BPBD Kota Solok Gelar Pelatihan Vertical Rescue Evacuation School Level 1

0
539
SOLOK, JN – Dalam rangka memberikan pengetahuan dan teknik evaluasi terhadap suatu objek manusia atau barang, untuk insan kebencanaan ataupun kerelawanan dalam upaya penanggulangan bencana. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok menggelar Pelatihan Vertical Rescue Evacuation School Level 1, di Bumi Perkemahan Amplang Kualo, Senin (7/5).
Kegiatan tersebut dilaksanakan dari tanggal 7-9 Mei 2018 yang diikuti 77 orang peserta. Adapun peserta yang mengikuti pelatihan ini berasal dari BPBD Kota Solok, BPBD Kota Sawahlunto, BPBD Sijunjung, BPBD Agam, BPBD Kabupaten Solok, BPBD Kabupaten Padang Pariaman, BPBD Kabupaten Solok Selatan, BPBD Bukittinggi, Satpol PP Bangka Belitung, KPA Caredek, Bukittinggi Rescue Team, KPA Pariaman, Penggiat Alam, PMi Bukittinggi, APGI Sumbar, Mapala, Vertical Industri Batam, serta Pramuka Peduli.
Kepala BPBD Kota Solok Ori Afilo mengatakan dengan adanya kegiatan ini, upaya penanggulangan bencana menjadi lebih optimal,”kedepannya diharapakan tersedia relawan atau tenaga kebencanaan yang mampu dan teruji serta tidak mengenal batas administrasi dalam penanggulangan bencana,”kata Ori.
Pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Walikota Solok Reinier. Dikatakan Reinier Pemko mengapresiasi kegiatan pelatihan relawan, karena sangat ditunggu oleh masyarakat ketika terjadi bencana alam, apalagi Kota Solok juga termasuk rawan bencana.
“Para peserta pelatihan merupakan orang – orang pilihan, sehingga harus bangga dan berusaha untuk dapat bermanfaat kepada masyarakat. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat bermanfaat dan efektif dalam melatih anak jiwa-jiwa relawan yang melekat, sehingga ketika tugas memanggil, para relawan telah siap dengan berbagai bekal ketrampilan,”kata Reinier.(Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here