300 orang Pelajar dan Mahasiswa Terima Bantuan Pendidikan Dari Baznas kota Solok

0
50

SOLOK, JN– Sebanyak 300 orang pelajar dan mahasiswa asal Kota Solok menerima bantuan pendidikan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kota Solok di Masjid Lubuk Sikarah Sabtu (28/7).  Zakat ini diperuntukkan bagi pelajar mulai dari tingkat SD, SMP, SMA hingga mahasiswa. Untuk SD diberikan bantuan 500 ribu, SMP sebesar 600 ribu, SMA sebesar 700 ribu dan mahasiswa senilai 1 juta rupiah.

Ketua Baznas Kota Solok Zaini mengatakan, pihaknya terlebih dahulu melakukan pengecekan untuk melihat kondisi calon penerima zakat. Dengan begitu, zakat yang disalurkan berupa bantuan pendidikan, modal usaha hingga bantuan kebutuhan pokok keluarga kurang mampu, dapat tepat sasaran. Hingga bulanJuli, Baznas kota Solok telah menyalurkan lebih kurang 1 Milyar lebih dana zakat.

Wakil Walikota Solok Reinier mengapresiasi kerja keras Baznas Kota Solok yang telah menghimpun dana zakat dan bisa dirasakan manfaatnya oleh. “Saya melihat, program pengumpulan dan penyaluran zakat oleh Baznas kota Solok sudah berjalan sangat baik, menyentuh kalangan yang betul-betul  membutuhkan dan transparan,” kata Reinier.

Ditambahkan Reinier, potensi zakat kota Solok sangat tinggi dan belum seluruhnya tergarap oleh Baznas. Dibutuhkan kerja keras dan dukungan semua pihak agar seluruh potensi zakat bisa diakses oleh Baznas dan didistribusikan sesuai peruntukannya.

Ia menjelaskan, sesuai dengan manfaatnya, zakat dapat menjadi salah satu solusi dalam pengentasan kemiskinan dan angka kesenjangan sosial bisa ditekan. “Zakat sangat penting fungsinya dalam pengentasan kemiskinan, karena sudah jelas salah satu dari 8 golongan yang berhak menerima adalah kaum fakir dan miskin,” kata Reinier.

Reinier mengajak masyarakat wajib zakat (Muzakki) untuk menyalurkan kewajibannya melalui lembaga pengelola zakat yang ada, seperti Baznas sehingga penyalurannya lebih terorganisir dan tepat sasaran. Pihaknya juga berpesan kepada para mustahiq agar memanfaatkan dana yang diberikan sesuai dengan kebutuhan. Jangan terlintas dalam kepala untuk memanfaatkan untuk hal-hal mubazir.(Van)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda