Bupati Gusmal Buka Sosialisasi Ujian Nasional SMP Tingkat Kab. Solok

0
85

SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM, hari Senin (15/4), membuka acara sosialisasi Ujian Nasional (UN) tingkat SMP tahun 2019, bertempat di SMP Negeri 5 Gunung Talang.

Selain Bupati Solok, tampak hadir pada acara tersebut, Kepala Disdikpora Kabupaten Solok, Zulkisar, S.Pd. MM,
Ketua MKKS SMP Propinsi Sumbar, Suardi, S.Pd, Ketua MKKS Kabupaten Solok, Arnis, S.Pd, Ketua MKKM Kabupaten Solok, Marjusan dan para Kepsek SMP se Kabupaten Solok.

Ketua panitia pelaksana acara, Zulkisar dalam laporannya menyampaikan bahwa Ujian akhir sekolah terdiri 2 macam, yakni Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN). Untuk UN sendiri di Kabupaten Solok ada 2 jenis, yaitu Ujian nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan ada yang Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP)
sementara UN tahun 2019 akan diikkuti oleh sebanyak 71 SMP dan 35 MTs di lingkup Kabupaten Solok dengan jumlah peserta sebanyak 6.273 orang dengan rincian Laki-laki sebanyal 2.884 dan perempuan sebanyal 3.389 orang siswa.
Sementara sosialisasi ini diikuti oleh 128 orang Kepala SMP, MTs, PKBM dan panitia UN yang ada di Kabupaten Solok.

Pihaknya berharap untuk sekolah yang tahun ini ujiannya bergabung dengan sekolah lain, tahun depan dapat melaksanakan ujian mandiri di sekolah masing-maisng. Begitupun dengan sekolah yang tahun ini belum melaksanakan ujian dengan sitem UNBK, tahun depan dapat melaksanakan dengan sistem UNBK walaupun bergabung dengan sekolah lain.

Sedangkan Bupati Solok, H. Gusmal dalam arahannya berharap agar UN di Kabupaten Solok nantinya berjalan dengan baik dan lancar, serta dengan hasil yang memuaskan.

“Lakukan evaluasi berkala guna terus memperbaiki semua persiapan kita dalam menghadapi UN, terutama bagi siswa kita, ” harap H. Gusmal.
Bupati berharap agar guru harus bisa membagi waktu dalam bekerja serta memaksimalkan persiapan siswa dalam menghadapu ujian nasional ini.

“Saya meminta agar para guru terus meningkatkan kualitas pada bidang study masing-masing dan berharap agar guru mampu membentuk karakter/pribadi yang baik bagi para murid sehingga membentuk generasi yang cerdas dan berkarakter baik,” sambung Gusmal.

Selain itu, Bupati juga berpesan agar lakukan pelatihan kepemimpinan bagi para kepala sekolah/guru untuk mencapai kesuksesan baik bagi guru, murid maupun sekolah.

“Berikanlah support yang lebih bagi murid-murid kita yang akan mengikuti UN, sehingga mereka lebih pecaya diri menjalaninya dan jangan sampai ada peserta ujian yang merasa pengawas ujian sebagai beban dalam menjalani ujian,” sebut H. Gusmal.

Terakhir. Bupati juga berharap agar nantinya Kabupaten Solok meraih hasil UN yang memuaskan dengan perolehan kelulusan 100%.

“Semoga siswa kita mencapai hasil yang terbaik dalam menempuh UN mendatang, ” pungkas Gusmal (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda