif atau terjun langsung kelapangaan dan berikan penyuluhan kepada masyarakat terutama yang berada diwilayah kampung KB.

“Saya berharap partisipasi semua pihak baik tim pengerak PKK Nagari, Kecamatan Maupun Kabupaten beserta seluruh Kepala SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Solok untuk bisa mensukseskan dan mendukung penuh kegiatan ini,” terang H. Gusmal.

Kepada panitia Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Kabupaten Solok, Bupati juga berpesan untuk dapat meraih juara 1 di tingkat Provinsi Sumatera Barat dan dapat bersaing ditingkat nasional dalam bidang kategori keluarga Sehat.

Bupati juga mengharapkan untuk pelaksanaa kegiatan pencanangan kesatuan gerak PKK KB Kes untuk tahun ini semua lapisan masyarakat baik pasangan suami istri maupun remaja mendapatkan penyuluhan serta utamakan penyuluhan dikampung- Kampung KB yang Sudah dibentuk (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda