PendidikanPolitik

Bupati Gusmal Buka Pelatihan Pembelajaran Daring Guru SMP Se Kabupaten Solok


SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM, membuka acara Pelatihan Pembelajaran Daring Guru SMP Se Kabupaten Solok, bertempat di Rocky hotel Padang, Senin  (9/11).
Tampak hadir pada acara tersebut selain Bupati Solok antara lain Kadis pendidikan, Zulkisar, S.Pd, MM, Kabag Humas, Syofiar Syam, S.Sos, M.Si dan lainnya.
 Ketua panitia pelaksana, Zulkisar dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran daring di masa pandemi covid 19.
“Sasaran dari pelatihan ini adalah tersedianya pendidik yang mampu merancang dan menyiapkan proses pembelajaran daring selama masa pedami covid 19,” terang Zulkisar, S.Pd.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 9 s/d 11 November 2020 yang bertempat di Rocky hotel Padang.
Sementara Peserta pelatihan berjumlah 40 orang yang terdiri dari masing-masing perwakilan dari 10 mata pelajaran MGMP pada wilayah utara tengah dan Selatan di Kabupaten Solok.



Sementara Bupati Solok, H. Gusmal, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada tanggal 24 maret 2020 kemendikbud mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 yang mengatur tentang bagaimana Pelaksanaan Pendidikan pada masa pandemik covid-19.


Surat edaran tersebut menjelaskan bahwa proses pembelajaran dialihkan yang awalnya dilakukan di sekolah menjadi pembelajaran dari rumah melalui pembelajaran online. Pembelajaran dari rumah dilakukan dengan tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.
“Keadaan ini muncul tanpa prediksi dan persiapan sebelum sehingga memaksa sekolah  untuk melakukan trobosan dalam proses pembelajaran,” sebut H. Gusmal.
Untuk menunjang pembelajaran dari rumah tersebut maka guru merupakan orang yang memiliki peran yang sangat signifikan dalam menentukan arah masa depan peserta didik.

“Dalam melaksanakan tugasnya guru benar-benar memilki kemampuan baik dalam penguasaan materi maupun cara penyampaian materi. Keberhasilan dalam pembelajaran akan tercapai secara maksimal jika disertai usaha keras dari guru dan siswa,” papar Gusmal.


Pihaknya berharap para bapak/ibu guru  yang ikut pelatihan ini untuk dapat mengikutinya dengan baik sehingga dapat memperoleh hasil yang baik pula (wandy)

Exit mobile version