Bupati Gusmal Buka Pelatihan Manajemen Keuangan Bagi UMKM di Hotel Grand Malindo Bukittinggi

0
111

BUKITTINGGI, JN- Untuk meningkatan pemahaman para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah terhadap pengelolaan keuangan, Pemerintah Kabupaten Solok melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (KUKMPP) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Manajemen Keuangan bagi UMKM Tahun 2019.

Acara pembukaan dilakukan oleh Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM, bertempat di Hotel Grand Malindo Kota Bukittinggi, pada Minggu malam (30/6).

Dalam sambutannya, Bupati Solok, H. Gusmal menjelaskan bahwa manajemen keuangan sangat menentukan maju mundurnya usaha seseorang dimana dalam waktu tertentu, baik harian, mingguan, bulanan maupun tahunan bisa diukur tingkat keberhasilan atau kegagalan usaha seseorang terutama dalam mengukur atau menentukan rugi labanya.

“Dalam manajemen keuangan dibutuhkan inovasi dan juga kreatifitas untuk dapat mendongkrak grafik dan hasil penjualan suatu produk, tentu saja untuk mendapatkan ide tersebut bukan hal yang mudah, maka manajemen keuangan membutuhkan komitmen, waktu, dan biaya serta ketelitian agar laporan keuangan bisa dipertanggungjawabkan,” tutur Bupati Gusmal.

Selanjutnya, Bupati Solok yang mengusung Empat Pilar Pembangunan itu menambahkan bahwa pada praktiknya manajemen keuangan sekurang-kurangnya seorang manajer keuangan mempunyai 7 prinsip, yaitu akuntabilitas, konsisten, kelangsungan hidup, transparansi, standar akuntansi, dan integritas serta pengelolaan dana yang digunakan untuk mencapai tujuan.

“Mari kita menuju kerja yang profesional sesuai bidang kita masing-masing, ” ucap H. Gusmal.
Bupati Gusmal memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana pelatihan dari Dinas KUKMPP dan para narasumber serta berpesan kepada para peserta pelatihan untuk mengikuti kegiatan pelatihan dengan sungguh-sungguh.

“Para pelaku UMKM merupakan pahlawan ekonomi daerah yang selalu berusaha meningkatkan ekonomi keluarga yang selanjutnya berdampak pada peningkatan ekonomi daerah. Para pelaku UMKM ini mampu bertahan dalam situasi ekonomi sesulit apapun,” tegas Bupati mengakhiri sambutannya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindag Kabupaten Solok Eva Nasri, SH, MM dalam laporannya menyebutkan bahwa pelatihan dimaksudkan agar para pelaku UMKM mampu meningkatkan keahlian dan keterampilan dalam menyusun atau membuat pembukuan sederhana, juga agar terampil dalam menentukan rugi dan laba suatu usaha.
Menurut Eva Nasri, pelatihan akan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 30 Juni sampai 2 Juli 2019 ini diikuti oleh 40 peserta para pelaku UMKM di Kabupaten Solok.
Adapun narasumbernya berasal dari Widyaiswara dari UPTD Balai Latihan Koperasi Propinsi Sumatera Barat dan dari Dinas Koperasi, UKM, dan Perindag Kabupaten Solok.
“Sebelumnya, pelatihan serupa telah dilaksanakan dalam dua angkatan dengan jumlah peserta yang telah dilatih sebanyak 120 peserta pada bulan April 2019 yang lalu,” papar Eva Nasri menambahkan.

Acara pembukaan pelatihan ini juga dihadiri oleh Drh. Kenedy Hamzah, M.Si Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Solok dan Asep Ajidin, S.Pd.I, MH Tenaga Ahli Bupati Solok Bidang Pembinaan Mental serta Fitri Yandra Kasubag Protokoler Bagian Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Solok (asep ajidin/wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda