Annisa Siswi Juara 1 di Malaysia, Mendaftar di SMP 3 Gunung Talang, Gratis Biaya Pendidikan

0
909

SOLOK, JN – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Gunung Talang, Kabupaten Solok,  sudah memulai pendataan Calon Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2020/2021 yang mendaftar ke SMP Negeri 3 Gunung Talang.
Juknis PPDB 2020/2021 yang  diterapkan di SMP Negeri 3 Gunung Talang, berdasarkan Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 yang sudah ditetapkan oleh Mendikbud, 10 Desember 2019 lalu.
Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Gunung Talang, Yenni, S. Pd, menyebutkan bahwa penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2020/2021, sudah dimulai sejak Selasa 16 Juni bulan lalu dan mendaftar ulang mulai tanggal I Juli hingga Sabtu tanggal 4 Juli 2020 besok.Penfaftaran peserta didik baru juga bisa ada yang mendaftar langsung ke sekolah dan ada yang secara Online.


Dari ratusan siswa yang mendaftar ke SMP 3 Gunung Talang, pusat perhatian guru tertuju kepada salah seorang siswi asal negara jiran Malaysia. Karena salah seorang calon peserta didik mereka, berasal dari Malaysia.
Siswi tersebut bernama Annisa Asyari, yang berasal dari sekolah  SK Kem Iskandar, Johore, Malaysia. Kebetulah SK Kem Iskandar juga salah satu sekolah favorit di Johore.Annisa lahir di Sabah 21 Desember 2007 dari pasangan Astri Ferlentina yang asal Pasar Baru dan Abdullah yang merupakan salah seorang tentara di Malaysia.
Meski berasal dari SD luar rayon atau negara tetangga, namun Annisa tetap digratiskan biaya sekolah dan lainnya, karena merupakan juara Satu dari sekolahmya di SK Kem Iskandar.
“Hal ini sudah keputusan sekolah, dimana siswa tamatan SD yang juara 1 sebanyak 3 kali atau lebih dan dilihat dari rapot kelas 4 semester 1 dan 2, kekas 5 semester 1 dan 2, kelas 6 semester 1, maka sekolah akan mengratiskan biaya pendidikan selama di SMP 3 Guntal hingga siswa yang bersangkutan lulus,” terang Yenni, S.Pd, kepada Koran Padang, Kamis (2/7), di SMPN 3 Gunung Talang.

Hal itu juga sudah dijelasan dalam juknis PPDB 2020/2021 pdf SMP Negeri di SMPN 3 Guntal, Kabupaten Solok dapat di download melaluihttp://tiny.cc/PPDB-SMPN3GUNTAL atau dengan calonn PPDB yang sudah datang langsung ke sekolah.
Calon siswa kelas VII juga sudahdi tes wawancara,yakni dites membaca Al Qur’an dan lainnya.
Selain itu juga gratis biaya pakaian siswa baru, gratis iuran-iuran dengan cara membuat perjanjian diatas matrai 6000 agar orang tua dan siswa tidak ragu. Siswa hanya membiayai dirinya sendiri, seperti jajan dan biaya ke sekolah. 

Tetpisah, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok, melalui Kabid SMP, DR. Nila Kusuma Wati, kepada media ini menyebutkan bahwa PPDB ini sesuai Permendikbud No 44 Tahun 2019 mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru 2020 2021. “Kemdikbud juga sudah menerapkan proses PPDB online yang  transparan dan menghindari praktik jual beli titipan/kursi,” sebut DR. Nila Kusuma Wati.
Permendikbud baru tersebut juga sebagai dasar pembuatan Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB TA 2020/2021 Kabupaten Solok.Pihaknya juga sudah menghimbau pada seluruh sekolah SMP di Kabupaten Solok yang melaksanakan PPDB 2020 supaya mengumumkan jadwal pendaftaran dan menetaokan tahun ajaran baru 2020/2021 pada tanggal 13 Juli 2020 nendatang (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here