Bhabinkamtibmas Ikut Turun Tangan Jernihkan Masalah: Sering Dimarahi Ortu, Pelajar di Salayo Lari Dari Rumahnya

0
637

SOLOK, JN- Karena sering dimarahin sama orang tuanya sendiri, seorang pelajar Sekolah Menengah Pertama di Salayo, bernama Jihan (14), lari dari rumahnya di Kawasan Nagari Salayo, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok dan menumpang di ruamh temannya.

Akibab pelajar tersebut menghilang dan tidak pulang-pulang, orang tuanya sibuk mencari ke mana-mana. Kabar menghilangnya seorang pelajar itu, terdengar sampai ketelinga Bhabinkamtibmas Nagari Salayo, bernama Bripka Rapianus. Kemudian atas idenya sendiri, dia berusaha mencari keberadaan si anak. “Setelah saya tanya beberapa orang temannya, akhirnya keberadaan anak tersebut diketahui dan ketika saya bertemu langsung dengan si Jihan, dia mengaku tidak mau pulang karena takut sama ayahnya,” jelas Bripka Rapianus, Kamis (22/2).

 

Tak mau menyerah, Bripka Rapianus kemudian mendatangi orang tua Jihan dan mencoba menjelaskan duduk persoalannya dan selanjutnya dirinya datang lagi ke tempat Jihan kabur dan menjelaskan bahwa orang tuanya tidak akan marah lagi. Kemudian  Bripka Rapianus juga mendatangi sekolah Jihan di SMP Negeri 1 Kubung pada Kamis siang dan menjelaskan masalahnya kepada majelis guru dan Kepala Sekolah yang bernama Nurmalini Nasution.

Baik orang tua maupun Kepsek Jihan, merasa terbantu dan bangga dengan Bripka Rapianus, karena berhasil memediasi penyelesaian masalah anak dan orang tua tersebut.

“Kita harus bangga punya  polisi kayak Bripka Rapianus ini, karena memang sharusnya begitulah polisi, pengayom masyarakat,” jelas Kepsek SMP Negeri 1 Kubung, Nurmalini Nasution.

 

Dengan turun ikut  mengambil andil penyelesaian masalah terhadap pelajar yang Lari dari rumahnya, Bhabinkamtibmas Nagari Selayo Polres Solok, Bripka Rapianus, menurut Kepsek perlu diberi apresiasi. “Andai semua polisi berjiwa baik begitu, mungkin image buruk tentang Polri akan berkurang,” jelasnya.

 

Sementara orang tua Jihan yang bernama Marsilon (40), juga mengaku akan menjaga dan mendidik anaknya dengan baik. Sementara ibu Jihan sudah lama meninggal dunia. Bripka Rapianus juga memberi arahan kepada anak yang bermasalah tersebut untuk kembali kepada orang tuanya, dan nantinya akan menghimbau orang tuanya agar tidak terlalu sering memarahi anaknya (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here