Beberapa Sekolah di Kabupaten Solok Tidak Miliki Kepsek Definitif

0
586

SOLOK, JN- Sampai saat ini, beberapa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Solok, belum memiliki Kepala Sekolah definitif atau Kepsek yang memiliki SK penetapan oleh Bupati Solok. Beberapa sekolah tersebut  tidak memiliki Kepsek definitif, karena Kepala Sekolah sebelumnya sudah masuk masa pensiun, juga karena ada yang pindah tugas ke bagian lain atau karena bermasalah.

Dinatara sekolah yang sampai saat ini tidak memiliki Kepsek definitif diantaranya adalah SMP 1 Junjung Sirih yang Kepseknya sudah pensiun, SMP Negeri 4 X Koto Singkarak yang Kepseknya juga pensiun, SMP Negeri 3 Kubung yang Kepseknya juga pensiun, SMP Negeri 1 Gunung Talang yang Kepsek sebelumnya pindah tugas ke Dinas DPMN dan Kepsek 3 Bukit Sundi yang Kepseknya tersandung masalah hukum yakni terlibat pelecehan seksual kepada siswinya.

“Bagaimana mungkin sebuah sekolah Negeri tidak memiliki Kepala Sekolah yang diangkat dengan SK Bupati atau definitif, akan bisa melakukan penandatanganan hal-hal yang berhubungan dengan keuangan negara seperti dana BOS, sementara Kepseknya masih Plt belum diangkat dengan SK Bupati, kan bisa berurusan dengan pihak hukum,” jelas Ketua LSM Perak, Temrizon Dt Panghulu Nan Sati, Minggu (11/2, saat diminta keterangannya masalah sekolah yang tidak memiliki Kepsek definitif ini. Disebutkan Yemrizon, sangatlah riskan bila penandatanganan dokumen penting masih dilakukan Kepsek definitif, sementara apa salahnya diangkat saja Kepsek tetap. Sementara dalam waktu dekat akan ada UN dan juga kenaikan kelas. “Minggu kemaren Bapak Bupati juga mengatakan tidak akan ada mutasi dalam waktu dekat, terus bagaimana dengan sekolah yang tidak memiliki Kepsek, apa mau dibiarkan saja kosong begitu saja. Saya yakin di daerah yang pendidikannya masuk salah satu pilar penting, tetapi malah kok diabaikan,” jelas Yemrizon.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Solok, Syahrul Efendi yang dihubungi melalui handphonenya, tidak memberi jawaban karena Hp yang bersangkutan sedang tidak aktif (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here