Afriyal, Kepala Sekolah SD 06 Koto Gadang Guguak Dinilai Penuh Inovatif dan Kreatif

0
1147

SOLOK, JN- Sebagai upaya untuk meningkatkan mutu dan gairah sebuah sekolah, maka sangat dibutuhkan seorang pemimpin yang kreatif dan penuh inovasi.


Artinya sebuah seolah memerlukan seorang pemimpin yang mampu mengubah sekolah menjadi lebih baik. Pemimpin dalam hal ini yakni seorang kepala sekolah. Untuk mencapai target tersebut, kepala sekolah diwajibkan mengikuti tes sebagaimana tercantum dalam Permendiknas nomor 13 Tahun 2007 tentang menjamin mutu kepala sekolah dan pemenuhan standart kompetensi.


Sungguh sangat beruntung, Sekolah Dasar (SD) Negeri 06 Koto Gadang Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, saat ini dipimpin oleh sosok yang kreatif dan inovatif. Bahkan seluruh majelis guru dan orang tua murid mengaku bangga meiliki seorang Kepsek yang rajin dan kreatif.
Bayangkan, SD Negeri 06 yang berada di Jalan Lintas Negara Solok- Padang, saat ini sudah disulap oleh Kepsek SD 06, Afriyal Is. S.Pd, Dt Gamuyang, menjadi sebuah sekolah yang indah dan mempersona.

Sekolah yang tadinya biasa-biasa saja, kini tampil menjadi sekolah luar biasa. Meski baru menjabat Kepsek di SD Negeri 06 sejak tanggal 13 Januari 2020 lalu, namun sekolah ini jauh berubah. Sebelumnya, Afriyal memimpin Kepsek 30 Selayo Kecamatan Kubung dan dusana juga beliau sukses merombak SD 30 menjadi sekolah yang indah.
Kepsek Afriyal Dt Gamuyang, sudah merombak sekolah tersebut menjadi sekolah yang membuat semua orang menjadi betah berada disana.

“Beliau sangat rajin dan kerja tanpa pamrih serta penuh keikhlasan. Beliau juga tidak mau mengambil upah dari kerja keras beliau,” sebut Maya Rensi, salah seorang guru di SD Negeri 06, kepada Koran Padang, Sabtu (13/6).Sedangkan dimata teman-temannya sesama Kepsek dan dari Dinas Pendidikan, Afriyal dikenal sebagai seorang guru yang mudah bergaul dan kreatif.

Saat ini, hampir seluruh dinding luar, beliau cat dan ukir dengan berbagai aneka gambar yang indah. Selain itu, juga dibuat taman dan gazebo sepanjang sekolah. Sehingga membuat saat ini SD 06 Koto Gadang Guguak, sudah menjadi study tiru bagi sekolah lain.


Hal ini jelas tidak sia-sia tim penjaring Kepsek menempatkan beliau menjadi pimpinan SD 06 Koto Gadang Guguak, karena beliau menenuhi syarat dan seleksi Kepsek seperti lulus seleksi online atau sistim gugur, psikotes, Focus Group Discussion (FGD) sebagai upaya untuk mengetahui kreatifitas dan inovatifnya seorang calon kepala sekolah dan lainnya.
Sedangkan Kepsek SD Negeri 06 Koto Gadang Guguak, Afriyal, saat berbincang dengan media ini dengan rendah hati menyebutkan bahwa sebagai Kepsek sudah menjadi kewajibannya untuk tampil menjadi contoh bagi seluruh guru dan siswa di sekolah yang dipimpinnya.
“Ya, alhamdulillah kalau karya kira bisa bermanfaat bagi sesama. Sebenarnya ini adalah kewajiban kita sebagai pimpinan untuk menjadi tauladan bagi yang lain, termasuk untuk menampilkan wajah sekolah agar indah di pandang mata dan siswa juga merasa betah di sekolah,” sebut Afriyal, merendah.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok, Sukiman Agus, menyebutkan bahwa sebagai barometer pendidikan, sekolah memang wajib memiliki kepala sekolah yang kompeten sebagaimana tupoksinya yakni sebagai pemeran kewirausahaan, manager, dan supervisi akademisi. “Kepala sekolah harus bisa mengubah sekolah yang awalnya standart bisa go-up. Dan ini bisa menjadi motivasi bagi sekolah lain,”  sebut Sukiman Agus.

Disebutkan Sukiman Agus, kepala sekolah merupakan Chief Executive Office (CEO) dalam mempercepat pembangunan di Indonesia. Seiring dengan perkembangan revolusi industri 4.0 kepala sekolah juga harus dibekali 3 hal penting yakni Berpikir kreatif, Membangun Jaringan dan Soft Skill. 
“Mudah-mudahan prestasi yang sudah ditorehkan Kepsek Negeri 06 bisa menjadi mitivasi bagi sekolah lain. Dan kita juga berpesan untuk ikut membangun sekolah yang ramah bagi anak berkbutuhan khusus melalui pendidikan inklusi,” sebut Sukiman Agus (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here